Penting Diketahui: Bahaya Infeksi Tulang Osteomielitis pada Bayi

Pada bayi, infeksi osteomielitis ini umumnya terjadi di tulang panjang seperti tungkai atau lengan

20 Juni 2019

Penting Diketahui Bahaya Infeksi Tulang Osteomielitis Bayi
bonds.com.au

Tulang merupakan organ tubuh penting bagi manusia. Selain menjaga agar kekuatan tulang tetap prima, orangtua perlu memantau perkembangan tulang bayi dengan teliti karena jika terjadi kelainan, organ tubuh ini tak dapat dilihat secara kasat mata. Salah satunya adalah penyakit osteomielitis.

Osteomielitis adalah infeksi tulang yang tak hanya dapat terjadi pada orangtua tetapi juga bisa dialami siapa pun termasuk pada anak dan bayi. Jika pada orangtua osteomielitis terjadi di tulang pinggul, kaki, atau tulang belakang, pada bayi infeksi ini umumnya terjadi di tulang panjang seperti tungkai atau lengan. Meski kondisi ini jarang terjadi, tetapi dapat menimbulkan dampak serius bagi penderitanya. 
 

Mengenal Gejala Osteomielitis pada Bayi

Mengenal Gejala Osteomielitis Bayi
Freepik/phduet

Secara umum, gejala osteomielitis akan menimbulkan rasa nyeri pada lokasi yang terinfeksi. Namun, yang perlu diingat masing-masing anak bisa mengalami gejala yang berbeda, misalnya:

  1. Timbulnya rasa nyeri hebat atau sakit di daerah yang terinfeksi.
  2. Area yang terinfeksi menjadi kaku dan membuat bayi susah untuk menggerakkan bagian tubuh tersebut.
  3. Area yang terinfeksi akan tampak bengkak dan berwarna kemerahan.
  4. Nyeri yang disertai demam menggigil.

Editors' Picks

Penyebab Osteomielitis pada Bayi

Penyebab Osteomielitis Bayi
pbcexpo.com.au
Langkah memijat bayi

Dilansir dari stanfordchildrens.org, infeksi tulang osteomielitis seringkali ditemukan pada bayi prematur dan bayi yang lahir dengan komplikasi. Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh mereka masih belum sepenuhnya berkembang. 

Secara umum, berbagai jenis bakteri sebenarnya dapat menyebabkan terjadinya osteomielitis. Namun, jenis bakteri Staphylococcus aureus paling sering disebut-sebut sebagai penyebab utama infeksi dan dapat memasuki tubuh melalui berbagai macam cara, termasuk:

  • Melalui luka yang terinfeksi,
  • melalui luka terbuka di mana patah tulang menembus kulit,
  • adanya benda asing yang masuk dan menembus melalui kulit,
  • melalui sendi yang terinfeksi,
  • terjadinya infeksi yang menyebar dari sumber lain di dalam tubuh, seperti infeksi telinga.

Pengobatan Osteomielitis pada Bayi

Pengobatan Osteomielitis Bayi
muhealth.org
Penyakit tifus pada bayi

Gejala osteomielitis pada bayi dan anak dapat menyerupai kondisi atau masalah medis lainnya. Tak hanya itu, infeksi ini umumnya bersifat akut . Namun, meski munculnya secara mendadak, penyakit ini dapat diatasi dengan melakukan pengobatan yang tepat. 

Dokter biasanya akan melakukan serangkaian tes, termasuk tes darah, pemeriksaan x-ray, dan scan tulang. Selanjutnya, bila si Kecil memang terdiagnosa mengalami infeksi tulang, maka dokter akan menyarankan pengobatan dengan cara pemberian antibiotik untuk melawan infeksi serta obat pereda nyeri. Pembedahan pun mungkin dilakukan untuk membersihkan daerah yang terinfeksi di dalam dan sekitar tulang apabila memang diperlukan. Tujuan dari perawatan ini tentu saja untuk menghilangkan rasa sakit dan menyembuhkan infeksi yang terjadi pada bayi.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!