7 Cara Asyik dan Seru Bermain dengan Newborn

Bayi baru lahir juga perlu diajak bermain. Bagaimana caranya dan apa manfaatnya nih, Ma?

8 Agustus 2018

7 Cara Asyik Seru Bermain Newborn
Pixabay/publicdomainpictures

Walau newborn atau bayi baru lahir bisa menghabiskan 16-17 jam per hari untuk tidur, namun Anda tetap bisa mengajaknya bermain saat ia bangun lho, Ma. Momen bermain ini tidak hanya menyenangkan dan dapat meningkatkan bonding, namun juga bisa meningkatkan kecerdasan si Kecil. 

Dengan bermain, bayi baru lahir pun sudah bisa belajar cara bergerak, komunikasi, bersosialisasi, dan membantunya mengerti akan lingkungan sekitarnya. Dan pelajaran terpenting adalah: bayi dapat memelajari cara berinteraksi dengan Mama.

Hal pertama yang akan dipelajari bayi tentang Mama adalah merasakan sentuhan, suara, pandangan, dan merasakan pentingnya kehadiran Mama sebagai sosok yang memenuhi segala kebutuhannya.

Bagaimana cara meningkatkan kepekaan tersebut? Mudah kok, Ma. Ikuti saja 7 cara seru bermain dengan newborn berikut ini.

1. Bernyanyi

1. Bernyanyi
Freepik/Yanalya

Tidak perlu suara seindah Beyonce untuk menyanyi di depan bayi baru lahir, karena tujuan utamanya adalah mengenalkan suara Mama pada Si Kecil.

Menyanyikan bayi juga bisa membantunya belajar berkomunikasi lho, Ma. Saat Mama bernyanyi, bayi bisa menyerap semua yang Anda katakan, bahasa yang Anda gunakan, dan ekspresi yang Anda sampaikan.

Bahkan, menyanyikan bayi dapat menjadi cara paling ampuh untuk meredakan tangisannya. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Infancy, menguak fakta bahwa bayi yang mendengarkan rekaman orang menyanyi bisa dua kali lebih tenang dibanding bayi yang hanya mendengarkan orang berbicara.

2. Lakukan kontak mata

2. Lakukan kontak mata
Pixabay/vborodinova

Walau penglihatan bayi baru lahir belum sempurna, namun melakukan kontak mata sejak dini terbukti dapat menjadi cara paling sederhana untuk menstimulasi kecerdasan bayi.

Cara ini membantunya belajar mengenali wajah dan ekspresi Mama dalam berkomunikasi. Bahkan menurut penelitian Baby-LINC Lab di Universiry of Cambridge, melakukan kontak mata dapat memperkuat gelombang otak bayi dan mendorong komunikasi antara orangtua dan anak.

Baca juga: Cari tahu bagaimana perkembangan indera penglihatan bayi 

3. Menari bersama

3. Menari bersama
Freepik/senivetro

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa menari bersama bayi dapat membantu si Kecil tumbuh dengan kepribadian yang lebih baik dan penuh kasih.

Pasang musik yang ceria dan peluk erat si Kecil. Musik yang ceria membangkitkan rasa bahagia dan senang. Sementara pelukan Mama bisa membuat bayi merasa sangat dicintai dan dilindungi. 

Editors' Picks

4. Olah raga bersama

4. Olah raga bersama
Unsplash/Picsea

Ini bukan berarti mengajaknya bermain sepakbola bersama ya, Ma.

Untuk bermain bersama newborn, yang Mama perlukan hanya kegiatan sederhana, kok. Hal sederhana seperti menggerakkan kaki bayi dengan posisi mengayuh sepeda bahkan bisa memberikan manfaat besar untuknya. Aktivitas ini dapat meningkatkan perkembangan sosial dan motoriknya, lho.

5. Memijat bayi

5. Memijat bayi
Freepik/onlyyouqj

Tidak hanya membuat bayi lebih tenang, memijat bayi juga cara yang sangat efektif agar Mama bisa lebih dekat dengannya.

“Sentuhan lembut dan gerakan yang berirama adalah bentuk komunikasi yang tepat antara bayi dengan orang tua. Cara ini sangat baik agar bayi dapat memelajari kedekatan dengan Anda,” ujar K. Mark. Sossin, PhD, direktur Parent-Infant Research Nursery di Pace University, seperti dikutip dari Mamanatural.com

6. Berpelukan

6. Berpelukan
babyreference.com

Siapa yang tidak suka berpelukan dengan bayi? Yang ada justru Mama yang tidak mau berhenti berpelukan, ya. Cara seru ini tidak cuma membuat bayi bahagia dan lebih nyaman lho, Ma.

Berpelukan juga meningkatkan kesehatan bayi, kadar oksigen, berat badan bayi, memperbaiki tidur, menurunkan stres, dan bahkan menormalkan detak jantung juga suhu tubuh.

7. Membacakan buku

7. Membacakan buku
Freepik

Walau newborn seperti tidak memperhatikan Mama membacakan buku, namun membacakan buku sejak dini dapat meningkatkan kecerdasan literasi anak, Ma. Bayi sudah bisa mulai belajar tentang intonasi yang Anda gunakan untuk mengekspresikan emosi dan perasaan.

Baca juga: Buku-buku yang bagus dibacakan ke bayi mama

Nah, cara nomor berapa yang menjadi favorit Mama dan Si Kecil? Selamat mencoba semuanya ya, Ma.