Inilah Bukti Sains tentang Bagaimana Bonding Mama dan Anak Terbentuk

Ada banyak manfaat bonding bagi Mama dan Si Kecil, sudah coba?

28 November 2018

Inilah Bukti Sains tentang Bagaimana Bonding Mama Anak Terbentuk
Unsplash/derek thomson

Kegiatan sederhana seperti bernyanyi bersama anak, memijat, bahkan menatap matanya merupakan hal-hal yang dapat Mama lakukan untuk mengeratkan hubungan Mama dengan si Kecil.

Kegiatan tersebut biasa disebut dengan bonding. Untuk melakukan bonding, Mama tidak harus menunggu si Kecil lahir ya Ma, karena pada saat ia berada di dalam kandungan pun, Mama bisa melakukannya.

Ada begitu banyak cara untuk melakukan bonding saat masih dalam kandungan, salah satunya dengan mengelus perut Mama dengan lembut, melakukan pregnancy yoga, atau bahkan membiarkan Papa mencium si Kecil di perut mama.

Lalu sebenarnya, apa saja sih manfaat bonding yang dapat Mama dan si Kecil dapatkan? Nah, kali ini Popmama.com akan membahas manfaatnya berdasarkan kajian sains.

Catat dan simak baik-baik ya, Ma!

1. Membentuk perkembangan otak

1.	Membentuk perkembangan otak
Unsplash/alvaro reyes

Dilansir dari laman Babble, seorang ahli saraf sekaligus seorang Mama yang baru saja melahirkan anaknya, telah melakukan percobaan terhadap kekuatan bonding antara Mama dan anaknya dengan menggunakan alat bernama Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Hasilnya menunjukan bahwa dengan melakukan bonding, Mama bisa membantu pembentukan perkembangan otak anak.

Bukan tidak mungkin, dengan melakukan interaksi sederhana dengan si Kecil, Mama dapat memicu responsnya sejak dini sehingga perkembangan otaknya lebih cepat.

2. Melatih respon

2.	Melatih respon
Unsplash/paul

Kegiatan seperti menggelitik secara perlahan, mengajaknya berbicara, dan lain sebagainya merupakan kegiatan sederhana yang dapat Mama lakukan untuk melatih respons si Kecil.

Meskipun mungkin bayi mama belum terlalu bisa meresponsnya dengan baik, bukan berarti dia tidak mengerti ya, Ma. Mereka mengerti Ma, apalagi jika Mama lakukan hal tersebut secara berulang.

Dengan melakukan pengulangan, lama kelamaan ia dapat lebih mudah menerima bahkan menjawab respons dari Mama.

Terus latih responsnya ya, Ma!

3. Melatih keterampilannya

3.	Melatih keterampilannya
Unsplash/giu vicente

Hal sederhana seperti membacakan dongeng, menyanyikan lagu-lagu manis dan mengajaknya berbicara ringan merupakan salah satu bonding yang dapat Mama lakukan untuk melatih keterampilannya lho, Ma!

Jika ia terbiasa mendengarkan cerita dan musik, nantinya ia cenderung akan memiliki keterampilan berbahasa dan bermusik yang baik.

Mama tidak perlu menunggunya hingga balita atau sampai ia bisa membalas respons Mama ya, karena Mama bisa melakukannya bahkan sejak ia masih bayi ataupun di dalam kandungan.

Untuk mengoptimalkannya, Mama juga bisa mengikut sertakan Papa untuk melakukan bonding dengan si Kecil lho, Ma! Bukan hanya peran Mama, peran Papa juga sangat penting bagi perkembangannya.

Editors' Picks

4. Membantunya lebih tenang

4.	Membantu lebih tenang
Unsplash/chi_n_ph_m

Akan ada masa dimana anak mama merasa kesulitan menangani masalah yang sedang ia hadapi saat ia besar nanti. Dan aka nada bermacam-macam respon yang setiap anak akan ungkapkan saat terjebak pada hal tersebut.

Nah, jika Mama sering melakukan bonding dengan mereka sejak dini, Mama tidak perlu takut lagi jika nantinya ia gugup dalam menghadapi masalah yang ia tangani.

Dengan kasih sayang yang Mama berikan sejak kecil hingga ia dewasa, maka sama saja Mama sudah membawa ketenangan pada alam bawah sadarnya ketika ia sedang merasa tidak nyaman.

5. Mengatasi stres

5.	Mengatasi stres
Unsplash/echo grid

Hampir sama dengan poin di atas, dengan melakukan bonding sejak dini, Mama bisa membantunya mengatasi stres yang si Kecil alami.

Mama bisa mulai dengan memeluknya erat ketika ia merasa kedinginan saat bayi. Pelukan merupakan salah satu bonding yang dapat Mama lakukan untuk mempererat hubungan dengan si Kecil.

6. Menjalin ikatan emosional

6.	Menjalin ikatan emosional
Unsplash/manuel schinner

Poin yang satu ini sudah pasti akan Mama dapatkan ketika Mama melakukan bonding dengan si Kecil. Terjalinnya ikatan emosional dengan si Kecil sejak dini dapat Mama lakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu memberikannya ASI.

Kulit mama yang bersentuhan langsung dengan kulit si Kecil dapat menumbuhkan ikatan emosional antar keduanya. Skin-to-skin juga dapat Mama lakukan dengan cara menidurkan si Kecil tepat di dada mama.

7. Membuatnya lebih mudah diatur

7.	Membuat lebih mudah diatur
Unsplash/picsea

Jika Mama melakukan bonding secara efektif dengan si Kecil, otomatis Mama dapat membuatnya menjadi anak yang penurut.

Bonding yang seringkali Mama lakukan bersamanya membuatnya percaya bahwa Mama tahu yang terbaik baginya sehigga ia seringkali melakukan apa yang Mama minta.

Kunci dari semuanya adalah komunikasi yang baik, jika komunikasi yang Mama jalin dengannya berjalan dengan baik maka semuanya juga akan berjalan lebih mudah Ma!

Dari ketujuh poin di atas dapat disimpulkan bahwa ada begitu banyak manfaat yang bisa Mama dan si Kecil dapatkan ketika melakukan bonding.

Ingat Ma, melakukan kegiatan bonding sekecil apapun dapat membantu perkembangan mereka lho!