7 Jenis Mainan untuk Bayi Baru Lahir

Mainan ini selain seru bisa menstimulasi kecerdasan!

10 Desember 2018

7 Jenis Mainan Bayi Baru Lahir
Freepik/v.ivash

Siapa bilang bayi baru lahir hanya bisa tidur dan minum susu? Walau jenis aktivitasnya belum banyak, namun Mama sudah bisa memberikan beberapa mainan untuknya. Namun tentu aja, semua mainan harus disesuaikan dengan usianya, ya.

Nah, bagaimana dengan newborn atau bayi baru lahir? Mainan apa sih yang tepat untuk diberikan ke anak sekecil itu? Jangan bingung dulu, karena ternyata banyak sekali lho permainan yang bisa diberikan untuknya.

Tak sekadar seru dan aman, beberapa jenis mainan newborn juga harus membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak seusianya. 

Penasaran? Berikut Popmama.com berikan rekomendasi mainan yang tepat diberikan untuk anak bayi baru lahir sampai 3 bulan.

1. Cermin antipecah

1. Cermin antipecah
Flickr/Christopherblizzard

Mungkin, inilah teman pertama si Kecil yang membuatnya betah berlama-lama di depan cermin. Bagi bayi, ia belum tahu kalau sosok bayi imut di cermin yang ia lihat itu adalah dirinya sendiri. Bayi masih mengganggap pantulan diriny adalah orang lain, yang sedang mengajaknya bermain

Biasanya bayi mulai menyukai kegiatan bercermin ini di usia 3 bulan, dan mungkin akan berlangsung selama yang ia suka. Jika bayi Mama salah satu penggemar cermin, jangan lupa berikan mainan cermin yang antipecah ya.

2. Soft books

2. Soft books
Mothercare

Mainan ini sangat mudah ditemui di pasaran, dengan banyak pilihan dan harga yang cukup bersahabat. Buku ini biasanya isinya hanya 6 lembar, namun tiap lembarnya terbuat dari kain aneka tekstur dan warna. Ya, ini didesain khusus untuk bayi.

Mama bisa membiarkan si Kecil memainkan ini sendiri, karena tekstur dan warna pada buku sangat baik untuk menstimulasi kecerdasannya. Atau Mama juga bisa memangku si Kecil dan mengajaknya mengeskplorasi buku tersebut. Keduanya sama serunya bagi bayi.

Kegiatan layak jadi favorit karena permainan yang satu ini juga bisa menumbuhkan sikap gemar membaca sejak dini, Ma.

3. Mainan yang bisa digenggam

3. Mainan bisa digenggam
Freepik

Penglihatan bayi baru lahir belum sempurna, dan itulah yang membuatnya sangat menyukai segala mainan yang Mama gerakkan ke dekat pandangannya. Di usia ini mungkin bayi Mama belum bisa meraih dan menggenggam mainan yang Mama berikan, namun ia akan menunjukkan ketertarikannya dengan memasukkannya ke mulut.

Ya, bayi memang terkenal suka memasukkan segala benda ke dalam mulutnya ya, Ma. Jika bayi Mama melakukan ini, jangan dilarang ya, karena ini merupakan suatu proses belajar baginya. Mau tahu lebih banyak mengenai proses ini? Baca artikel Bayi Sering Memasukkan Benda ke Mulutnya? Ini 5 Penjelasannya berikut ini.

Editors' Picks

4. Kotak musik

4. Kotak musik
Flickr/zohanve

Musik adalah cara terbaik untuk menenangkan dan membuatnya terhibur. Untuk itu, kotak musik adalah mainan yang tepat untuk menghibur bayi Mama.

Tidak harus lullaby, Mama bisa memainkan berbagai jenis lagu dan genre untuk bayi, lho. Lihat respons si Kecil ketika Mama memutarkan lagu-lagu baru. Jangan kaget kalau ia terlihat begitu menikmati iramanya ya, Ma.

5. Mainan sensori

5. Mainan sensori
elc

Mainan lembut, empuk, dan mengeluarkan suara jika dipencet atau digerakkan ternyata sangat disukai bayi baru lahir sampai usia 6 bulan lho, Ma.

Mama tahu kan mainan yang kalau diremas mengeluarkan suara-suara unik? Nah, mainan tersebut bisa mengajarkan anak untuk mengenali apa yang bisa dilakukan oleh tangannya.

Stimulasi menyenangkan dan bermanfaat, kan?

6. Rattles

6. Rattles
Freepik/dragana_gordic

Mainan yang satu ini memang salah satu mainan yang paling disukai bayi. Jika Mama mau memberikannya untuk si Kecil, pilih yang mudah digenggam dan berbahan dasar lembut.

Ada juga rattles yang bisa dikaitkan ke tangan atau kaki anak, sehingga kapanpun anak bergerak akan mengeluarkan bunyi yang menarik. Rattles dengan pengait seperti ini sangat menghibur bagi bayi, dan ia juga bisa belajar cara membuat bunyi dengan menggerakkan tangan atau kakinya sendiri.

7. Lonceng angin

7. Lonceng angin
Pixabay/openclipart

Semua bayi suka musik dan bunyi-bunyian yang menenangkan. Maka Mama bisa menggantungkan lonceng angin atau wind chimes ini di sudut yang bisa dilihat dan didengar anak.

Jika ini digantungkan di dekat tempat tidur, maka jangan kaget kalau akan terbentuk kebiasaan anak melihat wind chimes ini selama beberapa menit sebelum tidur. Bunyinya yang lembut memang menjadi white noise yang membuat bayi tenang, hingga mudah tertidur lelap.

Nah, mainan apa yang menjadi favorit bayi Mama?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!