TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ini Dia 7 Merek Susu Formula untuk Bayi yang Baru Lahir

Ada banyak macam susu formula untuk bayi baru lahir, pilih yang mana ya?

21 September 2022

Ini Dia 7 Merek Susu Formula Bayi Baru Lahir
Freepik/chainfoto24

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi usia 0-6 bulan. ASI ekslusif wajib diberikan di awal kehidupan bayi karena merupakan nutrisi terbaik karena memiliki keunggulan yang tidak tergantikan oleh susu formula, di antaranya antibodi, anti-alergi, faktor pertumbuhan, hormon, dan enzim.

Bagaimana jika Mama tidak bisa memberikan kebutuhan ASI karena alasan medis? Misalnya, ASI tak keluar atau adanya suatu penyakit yang diidap oleh Mama sehingga tidak memungkinkan untuk memberi ASI pada bayi. Susu formula bayi menjadi pilihan untuk menggantikan ASI.

Begitu banyak merek susu formula bayi tentunya membuat Mama bingung memilihnya. Berikut Popmama.com merangkum tujuh merek susu formula untuk bayi baru lahir, yang bisa dijadikan pilihan untuk bayi Mama.

Memilih Susu Formula yang Tepat untuk Bayi

Memilih Susu Formula Tepat Bayi
Freepik/rawpixel.com

Pada dasarnya semua produk susu formula terdiri dari kumpulan nutrisi utama, yaitu protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Pastikan di kemasan susu tertulis bahwa produk tersebut cocok untuk dikonsumsi bayi baru lahir. Sebaiknya Mama memilih produk susu formula yang berasal dari susu sapi untuk bayi baru lahir dan masih di bawah usia satu tahun.

Jika bayi memiliki alergi terhadap susu sapi, konsultasikan hal ini kepada dokter. Dokter mungkin akan menyarankan susu formula dengan formulasi khusus. Susu jenis ini masih berbasis susu sapi, namun kandungan proteinnya sudah diolah sehingga mudah dicerna bayi.

Di pasaran kerap dijual susu formula yang berbahan dasar kedelai. Produsen mengatakan bahwa susu ini diperuntukkan bagi bayi yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Meski begitu, sebaiknya hindari susu berbasis kedelai untuk bayi, kecuali dengan seizin dokter. Karena pada umumnya, bayi yang alergi terhadap susu sapi akan alergi pula terhadap susu kedelai.

Selain itu, para pakar kesehatan tidak merekomendasikan susu kedelai untuk bayi di bawah umur enam bulan. Susu kedelai juga memiliki kandungan glukosa, yaitu gula yang dapat merusak gigi bayi.

Berikut beberapa merek susu formula untuk bayi baru lahir yang dirangkum oleh Popmama.com:

1. Frisian Baby Primamil 0-6 Bulan

1. Frisian Baby Primamil 0-6 Bulan
Dok. Lazada

Memilih susu formula untuk bayi memang tidak boleh sembarangan ya, Ma? Nah, sekarang Mama tidak perlu khawatir lagi karena susu formula Frisian Baby Primamil 0-6 bulan bisa jadi pilihan tepat untuk si Kecil sedari dini. Susu Frisian Baby Primamil mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial), yaitu protein luar biasa untuk dukung tumbuh kembang si Kecil secara prima.

Tahukah Mama? Menurut penelitian, kekurangan 9AAE dapat menghambat hormon pertumbuhan dan menurunkan potensi tinggi badan si Kecil sampai dengan -50%, lho. Selain itu, 9AAE juga merupakan komponen esensial yang berperan sebagai protein yang membentuk jaringan tubuh termasuk otak.

Tanpa 9AAE, semua nutrisi lain tidak dapat terserap sempurna. Sayangnya, 9AAE tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, oleh karena itu Mama harus memastikan asupan nutrisi untuk si Kecil sudah mengandung 9AAE, ya.

Frisian Baby Primamil juga mengandung DHA dan AA yang biasanya ditemukan pada susu mahal, masing-masing kandungan sebanyak 51 mg dengan rasio perbandingan 1:1. Kedua nutrisi tersebut tidak bisa bekerja sama secara maksimal untuk pembentukan sel syaraf otak si Kecil jika rasionya tidak tepat.

Mama tenang saja, susu formula ini memiliki ketiga kombinasi nutrisi penting tersebut (9AAE, DHA dan AA) sehingga si Kecil dapat tumbuh tinggi dan cerdas.

Susu formula ini juga mengandung 100% laktosa dengan dominan protein whey yang lebih mudah diserap oleh si Kecil, sehingga aman untuk sistem pencernaan bayi yang belum sempurna, serta mengandung prebiotik FOS untuk mencegah sembelit dan kolik yang biasanya membuat si Kecil menangis di malam hari.

Di dalamnya juga terkandung asam sialat dan 14 nutrisi penting lainnya, seperti omega 3, 6, vitamin A, C, E, seng, selenium, kalsium, vitamin D3, dan nutrisi lain agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Lengkap ya, Ma?

