Tunjukan Tanda Siap Makan, Anak Putri Titian MPASI di Usia 5 Bulan

Dokter anak menyarankan Putri Titian memberi MPASI saat Iago 5 bulan. Apa efeknya untuk kesehatan?

17 September 2019

Tunjukan Tanda Siap Makan, Anak Putri Titian MPASI Usia 5 Bulan
Instagram.com/putrititian

Pasangan muda, Putri Titian dan Junior Liem kini tengah menikmati masa-masa bahagia menjadi orangtua bagi kedua orang anaknya, Iago dan Iori.

Selain sibuk mengurus putra pertama mereka yang sudah mulai bersekolah, Mama Milenial yang satu ini juga kini sedang disibukkan dengan urusan MPASI anak keduanya.

Dalam unggahannya di Instagram, Putri Titian bercerita seputar perkembangan Iago yang ternyata sudah menunjukan sikap siap MPASI di usianya yang masih 5 bulan.

Perempuan berusia 28 tahun tersebut juga curhat bahwa dirinya kini sudah lebih santai dalam mempersiapkan MPASI anak keduanya.

Berikut keterangan foto pada akun Instagram Putri Titian:

"Kemarin tanggal 15 September Iago umurnya 6 bulan dan siap MPASI. TAPI tenyata anak momom yang ini sudah colonganstart dari bulan lalu (umur 5 bulan) memang beda banget antara Iori & Iago, appetie Iago sama makanan rasa-rasanya lebih besar di banding Iori. Jadi kalo Iago liat momom makan sudah ngilerbanget, akhirnya pas 5 bulan momom iseng tanya sama dokter boleh nggak Iago di kasih makan. Dokter bilang boleh asaaaaaal porsinya sedikit kek icip icip rasa gitu malah katanya kalau di daerah-daerah anak anaknya udah 4 bulan sudah di kasih icip air tajin buk.. hahahhayaudah deh pas di sendokin makanan beneran lahap anaknya Alhamdulillah. Persiapan apa aja MPASI kali ini?⠀
Nggak siapin apa-apa, momom sudah tobat.⠀Kayaknya kali ini momom harus se-chill nyokap waktu dulu waktu momom mulai MPASI.⠀Nggak harus beli beras organic, minyak organic, wajan organic, piring organic... yaa sesantai itu saja kalau lagi ada alpukat bagus di supermarket ya alpukat, kalau lagi promo buy 1 get 1 butternut ya beli, kalo lagi males yaudah beli makanan instan macem promina, milna, serelac, heinz etc.. sesimple itu.. beda sama iori dulu yang persiapan MPASI-nya yang heboh banget.⠀Terus sekarang juga momom se-chill itu sama Iago, kalau momom lagi makan apa terus doi kalo sudah melet-melet ya momom kasih icip saja. Kemaren kecolongan Iago icipcheesetart dikasih yuyun hahahahhaha..⠀Selamat makan ya Iago, selamat mencoba rasa baru, kan selama ini cuma mimik sama momom doang, semoga sampai besar lahap makan yak!"

Meski sudah mencoba sedikit makanan di usia 5 bulan, ternyata Putri Titian masih tetap memberikan MPASI sepenuhnya pada Iago saat sang Anak sudah berusia 6 bulan.

Lalu sebenarnya, apa saja manfaat MPASI bagi bayi?

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 daftar lengkapnya.

1. MPASI dapat membantu perkembangan otak bayi

1. MPASI dapat membantu perkembangan otak bayi
Instagram.com/putrititian

Bayi yang mengonsumsi zat besi selama 2 tahun pertama kehidupannya memiliki kemampuan lebih cepat saat belajar membaca dan menulis dibandingkan bayi yang kekurangan zat besi.

Oleh sebab itu, Mama perlu memastikan terdapat komposisi yang dapat membantu perkembangan otak si Kecil dalam MPASI yang ia konsumsi.

