Aduh, Bau Urine Bayi Menyengat Banget, Apakah Normal?

Terlepas dari baunya yang luar biasa, apakah ada masalah kesehatan di baliknya?

28 Januari 2021

Aduh, Bau Urine Bayi Menyengat Banget, Apakah Normal
Freepik/wavebreakmedia-micro

Merawat bayi adalah hal yang menantang, terutama bagi Mama yang baru pertama kali memiliki anak. Banyak kekhawatiran yang muncul, terutama yang terkait kesehatan dan tumbuh kembangnya. Setiap masalah kesehatan kecil bagaikan masalah yang harus ditelisik penyebabnya dan segera ditangani.

Di tahun pertama kehidupannya, sistem pencernaan bayi sangatlah sensitif dan seringkali bermasalah. Salah satu masalah yang banyak dialami adalah bau urine yang menyengat. Apakah hal ini menandakan adanya masalah kesehatan yang dialami si Kecil? Berikut Popmama.com merangkum penjelasan medis di balik penyebab urine bayi berbau menyengat, dilansir dari Firstcry:

1. Infeksi saluran kemih

1. Infeksi saluran kemih
Freepik/user13400093

Infeksi saluran kemih terjadi akibat bakteri yang masuk ke saluran kemih. Meskipun tidak menular, masalah kesehatan ini membuat tidak nyaman dan cukup sulit ditangani pada bayi. Hal ini juga lah yang menyebabkan urine berbau busuk.

Infeksi saluran kemih lebih banyak dialami anak perempuan ketimbang laki-laki karena anatomi tubuhnya. Karena infeksi saluran kemih sulit dideteksi pada bayi, Mama harus waspada terhadap gejala lain yang mengiringinya, seperti demam, muntah, rewel, dan lain-lain. 

2. Kebiasaan makan Mama

2. Kebiasaan makan Mama
Unsplash/Hollie Santos

Urine yang berbau tidak sedap pada bayi bisa disebabkan karena makanan yang Mama konsumsi. Hal ini umum terjadi pada bayi yang minum ASI. Mengonsumsi sayuran seperti asparagus, bawang merah, dan bawang putih dapat membuat bau urine bayi menjadi lebih kuat dari biasanya. 

Editors' Picks

3. Dehidrasi

3. Dehidrasi
Freepik/sergei_stock1977

Bagi bayi yang belum mengonsumsi MPASI, satu-satunya cara mendapatkan air untuk metabolisme sistem tubuh adalah melalui ASI. Rasa lapar dan dehidrasi dapat membuat urine terkonsentrasi dan akibatnya membuat urine berbau menyengat. Kebutuhan nutrisi bayi hanya bisa dipenuhi melalui ASI dan mereka harus menyusu dengan benar supaya tidak kelaparan dan kehausan. 

4. Penyebab urine bayi berbau seperti amonia

4. Penyebab urine bayi berbau seperti amonia
Freepik/wavebreakmedia-micro

Terkadang, urine bayi berbau seperti amonia yang kuat. Bau ini sangat tidak sedap dan membuat kewalahan orangtua yang mengganti popok bayi. Tetapi Mama tak perlu khawatir. Biasanya urine bayi berbau seperti amonia di pagi hari. Ginjal memerlukan waktu untuk memproses lebih keras dari biasanya sehingga menyebabkan bau yang menyengat. 

5. Penyebab urine bayi berbau seperti cuka

5. Penyebab urine bayi berbau seperti cuka
Freepik

Jika urine bayi mama berbau seperti cuka, itu bisa jadi disebabkan karena ia mengalami dehidrasi atau infeksi saluran kemih, atau pun sesuatu yang ia makan. Bau cuka dari urine bayi juga bisa menandakan bayi yang terserang flu atau mengalami refluks asam lambung. Selain itu, jika tubuh bayi tidak mampu menghasilkan cukup laktosa untuk memenuhi jumlah laktosa yang dikonsumsinya, maka urinenya akan berbau seperti cuka.

Kapan Saatnya Memeriksakan Bayi ke Dokter?

Kapan Saat Memeriksakan Bayi ke Dokter
Freepik/freepik

Jika gejala terus berlanjut atau semakin parah, periksakan bayi segera ke dokter. Mama juga bisa membawa sampel urinenya untuk membantu dokter agar lebih mudah mendiagnosisnya. 

Apabila urine bayi berbau menyengat, disertai tinja berdarah, muntah, demam, atau gejala-gejala dehidrasi, jangan menunda untuk membawanya ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat. 

Semoga informasi mengenai penyebab urine bayi berbau menyengat ini bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.