10 Fakta Menarik Bayi yang Lahir di Bulan Juli

Bayi yang lahir di bulan Juli diklaim tidak gampang sakit

3 Juli 2022

10 Fakta Menarik Bayi Lahir Bulan Juli
Burst.shopify.com/THERESE REYES

Momen kelahiran sang Anak adalah momen paling membagiakan untuk para orangtua. Banyak juga hal-hal yang bisa kita ketahui dari bulan kelahiran seorang bayi, seperti zodiak, sifat, karakter diri, risiko penyakit, dan berbagai macam fakta menarik lainnya.

Tentu saja setiap bayi akan memiliki fakta menarik dalam hidupnya, tidak terkecuali bayi yang lahir di bulan Juli.

Sebelumnya kita sudah mengetahui berbagai macam fakta menarik mengenai bayi yang lahir di bulan Juni, sekarang waktunya untuk mengetahui fakta menarik dari bayi Juli nih, Ma. 

Yuk, cari tahu bersama mengenai fakta menarik bayi yang lahir di bulan Juli yang telah Popmama.com rangkum berikut ini, Ma!

1. Berzodiak Cancer atau Leo

1. Berzodiak Cancer atau Leo
Freepik.com/pikisuperstar

Bulan Juli sangat identik dengan zodiak mereka, yaitu Cancer. Namun Bayi yang lalhir di bulan Juli juga bisa memiliki zodiak Leo lho, Ma.

Jika bayi mama lahir di antara tanggal 1 Juli sampai 22 Juli, berarti mereka berzodiak Cancer. Sedangkan jika si Kecil lahir di tanggal 23 Juli sampai 31 Juli, mereka akan berzodiak Leo, Ma.

Cancer dikenal dengan sifatnya yang rendah hati dan berorientasi pada keluarga. Meski begitu, mereka juga dikenal sebagai orang yang emosional dan sensitif, Ma. Mereka akan sering menunjukkan minatnya pada boneka.

Sedangkan Leo, mereka adalah orang-orang yang percaya diri, penuh karisma dan loyal. Mereka juga dikenal sebagai orang yang mampu dan ingin menarik perhatian orang-orang di sekitarnya.

2. Bayi Juli punya dua bunga kelahiran

2. Bayi Juli pu dua bunga kelahiran
Unsplash.com/Michaela Murphy & binh dang nam

Bayi Juli punya dua bunga kelahiran nih, Ma, yaitu larkspur dan juga teratai air. Bunga larkspur memiliki nama lain, yaitu delphinium, Ma. Mereka biasa ditemui di belahan bumi utara dan pegunungan tinggi Afrika.

Larkspur sendiri melambangkan hati yang terbuka dan juga bisa dikaitkan dengan perasaan yang romantis, Ma. Karena larkspur memiliki warna yang beragam, tentu saja setiap warnanya memiliki makna yang berbeda.

Bunga larkspur putih menandakan sifat yang bahagia dan keberuntungan, bunga larkspur merah muda menandakan ketidakstabilan, dan ungu mewakili cinta pertama dan watak yang manis.

Sedangkan teratai air atau water lily bisa melambangkan kesenangan dan kedamaian. Mereka juga melambangkan kepolosan, kemurnian, harapan, kesehatan dan kesuburan lho, Ma!

3. Menurut beberapa studi, bayi Juli kemungkinan akan mendapatkan tangan kidal

3. Menurut beberapa studi, bayi Juli kemungkinan akan mendapatkan tangan kidal
ispyphysiology.files.wordpress.com

Mengutip dari good house keeping, sebuah penelitian kecil yang dilakukan oleh Anything Left Handed menunjukkan hasil bahwa terdapat kemungkinan bayi yang lahir di bulan Juli akan mendapatkan tangan kidal. 

Tidak hanya itu, penelitian lain yang diunggah pada tahun 1999 dalam jurnal Elsevier membahas tentang kidal dan hubungannya dengan bulan kelahiran menunjukkan bahwa orang yang lahir di bulan Maret sampai dengan Juli lebih cenderung memiliki tangan kidal lho, Ma.

Meski begitu, orang yang bertangan kidal adalah orang yang kreatif. Banyak juga mitos yang mengatakan bahwa jika seseorang sering menggunakan tangan kirinya, maka mereka akan lebih sering menggunakan otak kiri untuk kreativitas mereka.

4. Batu kelahiran mereka adalah ruby

4. Batu kelahiran mereka adalah ruby
Unsplash.com/Jason D

Ruby merah atau mirah delima dikenal sebagai batu yang sangat kuat lho, Ma! Mereka melambangkan gairah dan perlindungan. Selain itu mereka juga melambangkan cinta dan kesuksesan.

Menurut Happiestbaby, orang Hindu Kuno bahkan sangat menghormati batu ruby ini dan menyebutnya 'raja permata'.

Editors' Picks

5. Bayi Juli adalah orang-orang yang optimis

5. Bayi Juli adalah orang-orang optimis
Freepik/Stockking

Sama seperti bayi yang lahir di bulan Juni, bayi Juli merupakan bayi yang optimis lho, Ma. Meskipun begitu, bayi Juli juga terkenal dengan perasaan atau suasana diri yang sering berubah.

Sifat optimisnya ini juga dapat melemah seiring dengan emosinya yang naik turun.

6. Putri Diana pun lahir di bulan Juli lho, Ma

6. Putri Diana pun lahir bulan Juli, Ma
imdb.com

Beberapa ikon terkenal dunia seperti Putri Diana lahir di bulan Juli lho, Ma. Lebih tepatnya, ia lahir pada tanggal 1 Juli 1961 di Sandringham, Britania Raya.

