Menyembuhkan Ruam, Ini 4 Manfaat Memandikan Bayi Pakai Campuran ASI

Stok ASI Mama berlebih dan kondisinya masih baik, mengapa tidak digunakan untuk memandikan bayi?

27 Januari 2020

Menyembuhkan Ruam, Ini 4 Manfaat Memandikan Bayi Pakai Campuran ASI
pixabay.com/Scoozy

ASI merupakan sumber kehidupan bagi bayi. Tak heran jika ASI disebut-sebut sebagai 'liquid gold' karena memang manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan bayi. 

ASI mampu mencukupi kebutuhan nutrisi bayi secara menyeluruh hingga ia berusia 6 bulan. Dilansir dari firstcry.com, ASI mengandung 3-5 persen lemak, 0,8 hingga 0,9 persen protein, 6,8 hingga 7,2 karbohidrat, serta 0,2 persen vitamin dan mineral.

Kandungan lemak pada ASI serupa dengan lemak yang digunakan untuk bahan kosmetik dan perawatan kulit, seperti pelembap kulit dan rambut. Melihat komposisinya yang baik untuk menutrisi tubuh, banyak orang yang bertanya-tanya, "Apakah ASI bisa dicampurkan untuk mandi bayi?"

Jawabannya: ya. Berikut beberapa manfaat mencampurkan ASI ke dalam air mandi bayi dan cara pakainya menurut Popmama.com.

1. Menyembuhkan bercak kulit dan jerawat

1. Menyembuhkan bercak kulit jerawat
celarfection.com

ASI mengandung asam laurat yang merupakan jenis asam lemak yang juga ditemukan dalam minyak kelapa. Asam ini bersifat antibakteri dan dapat membantu melawan jerawat.

Kandungan asam laurat juga dapat membantu mengurangi bintik dan bercak serta mengatasi perubahan warna kulit bayi. 

2. Melembapkan kulit kering dan mengurangi gatal

2. Melembapkan kulit kering mengurangi gatal
freepik.com/zilvergolf

ASI mengandung asam palmitat, jenis asam lemak jenuh yang merupakan pelembap yang sangat baik. Di dalam ASI juga terdapat asam oleat yang ditemukan dalam jaringan manusia.

Asam oleat ini melembapkan dan menyembuhkan kulit kering. Mandi menggunakan campuran ASi dapat meringankan gatal dan mengatasi kulit kering pada bayi.

Editors' Picks

3. Menenangkan ruam popok dan iritasi kulit

3. Menenangkan ruam popok iritasi kulit
Freepik/Zilvergolf

Antibodi dalam ASI dapat menenangkan rasa panas dan gatal akibat ruam popok dan iritasi kulit. Mandikan bayi Mama menggunakan campuran ASI dua kali seminggu untuk menenangkan kulit yang meradang.

Berapa Banyak Takaran ASI yang Digunakan untuk Memandikan Bayi?

Berapa Banyak Takaran ASI Digunakan Memandikan Bayi
Freepik/Zilvergolf

Sebetulnya, tak ada takaran pasti dalam melakukan ritual mandi ini. Namun, agar ASI ibu efektif, usahakan agar air mandi cukup keruh akan ASI.

Jika Mama bingung takarannya, bisa menggunakan sekitar 180-300 ml ASI. Air hangat dan ASI serta campuran oatmeal dapat menjadi ramuan air mandi yang baik untuk merawat kulit bayi.

Seperti Apa Jenis ASI yang Bisa Digunakan untuk Mandi?

Seperti Apa Jenis ASI Bisa Digunakan Mandi
todaysparent.com

Terkadang, stok ASI yang melimpah terbuang sia-sia karena batas kedaluwarsa. Selama ASI tersebut tidak berbau atau terasa asam, Mama bisa menggunakannya untuk campuran air mandi bayi. Hindari menggunakan ASI yang sudah berbau menyengat, apalagi berjamur. 

Memandikan bayi dengan campuran ASI tak perlu dilakukan setiap hari. Cukup 2-3 kali seminggu, terutama untuk bayi yang punya masalah dengan ruam popok dan eksim. Semoga informasi ini menginspirasi ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.