Sempat Dilarang Dokter, Kartika Putri & Suami Tetap Ajak Bayinya Umroh

Kartika Putri juga memberikan tips umroh dengan bayi beserta perlengkapan yang harus dibawa

6 Februari 2020

Sempat Dilarang Dokter, Kartika Putri & Suami Tetap Ajak Bayi Umroh
Instagram.com/kartikaputriworld

Sebagai orangtua baru, membawa serta bayi 1-3 bulan untuk bepergian jauh pertama kali, pasti penuh tantangan.

Apalagi jika Mama dan Papa tidak turut membawa pengasuh atau bantuan dari pihak manapun. Bepergian jauh bersama bayi memang terasa menakutkan karena dirasa hal tersebut justru akan membuat bayi tidak nyaman dan rewel.

Namun, ternyata membawa bayi untuk traveling pertama kali tidaklah seseram yang dibayangkan. Hal tersebut baru saja dirasakan oleh Kartika Putri.

Beberapa hari yang lalu, istri dari Habib Usman bin Yahya ini diketahui baru saja menjalankan ibadah umroh bersama bayi dan suami tercintanya.

Meski sempat ragu dan takut, pada akhirnya Kartika Putri mengaku bahwa ia sangat menikmati perjalanan ibadahnya bersama keluarga kecilnya tersebut.

Bayinya yang masih berusia 3 bulan, Syarifah Khalisa Aghnia Bahira pun ternyata tidak rewel dan tidak menyulitkan kegiatan Mama dan Papanya saat menjalankan ibadah umroh.

Ditemui di acara Sugar Baby pada Selasa (4/2/2020) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, berikut Popmama.com telah merangkum tips a la Kartika Putri saat umroh bersama bayi beserta perlengkapan yang harus di bawa.

Editors' Picks

1. Menemui dokter sebelum berangkat

1. Menemui dokter sebelum berangkat
Instagram.com/kartikaputriworld

Sebagai tindakan pencegahan saat ingin bepergian ke luar negeri, Kartika Putri dan sang Suami pun menyempatkan diri untuk mengunjungi dokter.

Namun sayang, sang Dokter justru melarang bayinya untuk ikut umroh bersama Kartika Putri dan sang Suami.

Pasalnya, diketahui akhir-akhir ini beberapa negara sedang marak penyebaran virus berbahaya. Meski begitu, hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi Kartika Putri dan suami untuk tetap berangkat dan memboyong putri kecil mereka.

"Tipsnya ikhlas, doa, bismillah. Karena kan sebenarnya dia belum bisa vaksin meningitis kan di usia itu. Dokter menyarankan untuk nggak pergi umroh, tapi bapaknya minta buat pergi. Yang lebih berhak bapaknya kan, jadi yaudah bismillah saja niatnya ibadah percaya sama Allah," ujar perempuan yang biasa dipanggi Karput tersebut.

"Alhamdulillah so far sudah pulang hampir seminggu, semuanya baik-baik saja," sambungnya lagi.

2. Minum vitamin, makan makanan sehat, dan rileks

2. Minum vitamin, makan makanan sehat, rileks
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Selain ikhlas dan berdoa, Kartika Putri juga memiliki tips aman lainnya yang wajib dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh bayi saat bepergian jauh, terutama dengan asupan ASI yang baik.

"Aku minum vitamin biar ASI yang diminum bagus," tandas Karput.

Saat umroh, Kartika Putri juga banyak mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur dan daging untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang Bayi.

"Alhamdulillah waktu di sana kan suami banyak keluarga dan banyak saudara, jadi tetap makanan sehat, sayur-sayuran terus daging untuk memenuhi kebutuhan baby-nya juga," tambahnya.

Tips terakhir, Kartika Putri juga menyarankan pada para Mama semua untuk tetap rileks selama perjalanan agar bayi pun dapat merasa nyaman.

"Ternyata baby tuh tergantung dari Mamanya, kalau Mamanya santai rileks dia tuh sudah nggak butuh apapun," ujar Karput.

3. Membawa semua perlengkapan bayi demi kenyamanannya

3. Membawa semua perlengkapan bayi demi kenyamanannya
Instagram.com/kartikaputriworld

Umroh bersama bayi merupakan pengalaman pertama bagi Kartika Putri, maka tak heran jika ia sangat mempersiapkan segalanya dengan matang. Bahkan diakui, ia membawa 3 koper khusus untuk bayinya tersebut.

"Aku bawa 3 koper besar untuk 1 anak kecil. Jadi kalau dulu aku yang kopernya besar, sekarang aku kopernya kecil banget cuma 1 koper," ujar Karput.

"Aku bawa semua obat-obatan, bawa bantal menyusui, tempat tidur kecil, semuanya deh. Udah kayak mau pindahan, padahal cuma 10 hari. Akhirnya nggak terpakai 2 koper yang terpakai cuma 1 koper," sambungnya.

Setelah membawa sekian banyak barang, ternyata Karput baru menyadari bahwa yang paling dibutuhkan saat itu hanyalah kain jarit.

"Dari sekian banyak barang yang paling dibutuhin ternyata cuma kain gendong jarit, menyusui juga langsung sudah sesimpel itu," tutupnya.

Nah, itulah beberapa informasi penting terkait persiapan umroh bersama bayi a la Kartika Putri.

Semoga dapat menginspirasi Mama semua, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.