Bukan Drama, 2 Bayi di Malaysia Tertukar di Rumah Sakit

Bak drama sinetron, dua bayi yang baru dilahirkan diam-diam tertukar di rumah sakit.

16 Juni 2021

Bukan Drama, 2 Bayi Malaysia Tertukar Rumah Sakit
Pexels/Helena Lopes

Bak drama sinetron, sebuah kejadian mengejutkan terjadi di salah satu rumah sakit yang ada di Malaysia. Dua bayi yang baru dilahirkan diam-diam tertukar dan baru diketahui beberapa lama setelahnya. Pengalaman menyedihkan ini dialami oleh pengusaha asal Malaysia bernama Siti Suriani Wahiddin, atau juga dikenal dengan Siti Jamumall.

Sebagaimana dibagikan oleh Siti Jamumall, kasus ini tentunya meninggalkan rasa panik dan khawatir yang luar biasa. Bagaimana kisah lengkapnya, dan apa yang terjadi kemudian? Berikut cerita yang yang dirangkum Popmama.com dari postingan Facebook Live Siti Jamumall.

Editors' Picks

1. Ketahuan saat dibawa pulang

1. Ketahuan saat dibawa pulang
Pexels/Helena Lopes

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (12/6/2021) lalu. Dalam rekaman video yang diunggah, Siti Jamumall mengungkapkan bahwa dirinya baru saja melahirkan bayi laki-laki pada Jumat (11/6/2021) dini hari di Rumah Sakit Syah Alam. Tidak menunggu lama, dia sudah diizinkan pulang keesokan harinya karena kondisi sudah membaik.

Kebahagiaan luar biasa dirasakan oleh Siti Jamumall saat itu. Dengan penuh harapan dan cinta, dia membawa pulang bayi tersebut. Namun ternyata semua itu tak berlangsung lama. Hal mengejutkan kemudian terkuak saat sang Suami melihat label nama di kaki bayi tersebut.

Saat itu suami Siti Jamumall bermaksud membuang label yang menempel di kaki sang Bayi. Namun saat ingin melepaskannya, dia tak sengaja membaca keterangan yang tertulis. Bayi tersebut memiliki label nama ibu yang berbeda.

Selain itu, di sana tertulis bahwa tanggal kelahirannya adalah 10 Juni pukul 15.00 waktu setempat. Padahal, bayi Siti Jamumall lahir pada 11 Juni pukul 02.36. Menyadari adanya kesalahan, pasangan suami istri ini panik.

"Ketika kami kembali ke rumah, suami saya ingin membuang label yang ada di kaki bayi itu. Dia hampir membuangnya. Untung dia membaca label nama dan ketika dia melihat nama ibu di label itu, dia menyadari itu adalah nama yang berbeda," demikian penuturan Siti Jamumall dalam unggahan di akun Facebooknya.

2. Tidak ada yang menyadari

2. Tidak ada menyadari
Pexels/Helena Lopes

Siti Jamumall dan suami pun akhirnya buru-buru melakukan tindakan. Mereka menghubungi rumah sakit untuk memastikan apa yang sedang terjadi. "Kami segera menghubungi rumah sakit," ungkapnya dalam tayangan itu.

Dalam unggahannya, Siti Jamumall menegaskan bahwa ini bukan drama, melainkan kenyataan yang terjadi benar-benar kepadanya. Setibanya di rumah sakit, semua orang pun tercengang. Pasalnya, tidak ada seorangpun yang ternyata menyadari bahwa ada dua bayi yang tertukar, termasuk ibu dari bayi yang sempat dibawa pulang Siti Jamumall.

Siti melakukan komunikasi dengan orangtua bayi yang ada di pelukannya. Sang Ibu ternyata tak menyadari hal itu karena tak sempat membaca label nama. Ditambah lagi, itu adalah anak pertama ibu tersebut, yang dilahirkan secara caesar.

"Ini bukan drama, ini kenyataan. Sebelum ini, saya hanya melihat drama tentang anak-anak yang tertukar saat lahir tetapi itu benar-benar terjadi pada saya," ungkapnya lagi.

3. Akhir yang bahagia

3. Akhir bahagia
Pexels/Josh Willink

Setelah sempat melakukan perbincangan, akhirnya keduanya berhasil menyelesaikan masalah ini dengan baik. Dua bayi yang tertukar itu akhirnya kembali kepada orangtuanya masing-masing. Siti Jamumall pun merasa beruntung karena anaknya berada di tangan orang baik.

"Jadi keduanya duduk bersama dan begitu mencintai bayinya. Terima kasih, karena putra saya berada dengan orang yang baik," lanjutnya dalam siaran tersebut.

Demikian sepenggal kisah tentang dua bayi yang tertukar di rumah sakit di Malaysia. Pada akhirnya, Siti Jamumall berterima kasih atas bantuan semua pihak. Dia merasa bahwa kejadian ini seharusnya menjadi pelajaran bagi para ibu di seluruh dunia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.