5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memandikan Bayi

Penting sekali diperhatikan, khususnya bagi para orangtua baru

18 April 2019

5 Kesalahan Sering Dilakukan Saat Memandikan Bayi
flickr.com/Abi Porter

Memandikan bayi menjadi salah satu pengalaman yang seru, terutama bagi orangtua baru. Namun, yang sering tidak dipahami, memandikan bayi tidak sama dengan cara mandi orangtua atau anak yang lebih besar. Karena itu, banyak Mama yang seringkali melakukan kesalahan yang mungkin tidak disadarinya. Apa sajakah itu? 

Popmama.com merangkum infonya untuk Mama.

1. Terlalu sering memandikan bayi

1. Terlalu sering memandikan bayi
Pixabay/nguyenhuyentrang17280

Suatu hal yang wajar jika setiap Mama menginginkan bayinya selalu dalam keadaan bersih. Namun, terlalu sering memandikan si Kecil dapat menyebabkan kulitnya menjadi kering.

Terlalu sering mandi mengikis minyak alami pada kulit. Akibatnya kulit pun kering. Hal ini bisa berakibat rasa gatal dan iritasi yang sudah pasti akan membuat bayi Mama merasa tidak nyaman. 
 

2. Tidak mengeringkan tubuh bayi dengan benar

2. Tidak mengeringkan tubuh bayi benar
flickr.com/david_martin_foto

Kesalahan lain yang sering dilakukan orangtua adalah tidak mengeringkan kulit bayi dengan benar dari kepala hingga ujung kaki setelah acara mandi selesai. Padahal, sangat lah penting memastikan bahwa area telinga dan lipatan kulit bayi benar-benar kering sebelum ia memakai baju.

Kulit yang lembap dapat meningkatkan risiko infeksi jamur yang akan sangat mengganggu kenyamanan si Kecil. Pilihlah handuk yang lembut supaya tidak melukai kulitnya ya, Ma. 

Editors' Picks

3. Terlewat membersihkan area penting

3. Terlewat membersihkan area penting
Freepik/Freepic.diller

Meski bayi memang tidak perlu dimandikan setiap hari, tetapi ia memiliki bagian-bagian yang harus bersih. Terutama saat selesai buang air. Tak jarang beberapa orangtua terlewat untuk membersihkan area penting pada bayi, seperti misalnya lipatan kulit. Lipatan kulit yang kotor tidak hanya menyebabkan terjadinya ruam popok, tetapi juga dapat meningkatkan terjadinya risiko terjadinya infeksi dan penyakit lainnya.

4. Terlalu berlebihan memakai sabun

4. Terlalu berlebihan memakai sabun
Pixabay.com/pavelkraus

Bukannya membuat  tubuh wangi, terlalu banyak menggunakan sabun justru akan menimbulkan masalah baru pada kulit bayi. Misalnya, iritasi kulit.

Penting untuk diketahui, tidak semua sabun dapat bekerja dengan baik pada kulit bayi, sekalipun itu sabun khusus bayi. Sebab, ada banyak kandungan di dalamnya yang dapat membuat kulit bayi menjadi kering, misalnya Sodium Laureth Sulfate (SLS).
 

5. Mengabaikan suhu air

5. Mengabaikan suhu air
pixabay.com/amyelizabethquinn

Dengan berbagai alasan, seringkali orangtua memandikan bayi di bawah keran yang mengalir. Padahal, mandi dengan air yang dingin mungkin akan mengejutkan bayi dan membuatnya merasa tidak nyaman. Sementara itu, memandikannya dengan air yang terlalu panas akan membuat kulitnya terbakar. Karenanya, sangat penting untuk menjaga suhu air yang pas agar bayi tetap nyaman saat dimandikan, ya Ma.

Memandikan bayi sebenarnya adalah waktu yang tepat untuk bonding dengan sang Buah Hati. Sayangnya, banyak orangtua yang tidak memanfaatkan waktu bonding ini dengan baik, melainkan hanya menganggapnya sekedar rutinitas belaka. Karena itu, ambilah waktu sejenak untuk benar-benar mendekatkan diri pada si Kecil melalui aktivitas ini dan tentunya jangan sampai melakukan kesalahan yang sama lagi ya, Ma.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!