9 Foto Menyentuh Finley, Bayi dengan Kondisi Usus di Luar Tubuh

Kisahnya sangat menginspirasi!

26 Juni 2019

9 Foto Menyentuh Finley, Bayi Kondisi Usus Luar Tubuh
instagram.com/darling.children

Finley Everest, bayi yang terlahir dengan kondisi unik ini sekarang bisa dikatakan menjadi seleb baby di media sosial, Instagram.

Bayi yang lahir pada 16 Januari lalu dilahirkan dengan gastroschisis, yakni suatu kondisi di mana ususnya tumbuh di luar tubuhnya karena terdapat lubang di perut. Tim medis merawat Finley selama kurang lebih 5-6 minggu lamanya.

Meskipun usus yang berada di luar perutnya terlihat sehat, namun cukup sulit bagi tim medis untuk memasukannya kembali, mengingat berat badannya saat itu hanya mencapai 2 kg.

Setelah menjalani proses panjang, akhirnya Finley pun menjalani operasi untuk menempatkan kembali ususnya ke dalam perut dan menutup lubangnya.

Tak terasa, 5 bulan telah berlalu, kini kondisi Finley sudah semakin membaik. Sang Mama juga semakin sering membagikan foto-foto lucu Finley di akun Instagram @darling.children.

Dari kisahnya yang mengharukan tersebut, kini pengikut akun @darling.children sudah mencapai 151.000.

Mengetahui hal tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum 9 foto menyentuh perkembangan Finley dari bayi hingga berusia 5 bulan.

1. Finley kecil dan sang Mama

Foto pertama Finley yang diunggah oleh sang Mama sangat amat menyentuh publik. Dalam foto tersebut, terlihat sang Mama yang sedang menangis sembari memeluk tubuh kecil Finley yang penuh dengan selang. 

"He is here," tulis Mama Finley pada caption.

Saat itu, ia belum menjelaskan dengan detail mengenai kondisi spesial yang dialami oleh sang Anak.

2. Tangisan pertama Finley

Postingan selanjutnya adalah sebuah kompilasi video dan foto kelahiran Finley pada 16 Januari yang lalu. Dalam video tersebut, Finley terlihat sangat lemah dan tak berdaya dalam balutan selang yang membantunya untuk tetap hidup.

Postingan video ini juga menjadi salah satu cara bagi sang Mama untuk berterima kasih kepada orang-orang yang telah membantu dana operasi Finley saat itu.

"Update: we are completely overcome with emotion from the huge amount of generously and love shown towards our family at this time! We have turned off donations at this point as we reached over our target. We will continue to keep you all updated on Finley’s progress through this journey. Thank you for all the love we have received on our recent bundle of joy. The road ahead for our family is a long one and it’s so important that we stay together and be there for him while he is in NICU and also be allowed the time to bond with Finley after being separated from him since his birth," tulisnya pada caption.

Dalam caption yang ia tulis, sang Mama menjelaskan bahwa saat ini ia sudah menutup pengumpulan dana untuk Finley yang akan dipergunakan untuk menangani kondisinya saat ini.

Sang Mama juga sangat berterima kasih kepada pada partisipasan yang sudah dengan suka rela membantu memberikan donasi kepada anaknya.

3. Pelukan pertama dari sang Mama

Mengetahui kondisi yang dialami anaknya saat ini, maka pelukan yang erat antara sang Mama dan Finley agak sedikit sulit untuk dilakukan.

Salah sedikit, maka keselamatan anaknya bisa terancam. Kesedihannya tersebut diungkapkan langsung oleh sang Mama di akun Instagramnya.

"First cuddles, not the first cuddles every mum dreams of but so beautiful still," tulisnya.

Meski pelukan pertamanya untuk Finley tidak seperti yang ia harapkan sebelumnya, namun ia mengaku bahwa ia tetap dapat merasakan kebahagiaan yang teramat sangat.

4. Operasi berhasil dijalani oleh Finley

Setelah dana yang berhasil sang Mama kumpulkan tercapai, operasi pun dimulai. Meski terlihat sulit untuk seorang bayi, namun pada 24 Januari 2019, Finley kecil akhirnya berhasil menghadapi operasi untuk memasukan kembali ususnya ke dalam perut.

Meski operasi sukses, namun kesehatan Finley masih belum bisa dikatakan stabil. Hal tersebut diungkapkan oleh sang Mama pada akun Instagramnya.

"The surgery was successful in that it closed his tummy but that doesn’t mean it makes everything work like it should," tulisnya pada caption.

Ia juga mengaku bahwa saat itu merupakan momen yang paling berat dalam hidupnya. Bahkan kedua putri kecilnya, yakni kakak Finley tidak bisa terurus dengan baik.

Editors' Picks

5. Finley terkena infeksi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kondisi Finley pasca operasi masih belum stabil. Kali ini, Finley bahkan terkena infeksi. Hal tersebut pertama kali diketahui dari lengannya yang membengkan dan merah.

Untuk mengatasinya, Finley pun segera diberikan antibiotik untuk menghentikan penyebaran infeksi.

"Suddenly 2 nights ago I noticed his long line drip that goes from his arm into near his heart wasn’t looking right, his arm was swollen and red and after some checks and a high temp the drs decided to remove it and start antibiotics for an infection," jelasnya di caption.

6. Infeksi berhasil disembuhkan

Setelah dirawat secara cepat dan tepat oleh tim medis, akhirnya infeksi yang dialami oleh Finley pun berhasil disembuhkan. Hal tersebut lagi-lagi dikabarkan oleh sang Mama di akun Instagramnya.

"Cutie had an a great couple of days, his infection has cleared up," ungkapnya bahagia.

7. Pertama kali pulang ke rumah

Setelah 1 bulan dirawat di rumah sakit, akhirnya Finley pun diperbolehkan pulang ke rumah. Momen tersebut pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh keluarga kecilnya, termasuk kedua kakak perempuannya yang manis.

"HOME," tulis sang Mama sembari mengunggah foto si Kecil Finley yang sedang tertidur di boks bayinya.

8. Finley kembali masuk rumah sakit

Meski sudah diperbolehkan pulang ke rumah, namun ternyata kondisi Finley masih belum sepenuhnya stabil.

Pada 23 Februari yang lalu, Finley kembali masuk ke rumah sakit. Finley kecil yang malang diketahui 2 hari yang lalu mengalami muntah yang berat, hingga berwarna kekuningan.

"We noticed a couple of days ago his vomiting increased dramatically then woke up yesterday to his vomit turning yellow," tulis sang Mama sedih.

Syukurlah, selang beberapa minggu kemudian, tepatnya pada 12 Maret yang lalu, akhirnya Finley diizinkan untuk pulang ke rumah lagi.

9. Syukuran ke 5 bulan

Hingga saat ini, Finley terhitung berusia 5 bulan. Hingga detik ini pula kondisi Finley diketahui stabil, bahkan terlihat amat ceria saat bermain dengan kedua kakak perempuannya.

Untuk mengabadikan momen 5 bulannya, sang Mama pun memotret Finley kecil yang bersebelahan dengan bunga matahari berbentuk angka 5.

"Five months with my little sunshine," tulisnya bangga.

Nah, itulah 9 potret menyentuh perjuangan Finley, bayi dengan kondisi usus di luar tubuh.

Kita doakan agar Finley sehat selalu, ya.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;