Ternyata Bernyanyi untuk Bayi Punya Segudang Manfaat lho, Ma!

Benarkah bernyanyi untuk bayi baik bagi perkembangannya? Yuk simak ulasannya

23 Desember 2018

Ternyata Bernyanyi Bayi Pu Segudang Manfaat, Ma
Pixabay/fancycrave1

Apakah Mama mempunyai kebiasaan menyanyikan lagu pengantar tidur untuk bayi mama? Ternyata, kebiasaan baik ini mempunyai segudang manfaat bagi pertumbuhan bayi.

Laura Cirelli, ahli saraf kognitif dari Universitas Toronto Mississauga, mengemukakan bahwa menyanyikan lagu pengantar tidur yang lembut bisa membuat ikatan ibu dan anak lebih kuat.

Menyanyikan lagu setiap hari dapat merangsang perkembangan bayi. Bayi memiliki kemampuan untuk mendeteksi irama tertentu. Ini terbukti dari penelitian dengan cara mengukur gelombang otak bayi. Ketika diperdengarkan musik, gelombang otak bayi terlihat mengalami pergerakan sesuai irama lagu.

Apa saja manfaat bernyanyi untuk bayi?

1. Mengembangkan kemampuan bahasa

1. Mengembangkan kemampuan bahasa
Pixabay/geralt

Bernyanyi untuk bayi sebelum tidur juga bisa menambahkan perbendaharaan kata dan memberikan emosi positif kepada bayi.

Melalui lagu pendek, bayi akan mengenal ragam kata serta belajar berkomunikasi. Saat bernyanyi, Mama bisa berkreasi dengan menggunakan boneka peraga atau alat musik mainan.

2. Lagu yang bersemangat membuat bayi lebih ceria

2. Lagu bersemangat membuat bayi lebih ceria
Pixabay/Victoria_Borodinova

Meningkatkan gairah dan mood bayi sehingga membantu Mama dalam proses pemberian makan dan mempercepat proses tidur.

Menyanyikan lagu lebih efektif dalam meredam emosi dan menenangkan bayi dibandingkan dengan berbicara dengan nada biasa.

3. Mempererat hubungan bayi dan orangtua

3. Mempererat hubungan bayi orangtua
Freepik/bearfotos

Mama dan Papa yang sering menyanyikan lagu untuk anak-anak akan memiliki hubungan kedekatan yang lebih erat.

Saat bernyanyi, misalnya sebelum tidur, Mama melakukan kontak mata dan sentuhan fisik. Bayi pun akan merasa lebih nyaman dan lebih tenang sehingga ia mudah terlelap.

Editors' Picks

4. Mengasah perkembangan otaknya

4. Mengasah perkembangan otaknya
Freepik

Menyanyikan lagu pengantar tidur merupakan pendidikan awal yang sangat penting. Mengapa demikian? Lagu dan irama akan membantu mempersiapkan pendengaran dan otak anak dalam berbahasa.

Melalui lagu-lagu yang kita nyanyikan untuk bayi, mereka akan belajar banyak hal baru. Misalnya lagu Twinkle Twinkle Little Star, bayi Mama belajar mengenai bintang.

Belajar mengenai hal baru akan meningkatkan imajinasinya sehingga perkembangan otaknya akan lebih bagus.

5. Meningkatkan kesehatan bayi

5. Meningkatkan kesehatan bayi
Unsplash/Picsea

Saat bayi mendengarkan musik, akan membuat detak jantung bayi menjadi teratur sesuai dengan ritme dan syair yang diulang-ulang

6. Jangan khawatir kalau suara kurang merdu

6. Jangan khawatir kalau suara kurang merdu
Pixabay/openclipart-vectors

Menyanyikan lagu secara langsung jauh lebih baik dibandingkan Mama menyetel musik untuk bayi. Jangan takut kalau Mama “buta nada” atau suara kurang merdu. Karena bagi bayi nada datar atau suara kurang merdu tidaklah menjadi masalah. Lagu yang dinyanyikan langsung oleh Mama atau Papa dapat membuatnya merasa nyaman dan terhubung dengan Mama.

Waktu yang tepat mulai bernyanyi untuk bayi adalah segera setelah bayi dilahirkan. Dijelaskan oleh pakar psikologi perkembangan dari NYU Child Study Center di Amerika Serikat, Daniela Montalto, Ph.D., melodi dan irama yang dinyanyikan Mama mirip dengan suaranya sendiri ketika menggumam atau mengoceh. Dengan begitu, bayi akan merasakan ikatan dengan Mama atau Papa yang menyanyikan sebuah lagu untuknya.

Selamat bernyanyi untuk si Kecil, Ma!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!