Membaca Buku untuk Bayi Ternyata Banyak Manfaatnya Lho, Ma!

Selain baik untuk bayi, kegiatan membaca bisa menjadi sarana bonding lho!

20 Januari 2019

Membaca Buku Bayi Ternyata Banyak Manfaatnya, Ma
unsplash/picsea

Sudah menjadi rahasia umum kalau membaca untuk bayi dapat membantu perkembangan bayi secara keseluruhan juga membentuk kepribadiannya.

Menurut American Academy of Pediatrics, membaca untuk bayi sebaiknya dilakukan setelah lahir. Berita baiknya adalah Mama tidak perlu menunggu sampai bayi mulai berbicara.

Ada banyak manfaat membaca untuk bayi. Meskipun bayi belum memahami apa yang sedang dibacakan oleh Mama, dia akan mulai mengenali suara dan irama bahasa.

Semakin cepat Mama mulai membaca untuk bayi semakin banyak manfaat yang diperoleh dari membaca. Apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasan berikut.

1. Keterampilan mendengarkan

1. Keterampilan mendengarkan
Freepik

Mendengarkan suara Mama saat membaca akan merangsang minat bayi pada suara. Hal ini juga meningkatkan keterampilan mendengarkan pada bayi. Saat Mama membacakan buku cerita, bayi akan mendengar dengan serius walau pun mereka belum mengerti apa yang diucapkan oleh Mama.

Suara Mama juga akan membuat bayi tenang dan nyaman.

2. Menambah kosakata baru

2. Menambah kosakata baru
Pixabay/szymonpacek

Alat bantu membaca dalam membangun imajinasi dan kosakata bayi. Mama bisa menggunakan boneka sebagai alat bantu untuk bercerita.

Semakin sering Mama membaca untuk bayi, bayi akan semakin banyak mendengar kata. Mereka akan secara bertahap belajar mengidentifikasikan kata. Hal ini akan sangat membantu ketika bayi mulai belajar berbicara.

Keahlian bahasa ditingkatkan dengan mengenali gambar, mempelajari kata-kata dan meniru berbagai suara.

3. Meningkatkan visualisasi

3. Meningkatkan visualisasi
unsplash/IanaDmytrenko

Salah satu manfaat terbesar membaca adalah bayi akan diperkenalkan dengan konsep angka, warna, huruf, bentuk, dan cerita.

Editors' Picks

4. Membangun memori

4. Membangun memori
Pixabay.com/stocksnap

Bayi akan mendapatkan wawasan tentang lingkungan. Ini secara bertahap akan membantu dalam membangun memori dan meningkatkan keterampilan imajinasi.

5. Keterampilan emosi dan bersosialisasi

5. Keterampilan emosi bersosialisasi
maxpixel.net

Studi menunjukkan bahwa mendengarkan berbagai kata yang mengekspresikan emosi saat Mama membaca buku dapat menanamkan emosi dan bayi pun belajar bersosialisasi.

Membaca juga membantu bayi untuk menyentuh, melihat, mengarahkan, dan menanggapi pertanyaan Mama.  Kegiatan-kegiatan ini membantu meningkatkan keterampilan berpikir dan pengembangan sosial. Misalnya cerita Si Kancil mengajarkan agar tidak mencuri.

6. Beberapa buku cerita untuk bayi Mama

6. Beberapa buku cerita bayi Mama
pixabay.com/szymonpacek

Buku apa yang sebaiknya dibacakan untuk bayi? Jangan khawatir, Indonesia memiliki banyak cerita rakyat  yang mengandung pesan moral untuk bayi dan anak. Mama bisa membaca buku-buku berikut untuk bayi:

  • Si Kancil
  • Bawang Merah Bawang Putih
  • Cindelaras
  • Asal Usul Danau Toba
  • Malin Kundang

Dilansir dari laman IDAI, anak usia prasekolah masih sibuk mengembangkan kemampuan bicara dan bahasanya. Perkembangan bahasa terkait erat dengan perkembangan kemampuan membaca di kemudian hari. Nah tunggu apa lagi, segera mulai kebiasaan membaca untuk bayi sehingga minat baca dan kosakatanya bertambah.

Membacakan buku untuk bayi akan membantunya membangun hubungan dengan buku-buku, juga kedekatan Mama. Banyak cara untuk membuat kegiatan membaca menjadi menyenangkan bagi bayi dan Mama. Menurut dokter Catharine Mayung Sambo,Sp.A, stimulasi akan berlangsung secara efektif bila dilakukan berulang- ulang, penuh kasih sayang, dan dalam suasana menyenangkan.

Kegiatan membaca bersama dapat dilakukan sampai mereka besar nanti. Membaca dapat meningkatkan daya ingatnya kelak. Yuk mulai membaca untuk bayi kesayangan Mama!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!