Susu ini tersedia dalam 3 ukuran sesuai kebutuhan yaitu 200g, 400g, dan 800g. Harganya juga cukup terjangkau untuk seluruh nutrisi prima yang dimiliki Frisian Baby Primamil. Mulai dari Rp 25.000, si Kecil sudah bisa mendapatkan semua nutrisi untuk tumbuh kembang yang optimal.

2. NAN PH Pro 1

2. NAN PH Pro 1
Blibli.com

NAN PH Pro 1 merupakan susu formula untuk bayi baru lahir atau usia 0-6 bulan. Susu ini diformulasikan dengan kandungan OPTIPRO HA protein hypoallergenic, bifidobacterium lactis, dan DHA yang akan memberikan asupan penting bagi tubuh bayi.

Susu ini berperan untuk mengurangi risiko alergi dan memberikan asupan penting bagi tumbuh kembang bayi.

Harga: Rp. 315.000 (800 gr).

Editors' Picks

3. Nestle Lactogen 1 Gold

3. Nestle Lactogen 1 Gold
Tokopedia

Susu bayi dari Nestle ini memiliki nutrisi yang lengkap, mulai dari probiotik, asam lemak esensial LA dan ALA, prebiotik FOS dan GOS, zat besi, serta 12 vitamin dan 11 mineral. Kandungan yang lengkap dari susu formula ini sangat membantu perkembangan bayi.

Nestle Lactogen 1 Gold dinyatakan bebas Enterobacter sakazakii oleh BPOM pada tahun 2011 lalu, sehingga susu formula ini dijamin aman untuk bayi mama. Diproduksi oleh Nestle yang distribusinya mencakup seluruh wilayah Indonesia, Mama tidak perlu khawatir kehabisan karena produk ini selalu ada di pasaran.

Harga: Rp 93.500 (750 gr).

4. Nutricia Bebelove 1

4. Nutricia Bebelove 1
timbangharga.com

ASI adalah sumber nutrisi utama yang tak tergantikan bagi anak dalam masa awal pertumbuhan. Pada masa-masa ini, anak membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan cukup agar tumbuh kembangnya dapat optimal. Susu formula dapat menjadi sumber nutrisi tambahan yang baik bagi si kecil. 

Nutricia Bebelove 1 merupakan susu formula untuk bayi baru lahir usia 0-6 bulan. Susu ini mengandung prebiotik FOS untuk kesehatan pencernaan, lactoferrin untuk meningkatkan imunitas tubuh, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi, zat besi untuk mencegah masalah anemia, serta vitamin dan mineral.

Selain itu juga, susu ini bebas penambahan gula yang bisa mengakibatkan obesitas.

Harga: Rp 132.000 (800 gr).

5. Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+1

5. Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+1
Tokopedia

Nutribaby ini dibuat dengan formula khusus Acti Duobio untuk memberi manfaat optimal pada bayi. Susu ini mengandung prebiotik dan vitamin untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, serta asam linoleat dan zat besi yang mampu menstimulasi perkembangan otak. 

Selain itu, Nutribaby juga dilengkapi dengan probiotik breve M16V yang berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan bayi mama. Dengan 12 vitamin dan 9 mineral, kebutuhan gizinya sehari-hari akan semakin tercukupi.

Harga: Rp. 198.000 (800 gr).

6. Similac Advance 0-6 Bulan

6. Similac Advance 0-6 Bulan
klikindomaret
joker with card

Similac Advance merupakan susu formula untuk bayi baru lahir berusia 0-6 bulan yang diformulasikan secara khusus untuk mendampingi Air Susu Ibu (ASI). Susu formula untuk bayi baru lahir ini merupakan makanan pendamping dan hanya dapat dikonsumsi atas petunjuk dokter atau ahli kesehatan anak lainnya.

Similac Advance memiliki kandungan yang dapat membantu perkembangan otak bayi. Kandungan DHA & AA dalam susu formula ini berfungsi untuk membantu perkembangan otak dan mata bayi. 

Harga: Rp. 325.000 (850 gr).

7. Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1

7. Wyeth S-26 Promil Gold Tahap 1
Tokopedia

Wyeth S-26 Promil Gold tahap 1 memiliki formula khusus MultiExcel untuk tumbuh kembang otak yang maksimal. 

Kandungan makronutrien dan mikronutriennya juga bersinergi untuk pastikan tubuhnya tumbuh dengan kuat dan aktif berenergi. Selain itu juga memiliki rasa yang menyerupai ASI. Bayi yang terbiasa mengonsumsi ASI pun dapat lebih mudah menyesuaikan diri.

Harga : Rp 198.000 (800 gr). 

Nah, itu tadi tujuh merek susu formula untuk bayi baru lahir. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa ASI adalah asupan terbaik untuk bayi.

Untuk itu, pastikan Mama selalu berkonsultasi ke dokter bila ingin memberikan asupan makanan lain selain ASI. Sebab, memberikan susu formula tanpa saran dokter bisa membahayakan kesehatan si Kecil.

Semoga bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk