5 Tren Kamar Bayi yang Ternyata Berbahaya, Risikonya Kematian

Salah memilih benda untuk kamar bayi bisa berakibat kematian

17 Juni 2021

5 Tren Kamar Bayi Ternyata Berbahaya, Risiko Kematian
Pexels/Alicia

Saat menantikan kelahiran si Kecil, sudah jadi hal wajar jika Mama berseluncur di dunia maya untuk menemukan desain kamar tidur terbaik untuk bayi. Salah satu sumber referensi terpopuler adalah foto-foto yang diunggah para influcencer. Berbagai foto dengan style cantik tentunya akan membuat Mama tergoda untuk menerapkannya di rumah.

Meski demikian, Mama perlu hati-hati. Pasalnya, tidak semua referensi dan foto-foto yang ditunjukkan para influencer itu baik untuk bayi. Beberapa produk yang muncul dalam postingan populer itu bahkan telah dinyatakan berbahaya untuk bayi. Sebelum salah langkah dan berakibat fatal, yuk baca penjelasan Popmama.com berikut ini mengenai tren kamar bayi yang ternyata berbahaya:

1. Moses Basket

1. Moses Basket
Pexels/Pixabay

Tempat tidur bayi yang satu ini pastinya sangat populer dan banyak menjadi referensi lifestyle terkini untuk buah hati. Namun tahukah Mama, menempatkan si Kecil di dalamnya ternyata tak direkomendasikan oleh Health Canada. Pasalnya, tempat tidur ini dianggap kurang stabil, berpotensi ambruk atau jatuh sehingga membahayakan bayi. Belum lagi, moses basket umumnya memiliki permukaan yang menonjol sehingga akan membahayakan saat berbenturan dengan bayi. Pita yang jadi hiasan di atasnya juga berpotensi menyebabkan bayi tercekik.

Editors' Picks

2. Sofa bayi

2. Sofa bayi
Lazada.com

Dengan permukaan yang empuk dan desain stylish, banyak Mama yang tergoda menggunakannya sebagai tempat tidur bayi. Terlebih, sofa bayi sangat mudah dibawa sehingga dianggap sebagai cara jitu untuk membuat si kecil nyaman. Namun faktanya, menidurkan bayi di atasnya justru berisiko membuat bayi terguling dan berakhir dengan posisi yang membuatnya tak bisa bernapas. Hal ini bisa menyebabkan kematian bayi.

3. Menempatkan furniture berat di sekitar tempat tidur

3. Menempatkan furniture berat sekitar tempat tidur
Pexels/Cottonbro

Pemilihan furniture memang menjadi kunci utama untuk membuat kamar bayi jadi lebih cantik. Namun tahukah Mama, ini adalah langkah yang salah. Menempatkan benda-benda, terutama yang berat, di atas tempat tidur atau di lokasi yang terjangkau bayi akan menimbulkan potensi kecelakaan. Benda itu bisa saja jatuh dan mengenai si Kecil sehingga membuat risiko bahaya yang lebih besar.

4. Crib bumper

4. Crib bumper
Pexels/Polina Tankilevitch

Selain terlihat stylish, beberapa ibu percaya bahwa crib bumper akan melindungi si Kecil dari benturan. Namun yang perlu Mama ketahui, pilihan ini justru berbahaya.

Lembaga Pengawas Keamanan Produk di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa keberadaan crib bumper justru meningkatkan risiko kematian bayi secara mendadak. Pasalnya, si kecil bisa saja bergerak dan menghadapkan wajah ke crib bumper sehingga mengalami sesak napas dan meninggal. Selain itu, fitur ini juga bisa membuat ranjang bayi panas karena aliran udara berkurang.

5. Bantal, selimut, dan mainan

5. Bantal, selimut, mainan
Pexels/Polina Tankilevitch

Semua benda itu adalah hal umum yang akan Mama temukan di ranjang bayi. Namun Mama perlu tahu bahwa menempatkannya di atas tempat tidur bayi bukan pilihan bijaksana. Pasalnya, keberadaan benda-benda itulah yang bisa meningkatkan risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Tempat tidur bayi memang seharusnya bersih dan bebas dari segala benda.

Itulah tren kamar bayi yang ternyata berbahaya. Kalau Mama sempat tertarik membeli barang-barang tersebut untuk kamar bayi, sebaiknya urungkan dulu. Pilih yang benar-benar sesuai dengan standard keamanan yang ditetapkan agar lebih aman dan tenang. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Ma

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.