Bernutrisi untuk Kulit, Inilah 6 Bahan Alami untuk Merawat Kulit Bayi

Perawatan kulit dengan bahan alami ini relatif aman untuk bayi

2 Maret 2021

Bernutrisi Kulit, Inilah 6 Bahan Alami Merawat Kulit Bayi
Freepik/alexander_safonov

Setiap ibu menginginkan yang terbaik untuk bayi. Tetapi harus diakui, merawat kesehatan bayi tak semudah yang dibayangkan. Bagi para ibu baru mungkin merasa kebingungan, harus menggunakan bahan atau produk apa untuk merawat kesehatan kulit bayi?

Tak hanya menggunakan produk yang dibuat oleh pabrikan, melainkan Mama juga bisa mengandalkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Apa sajakah itu? Berikut Popmama.com merangkum daftarnya, dilansir dari Firstcry:

1. Minyak almond

1. Minyak almond
Pixabay/Rabbixel

Bayi Mama sering mengalami gatal-gatal? Minyak almond bisa menjadi solusinya. Minyak almond membantu penyerapan kelembapan dan membantu meminimalkan kehilangan air dari kulit. Memijat bayi dengan minyak almond juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga sangat bermanfaat untuk relaksasi bayi.

2. Shea butter

2. Shea butter
Freepik/Mikeos

Shea butter berasal dari buah pohon karite. Berasal dari Afrika, shea butter memiliki kegunaan mirip dengan minyak kelapa pada kulit. 

Shea butter sangat bagus untuk kulit bayi karena memiliki lemak dan vitamin essensial yang menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga mengurangi rasa gatal dan kering. Ini dikarenakan shea butter merangsang produksi kolagen berkat asam linoleat, oleat, dan stearat yang dikandungnya. 

Editors' Picks

3. Tepung jagung alami

3. Tepung jagung alami
Freepik/Jcomp

Pati jagung alami atau tepung jagung alami punya sifat menyerap kelembapan. Bahan ini mengandung vitamin dan mineral yang dapat melapisi kulit serta membantu kulit agar tetap lembap. 

Tepung jagung merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan bedak tabur yang dibuat pabrikan, yang mengandung bubuk talkum yang berbahaya bagi pernapasan bayi. Gunakan tepung jagung alami untuk mengobati ruam popok si Kecil.

4. Minyak zaitun

4. Minyak zaitun
Freepik

Kita semua tentu sudah mendengar keajaiban minyak zaitun untuk kesehatan, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tentu saja minyak ini dapat digunakan oleh si Kecil, Ma. Minyak zaitun mendorong pertumbuhan sel kulit baru dan baik digunakan sebagai minyak pijat yang melembapkan kulit. Jika digunakan secara teratur, minyak zaitun dapat menghidrasi kulit dan meregenerasi jaringan kulit. Jenis minyak alami ini termasuk minyak yang ringan untuk kulit bayi.

5. Lidah buaya

5. Lidah buaya
Freepik

Apakah Mama pengguna lidah buaya untuk skincare sehari-hari? Jika ya, bahan ini juga dapat diterapkan untuk perawatan kulit bayi mama lho. Enzim alami dalam lidah buaya bermanfaat untuk mengontrol peradangan, yang membuatnya menjadi bahan yang sangat manjur untuk mengatasi eksim pada bayi. Selain itu, lidah buaya dapat mengurangi gatal dan memberikan kenyamanan pada kulit bayi yang digigit serangga. 

6. Minyak jojoba

6. Minyak jojoba
Freepik

Minyak jojoba terbuat dari ekstrak biji tanaman jojoba yang disebut Simmondsia chinensis. Minyak alami ini banyak digunakan sebagai bahan kosmetik. Penggunaan minyak jojoba untuk bayi baik bagi yang berkulit sensitif. Minyak ini ringan, mengandung bahan anti bakteri, dan cocok untuk perawatan kulit bayi dengan eksim, psoriasis, dan cradle cap

Itu dia enam bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kulit bayi mama. Bahan-bahan ini mudah ditemukan di toko atau pun online shop di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.