Beberapa nutrisi pada makanan yang membantu membangun kinerja otak di antaranya:

  • Zat besi pada bayam.
  • Omega 3 pada ikan yang berlemak.
  • Jeruk, jambu, semangka, brokoli, dan tomat karena mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi.
  • Iodine pada ikan laut dan telur.
  • Protein pada telur, ayam, daging, dan susu.
  • Antioksidan dalam apel.

2. MPASI dapat menguatkan tulang bayi

2. MPASI dapat menguatkan tulang bayi
Instagram.com/putrititian

Tulang si Kecil akan terus bertumbuh dan berubah, selayaknya anggota tubuhnya yang lain. Dengan nutrisi tepat dalam MPASI, kesehatan dan kepadatan tulangnya akan terus terjaga.

Jenis makanan untuk kesehatan tulang antara lain:

  • Susu, brokoli, kacang kedelai, dan buncis yang kaya akan kalsium serta magnesium.
  • Ikan dan telur dengan vitamin D untuk menstimulasi penyerapan kalsium.
  • Susu, daging, ikan, gandum, juga kacang-kacangan yang memiliki fosfor.

Editors' Picks

3. MPASI membantu pertumbuhan gigi bayi

3. MPASI membantu pertumbuhan gigi bayi
Instagram.com/putrititian

Si Kecil akan mulai tumbuh gigi dimulai pada usia sekitar 8 bulan. Pertumbuhan gigi pada setiap bayi akan berbeda, namun dengan nutrisi MPASI yang baik, bayi akan mendapatkan gigi yang kuat dan sehat.

MPASI juga akan membantunya untuk berlatih menggigit dan mencoba berbagai tekstur makanan. Konsumsilah makanan-makanan ini untuk gigi bayi yang kuat:

  • Susu, sereal, telur, biji-bijian, gandum, dan yoghurt karena mengandung fosfor yang tinggi.
  • Sereal, sayuran berdaun hijau, kacang kedelai, oatmeal, serta pisang yang kaya magnesium.

4. MPASI membantu kemampuan menggenggam bayi

4. MPASI membantu kemampuan menggenggam bayi
Instagram.com/putrititian

Salah satu manfaat MPASI yang tidak terduga adalah untuk mengembangkan kemampuan menggenggam si Kecil. Saat memasuki usia 6 bulan, bayi biasanya sudah bisa menggenggam benda di antara jari dan jempolnya.

Ketika hal tersebut mulai terjadi, Mama bisa menyemangatinya untuk mencoba memegang sendok dan makan sendiri.

Berikan si Kecil wortel rebus yang telah dipotong seukuran jari atau biskuit untuk meningkatkan kemampuan menggenggamnya.

Berikut cara aman melatih kemampuan menggenggam:

  • Jangan meninggalkan benda-benda berukuran kecil yang bisa masuk atau tertelan ke mulut si Kecil.
  • Ketika memberi bayi makan, pastikan ia dalam kondisi duduk dan terus diawasi.
  • Untuk menghindari tersedak, saat mengajari bayi menggenggam makanan di tahun pertamanya, jangan memotongnya dengan ukuran terlalu kecil.

5. MPASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi

5. MPASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi
Instagram.com/putrititian

Tidak hanya melalui ASI, untuk meningkatkan sistem imunitas pada tubuh bayi, ia juga membutuhkan nutrisi dan vitamin dari MPASI.

Untuk memperkuat daya tahan tubuhnya, berikan si Kecil MPASI bergizi berupa:

  • Kacang kedelai, bawang, dan sereal dengan prebiotik untuk meningkatkan imunitas dan membantu pencernaan.
  • Kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, dan kacang polong, yang kaya akan zat besi untuk kemampuan motorik, kognitif, sosial, dan emosionalnya.

Nah, itulah kelima informasi penting terkait MPASI yang juga sedang dijalankan oleh anak kedua Putri Titian, Iago.

Tetap semangat dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!