Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan 3 Minggu: Serunya Mengenal Warna!

Seperti apa perkembangan bayi usia 5 bulan 3 minggu? Mengenal pertumbuhan cepat si Kecil

12 September 2019

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan 3 Minggu Seru Mengenal Warna
Pexels.com/Bingo Theme

Perkembangan motorik si Kecil makin mengagumkan di usia 5 bulan 3 minggu ini. Kemampuannya menemukan obyek-obyek kecil dan mengikuti gerakan semakin baik. Di titik ini, ia telah dapat menyadari bentuk obyek setelah melihat sebagian bentuknya. Misalnya: mainan favorit yang tersembunyi di balik bantal. Hal ini bisa menjadi dasar permainan cilukba yang menyenangkan baginya di kemudian hari.

Kemampuannya meraih benda juga semakin baik. Saat Mama memegang mainan favoritnya, ia mungkin akan memajukan tangan dan meraihnya dengan tepat.

Di usia ini Mama bisa mulai memperkenalkannya tentang warna-warna, mulai dari warna terang hingga warna pastel. Membacakan buku dengan gambar dan warna-warna yang menarik bisa jadi langkah yang baik, Ma.

Kehidupan Orangtua: Melibatkan Pengasuh Bayi

Kehidupan Orangtua Melibatkan Pengasuh Bayi
atlantisthepalm.com

Memperkerjakan pengasuh untuk menjaga bayi merupakan keputusan besar. Terlebih pada fase mencari dan menemukan pengasuh yang tepat, saat Mama harus meninggalkan bayi tanpa ada keluarga yang bisa menjaga si Kecil. Cobalah mencari referensi pengasuh dari teman, tetangga atau orangtua baru lainnya. Bisa melalui agen atau pun kerabat pengasuh lainnya. 

Mencari pengasuh yang tepat dan berpengalaman memang tak mudah, terlebih di Indonesia. Padahal pengasuh bukan hanya sekedar menjaga dan mengajak bermain bayi. Lebih dari itu, sebaiknya pengasuh memiliki bekal dasar pengetahuan pertolongan pertama pada kondisi darurat. P3K dan pernapasan bayi, misalnya. 

Sebaiknya lakukan wawancara terhadap calon pengasuh untuk mengetahui kepribadian, kualifikasi dan karakternya. Perhatikan bagaimana ia berinteraksi dengan bayi Mama. Selain itu, pertimbangkan masalah usia. Jika pengasuh masih terlalu muda, risikonya cukup besar meninggalkan ia sendiri bersama bayi Mama di rumah. Untuk pengasuh yang masih muda, bisa diperkerjakan sebagai asisten yang membantu Mama merawat si Kecil.
 

Editors' Picks

Grafik Pertumbuhan Bayi dan Pertumbuhan Cepat

Grafik Pertumbuhan Bayi Pertumbuhan Cepat
Babyrulestheworld.com

Dalam setiap kunjungan rutin, dokter akan mengukur berat, panjang dan lingkar kepala bayi kemudian membandingkannya dengan rata-rata pengukuran sebelumnya dan rata-rata pertumbuhan umum. Jika disinyalir terdapat penyimpangan dari perbandingannya, berarti ada masalah. Masalah tersebut bisa jadi karena penyerapan nutrisi, penyakit atau masalah perkembangan lainnya. 

Kalkulator presentil pertumbuhan akan memberi tahu Mama di mana letak peringkat bayi mama pada grafik pertumbuhan. Ini adalah cara membandingkan pertumbuhan bayi Mama dengan bayi lain, dalam negeri. Misalnya: 25 persen bayi dengan usia dan jenis kelamin yang sama di Indonesia memiliki berat yang sama atau kurang, dan 75 persen memiliki berat lebih. Persentil pertumbuhan antara angka lima hingga 95 dianggap normal.

Yang perlu diingat, tiap bayi tumbuh dengan kecepatannya masing-masing. Lonjakan pertumbuhan mungkin mempercepat pertumbuhannya sebulan atau setahun dari grafik, kemudian naik level berikutnya. Faktor lain adalah gen, tingkat perkembangan, temperamen dan juga aktivitasnya. Jika Mama mengkhawatirkan pertumbuhan si Kecil, bicarakan dengan dokter agar ditemukan penyebab atau jika ada hal yang perlu dikhawatirkan seputar pertumbuhannya.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;