Selain Putri Diana, ada juga beberapa artis dan tokoh terkenal lain yang lahir di bulan Juli, Ma. Berikut ini ada sedikit daftar dari beberapa tokoh terkenal yang lahir di bulan Juli.

  • Penyanyi terkenal Hollywood seperti Selena Gomez, Jennifer Lopez, Post Malone.
  • Aktor terkenal dunia seperti Matt LeBlancTom Cruise, Jason Statham, Vin Diesel, Kevin Hart, Daniel Radcliffe, Sylvester Stallone dan Benedict Cumberbatch.
  • Musisi seperti Loius Armstrong dan Brian May.
  • Idola K-pop seperti Taeyong NCT, Leeteuk dan Heechul Super Junior, Doojoon Highlight, Lia Itzy, Hwasa Mamamoo dan Wonwoo Seventeen.
  • Rapper 50 Cent.
  • Penulis buku terkenal Harry Potter, J.K. Rowling.
  • Atlet dunia seperti Brock Lesnar, Zion Williamson, Alex Morgan, dan Gareth Bale.

7. Bulan Juli juga merayakan banyak hari besar di dunia lho, Ma

7. Bulan Juli juga merayakan banyak hari besar dunia, Ma
Freepik.com/YusufSangdes

Bayi yang lahir di bulan Juli juga akan merayakan hari ulang tahunnya bersamaan dengan berbagai macam hari perayaan besar yang diselenggarakan di seluruh dunia nih, Ma.

Berikut ini ada daftar hari perayaan yang diselenggarakan secara internasional di seluruh dunia pada bulan Juli, di antaranya adalah:

  • 1 Juli: Hari Lelucon Internasional, Hari Kanada
  • 2 Juli: Hari UFO Sedunia
  • 3 Juli: Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia 
  • 4 Juli: Hari Kemerdekaan Amerika Serikat
  • 6 Juli: Hari Berciuman Internasional
  • 7 Juli: Hari Katakan Kebenaran, Hari Cokelat Sedunia
  • 9 Juli: Hari Raya Idul Adha
  • 11 Juli: Hari Populasi Sedunia
  • 17 Juli: Hari Emoji Sedunia dan Hari Keadilan Internasional
  • 18 Juli: Hari Mendengarkan Sedunia
  • 19 Juli: Hari Es Krim Sedunia
  • 22 Juli: Hari Apresiasi Pi (simbol dalam matematika)
  • 28 Juli: Hari Hepatitis Sedunia
  • 30 Juli: Hari Persahabatan Internasional
  • 31 Juli: Hari Ranger Sedunia

8. Bayi Juli juga memiliki risiko yang rendah untuk terkena penyakit

8. Bayi Juli juga memiliki risiko rendah terkena penyakit
Freepik/lifeforstock
Ilustrasi

Mama bisa merasa senang dengan fakta yang satu ini nih, Ma, karena bayi Juli ternyata memiliki risiko yang rendah untuk terserang penyakit lho, Ma!

Fakta ini diberikan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh Mary Regina Boland, Nicholas Tatonetti dan peneliti lain dari Departemen Kedokteran Universitas Columbia mengenai kaitan bulan lahir dan risiko penyakit dalam artikel yang diungkapkan oleh Washington post.

Studi tersebut juga memaparkan data bulan kelahiran yang memiliki risiko terkena dan proteksi terkena penyakit dalam bentuk diagram batang.

Data tersebut mengungkapkan bahwa Bayi yang lahir di bulan Juli tidak memiliki risiko terkena penyakit reproduktif dan penyakit pernapasan dibandingkan dengan bayi yang lahir di bulan Oktober, November dan Desember.

Tidak hanya itu, bayi bulan Juli juga tidak memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular, sebuah penyakit yang berhubungan dengan kondisi jantung seperti pembekuan darah, pembuluh sakit, dan masallah struktur lho, Ma!

9. Bayi Juli memiliki kepribadian yang ceria

9. Bayi Juli memiliki kepribadian ceria
Pixabay/DivvyPixel

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2014 oleh Perguruan Tinggi Neuropsikofarmakologi Eropa menunjukkan bahwa bulan lahir bisa memprediksi perubahan emosi dan kepribadian orang saat mereka dewasa, Ma.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa bayi Juli punya tingkat yang lebih tinggi pada 'kepribadian cerah' dan memiliki risiko yang rendah untuk terkena gangguan mood termasuk depresi saat dewasa nanti.

10. Orang-orang yang lahir di bulan Juli adalah orang yang dapat diandalkan

10. Orang-orang lahir bulan Juli adalah orang dapat diandalkan
Freepik.com/fxquadro

Percaya atau tidak, bayi yang lahir di bulan Juli adalah para bayi yang saat besar nanti akan menajdi orang yang dapat diandalkan, Ma.

Mereka memiliki sifat yang rendah hati, mandiri, optimis terhadap suatu hal, dapat menahan diri dalam hal emosi dan tindakan, serta selalu fokus pada pekerjaan dan keluarga mereka. Teman-temannya akan sangat merasa terbantu dengan kehadiran anak yang lahir di bulan Juli.

Oleh karena itu, Mama tidak perlu khawatir karena mereka akan menjadi pribadi yang baik dan dapat menuntun teman-teman dan orang tersayangnya untuk masa depan yang indah.

Nah, itulah tadi rangkuman mengenai fakta menarik bayi yang lahir di bulan Juli. Ada fakta yang menarik perhatian Mama, tidak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk