Wajib Tahu, Ini Tips Aman Bersihkan Wajah Bayi Baru Lahir

Merawat wajah si Kecil tentu tidak mudah

5 Maret 2021

Wajib Tahu, Ini Tips Aman Bersihkan Wajah Bayi Baru Lahir
Pexels/Burst

Kulit bayi baru lahir masih sensitif sehingga perlu perawatan khusus agar tidak mengalami iritasi. Mama tidak boleh sembarang menggunakan bahan kimia, deterjen, atau sabun untuk merawat kulit bayi, terutama bagian wajah. 

Bagi Mama yang baru memiliki bayi, merawat wajah si Kecil tentu tidak mudah. Mama khawatir akan melukai bayi ketika membersihkan wajahnya. Kulit wajah bayi pun masih sangat rentan terhadap gesekan, sehingga gesekan sekecil apapun bisa menyebabkan iritasi. 

Lantas, bagaimana tips aman merawat wajah bayi baru lahir? Simak penjelasan dari Popmama.com di bawah ini. 

1. Bayi baru lahir jangan terlalu sering mandi

1. Bayi baru lahir jangan terlalu sering mandi
Freepik/reportazh

Rutin membersihkan wajah bayi bukan berarti Mama harus memandikan si Kecil. Untuk bayi yang baru lahir, Mama tidak perlu sering memandikannya karena tubuhnya masih tidak terlalu kotor. Mama hanya perlu memandikan bayi tiga kali dalam seminggu. 

Mama cukup rutin membersihkan wajah bayi atau menyeka beberapa bagian tubuh tertentu sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Bagian tubuh selain wajah yang perlu dibersihkan adalah area alat kelamin. Perlu diperhatikan bahwa pilihlah sabun bayi yang tidak mengandung deterjen atau alkohol dan mampu menjaga kelembapan kulit si Kecil. 

Editors' Picks

2. Bilas wajah bayi menggunakan air hangat

2. Bilas wajah bayi menggunakan air hangat
Freepik/cookie_studio

Untuk membilas wajah bayi, Mama sebaiknya menggunakan air hangat. Lapisan kulit wajah bayi baru lahir masih tipis sehingga si Kecil mudah kedinginan ketika bersentuhan dengan air dingin atau berada di ruangan yang dingin. 

Bilas wajah si Kecil di ruangan yang nyaman. Hindari paparan sinar matahari secara langsung. Apabila Mama ingin menjemur bayi, sebaiknya gunakan payung atau topi untuk melindungi wajahnya. 

3. Hindari mencuci wajah dalam sekali bilas

3. Hindari mencuci wajah dalam sekali bilas
Unsplash/Adam Szabo

Mencuci wajah bayi baru lahir berbeda dengan mencuci wajah anak-anak atau orang dewasa. Hindari mencuci wajah bayi dalam sekali bilas karena beberapa bagian wajah tidak dibersihkan dengan benar, seperti area mata dan hidung. 

Itulah sebabnya, Mama sebaiknya membersihkan wajah bayi dengan mencuci bersih setiap bagian wajah. Apabila Mama ingin membersihkan bagian telinga dan hidung, pastikan air tidak masuk ke dalam bagian wajah tersebut. 

4. Tips aman mencuci wajah bayi baru lahir

4. Tips aman mencuci wajah bayi baru lahir
Freepik/Zilvergolf

Untuk memudahkan Mama berlatih mencuci wajah bayi, Mama bisa melakukan beberapa langkah berikut:

  • Bersihkan bagian wajah seperti mata, telinga, dan hidung menggunakan kapas atau kain lembut yang telah dicelupkan ke air hangat
  • Jika ada kotoran kering di sekitar mata, hidung, atau mulut, sebaiknya tepuk lembut sampai kotoran terangkat
  • Hindari memasukkan apapun ke dalam telinga bayi saat membersihkannya
  • Bersihkan secara perlahan seluruh bagian wajah untuk menghindari gesekan. Pastikan tidak menggosok bagian dahi, pipi, maupun dagu
  • Jangan gunakan sabun karena kulit bayi masih sensitif. Penggunaan sabun bisa menyebabkan kulit bayi kering dan iritasi
  • Tepuk-tepuk area yang basah menggunakan tisu atau handuk bayi hingga kulit wajah kering

Itulah tips aman membersihkan wajah bayi. Meski terlihat mudah, Mama harus melakukannya secara hati-hati agar tidak melukai si Kecil. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.