Mengapa Bayi Mama Sering Mengucek Mata? Ini Alasannya

Ternyata, mengucek mata adalah cara si Kecil menyampaikan apa yang dirasakannya

15 Desember 2018

Mengapa Bayi Mama Sering Mengucek Mata Ini Alasannya
Unsplash/Jena Norman

Tidak ada yang lebih menggemaskan daripada melihat bayi mengucek mata mereka dengan tangan mungilnya. Mama mungkin akan tertawa geli melihat si Kecil mengucek mata sampai mukanya merah.

Karena belum bisa berbicara maka bayi menyampaikan apa yang ia rasakan melalui tingkah laku. Salah satunya adalah dengan mengucek mata. Nah, apa saja penyebab bayi sering mengucek mata?

1. Kelelahan

1. Kelelahan
Pixabay/CC0 Creative Commons

Alasan paling umum bayi mengucek mata mereka adalah karena mengantuk. Sama seperti ketika Mama menggosok dan meredakan nyeri otot, bayi Mama mencoba untuk menghilangkan otot lelah di sekitar mata dengan menggosoknya. Menguap, rewel, atau menangis adalah tanda-tanda lain bahwa bayi lelah dan mengantuk.

Hal ini membantu untuk mempelajari sinyal yang menunjukkan kelelahan pada bayi. Setelah muncul tanda-tanda bayi mengantuk,  Mama dapat segera menempatkan mereka untuk tidur sebelum bayi kelelahan dan menjadi sulit bagi Mama untuk membuatnya tidur.

Editors' Picks

2. Mata Kering

2. Mata Kering
Pexels/Rasmus Svinding

Bayi mengucek mata mereka jika jika mata mereka kering. Mata dilindungi oleh film air mata, yang menguap ketika terkena udara untuk waktu yang lama. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering.

Bayi menjadi tidak nyaman sehingga secara naluriah mencoba mengatasi dengan mengucek matanya. Mengucek mata merangsang air mata, yang mengembalikan kelembapan di mata.

3. Penasaran

3. Penasaran
Unsplash/Omar Lopez

Ingat, semua adalah hal baru bagi bayi. Mereka masih belajar bagaimana tubuh merespons dan berfungsi. Misalnya cahaya lampu yang biasa bagi Mama tetapi itu menjadi pengalaman yang menarik bagi bayi yang bereksperimen dan membiasakan diri dengan tubuh mereka.

Alasan lainnya, bisa juga bayi Mama sedang belajar hal baru dengan menyentuh bagian tubuhnya seperti mata atau hidung.

4. Ada sesuatu di mata bayi

4. Ada sesuatu mata bayi
Unsplash/Rose Elena

Air mata dan kedipan adalah tanda ada benda asing di mata mereka. Jika ada iritasi di mata bayi Mama, gunakan lap basah untuk menyeka mata dan wajah agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam mata. Kemudian, coba siramkan apa pun yang ada di mata dengan air bersih yang hangat.

Jika ada sesuatu yang tersangkut di sudut mata, kain bersih yang basah atau kapas dapat digunakan untuk membersihkannya. Kunjungi dokter jika Anda tidak bisa mengeluarkan partikel asing tersebut.

5. Mata sakit atau gatal

5. Mata sakit atau gatal
Pixabay/StockSnap

Alasan lain mengapa bayi menggosok mata adalah rasa sakit atau gatal, yang dapat disebabkan oleh infeksi.

Gejala infeksi mungkin juga termasuk mata bengkak dan kemerahan, keluarnya cairan, atau demam. Bayi Mama mungkin juga tampak tertekan dan menangis jika mata sakit.

Sebaiknya temui dokter jika Mama mencurigai bahwa bayi mengalami infeksi mata.

Baca juga: Bisa merusak mata dan otak jika bayi dibiarkan nonton televisi
 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.