Bayi Tertawa Saat Tidur, Normalkah?

Lucu sih, tapi apakah hal ini merupakan indikasi suatu kelainan ataukah hal yang normal?

28 Oktober 2019

Bayi Tertawa Saat Tidur, Normalkah
Freepik

Tertawa merupakan reaksi tubuh dan otak yang terjadi dalam kondisi sadar maupun tidak. Saat manusia tertawa, berbagai saraf dan hormon turut terlibat melakukan seluruh prosesnya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tertawa bisa terjadi saat manusia sadar maupun tidak, alias dalam tidur. Jika diperhatikan, bayi seringkali tertawa dalam tidur atau yang disebut hypnogely. Lucu sih, tapi apakah kejadian ini normal? Berikut Popmama.com merangkum penjelasannya, dilansir dari healthline.com:
 

Memahami Siklus REM (Rapid Eye Movement)

Memahami Siklus REM (Rapid Eye Movement)
Pexels/Pixabay

Untuk mengerti fenomena ini, marilah kita menelisik lebih jauh tentang REM. REM atau rapid eye movement merupakan fase di mana manusia bermimpi. Terjadi sekitar 1-1,5 jam saat manusia mulai tertidur. Dilansir dari webmd.com, saat memasuki fase REM, mata manusia bergerak sangat cepat ke arah yang berbeda. Gelombang otak pun bervariasi tetapi hampir menyerupai saat kita dalam keadaan sadar. 

Tertawa saat tidur biasanya terjadi pada fase REM, walaupun tidak menutup kemungkinan pula terjadi pada fase non-REM. Kondisi ini juga sering dikaitkan dengan parasomnia, yaitu kelainan yang menyebabkan gerakan abnormal, persepsi atau emosi yang terjadi saat tidur.

Editors' Picks

Mengenal Parasomnia

Mengenal Parasomnia
rawpixel.com/McKinsey
Mitos fakta posisi tidur bayi

Tertawa dalam tidur bisa juga terjadi pada fase non-REM, yang berada di tengah-tengah fase tertidur dan terjaga. Kondisi ini disebut parasomnia.

Yang termasuk dalam parasomnia adalah berjalan dalam tidur dan teror tidur. Kejadian ini umumnya berlangsung kurang dari satu jam. Parasomnia sering terjadi pada anak-anak, tetapi juga bisa terjadi pada orang dewasa.

Parasomnia disebabkan oleh, antara lain:

  • Genetika,
  • penggunaan obat yang mengandung penenang,
  • kurang tidur,
  • perubahan jadwal tidur,
  • stres.

Bayi Tertawa Saat Tidur, Bentuk Refleks Respon Terhadap Mimpi

Bayi Tertawa Saat Tidur, Bentuk Refleks Respon Terhadap Mimpi
Freepik/Javi_indy

Sebetulnya, tertawa saat tidur bukanlah hal yang mengkhawatirkan. Yang sering terjadi, hal ini merupakan fenomena fisiologis yang tidak berbahaya. 

Meskipun begitu, para peneliti masih belum menemukan hal pasti penyebab bayi tertawa dalam tidurnya. Apakah mereka bermimpi, meskipun mereka mengalami fase tidur REM yang disebut tidur aktif. 

Sejauh ini, para peneliti meyakini bahwa bayi tertawa saat tidur merupakan refleks respon terhadap mimpi. Contohnya, saat bayi dalam fase REM. Ketika menjalani jenis tidur ini, tubuh mereka secara tak sadar bergerak-gerak yang mungkin berkontribusi pada senyum dan tawa bayi. 

Kapan Saatnya Membawa Bayi ke Dokter?

Kapan Saat Membawa Bayi ke Dokter
Freepik/javi_indy

Meskipun merupakan hal yang wajar, tetapi orangtua perlu jeli mengawasi fenomena yang terjadi. Jika Mama sering mendapati hal ini terjadi teratur, beberapa kali dalam sehari, disertai tatapan kosong, atau terjadi dengan gerakan tubuh menggeliat atau mendengkur yang terlihat janggal, konsultasikan dengan dokter anak Anda. 

Mendiagnosis kondisi ini cukuplah rumit, dan dokter akan menggali lebih banyak situasi yang terjadi. Tak menutup kemungkinan juga dokter akan menjalankan beberapa tes diagnostik untuk memastikan apa yang sedang terjadi. 

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.