5 Rekomendasi Gendongan untuk Bayi Baru Lahir yang Nyaman dan Aman

Beragam modelnya, sesuaikan dengan budget dan kenyamanan mama dan si Kecil

25 Maret 2021

5 Rekomendasi Gendongan Bayi Baru Lahir Nyaman Aman
Pexels/Laura Garcia

Salah satu hal yang pasti dilakukan semua mama terhadap bayinya adalah menggendong. Ya, menggendong adalah hal yang membuat bayi merasa nyaman dan memberi kesempatan kontak fisik yang intim antara bayi dengan orangtuanya. 

Meskipun begitu, bagi sebagian mama, menggendong bayi adalah hal yang cukup melelahkan, apalagi jika Mama harus melakukannya sambil mengerjakan aktivitas lain. Untuk itulah Mama memerlukan gendongan bayi yang tepat. 

Memilih gendongan bayi juga tak bisa sembarangan lho, Ma. Untuk bayi yang baru lahir, lehernya masih belum bisa tegak menyangga berat kepalanya. Oleh karena itulah, Popmama.com merekomendasikan lima gendongan bayi baru lahir yang bisa Mama coba berikut ini:

1. Boba Wrap

1. Boba Wrap
thesleepstore.com.au

Gendongan yang satu ini sangat mudah digunakan karena model wrapnya yang praktis. Boba wrap dapat digunakan sejak bayi baru lahir. Gendongan ini dapat mendekap erat tubuh bayi sehingga mendukung skin to skin contact dengan sang Mama. 

Boba Wrap menitikberatkan berat badan bayi ke beberapa titik di pundak dan pinggang sehingga Mama tidak mudah merasa capek saat menggendong bayi. Terbuat dari 95 persen katun dan lima persen spandex, Boba Wrap dapat dibeli dengan harga mulai Rp 350 ribuan.

Editors' Picks

2. Cuddle Me Ring Sling

2. Cuddle Me Ring Sling
blibli.com

Gendongan ring sling adalah gendongan yang dapat diatur panjang-pendek talinya lewat ring yang disematkan di ujungnya. Gendongan dari Cuddle Me ini contohnya. Cocok untuk bayi baru lahir, Cuddle Me Ring Sling dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh bayi serta kenyamanan mama. Terbuat dari katun bambu yang lembut, nyaman, dan dingin. Ring-nya pun telah tersertifikasi sehingga kuat menahan beban dan tanpa celah.

Cuddle Me Ring Sling dapat dibeli dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 100ribuan.

3. Ergobaby 360 All Positions Baby Carrier Cool Air Mesh

3. Ergobaby 360 All Positions Baby Carrier Cool Air Mesh
blibli.com

Siapa yang tak kenal dengan merk Ergobaby? Ergobaby terkenal akan aneka jenis gendongannya yang berkualitas. Begitu pula dengan Ergobaby 360 All Positions Baby Carrier Cool Air Mesh ini.

Meski dibanderol dengan harga mencapai Rp 3 jutaan, gendongan yang satu ini terbuat dari bahan berkualitas yang kokoh tetapi tetap nyaman. Jaring di bagian tengahnya memberikan sirkulasi udara saat si Kecil berada dalam gendongan. Dilengkapi pula dengan penutup kepala untuk menghindarkan bayi dari panas dan menutupi saat bayi menyusu di tempat umum. 

    4. Pognae Orga Plus

    4. Pognae Orga Plus
    blibli.com

    Orga Plus merupakan gendongan praktis yang bisa dijadikan investasi dalam jangka waktu lama. Pasalnya, gendongan ini dapat digunakan sejak bayi baru lahir sampai usia tiga tahun. Orga Plus memiliki hip seat yang dapat dilepas-pasang sehingga fleksibel dengan gaya menggendong apapun. Mulai dari menghadap depan, duduk samping menghadap Mama, hingga side hold carry untuk pemula.

    Produk ini terbuat dari 100 persen bahan bambu organik. Dilengkapi dengan laundry bag untuk pencucian saat di mesin cuci, Orga Plus juga menyediakan  travel bag untuk penyimpanan gendongan bayi ketika bepergian. Siapkan budget sekitar Rp 2,5 juta untuk memiliki gendongan multifungsi ini.

    5. We Made Me - Soohu Sling Lite

    5. We Made Me - Soohu Sling Lite
    carousell.com

    Menggendong bayi baru lahir itu cukup tricky. Oleh karena itu, penting memiliki gendongan yang multifungsi seperti Soohu Sling Lite ini. Saat bayi masih kecil, ia bisa digendong dengan posisi ditidurkan. Ketika tubuhnya bertambah besar, Mama bisa mengubahnya  menjadi gendongan dengan posisi duduk. 

    Soohu Sling Lite dilengkapi dengan apron menyusui sehingga lebih praktis ketika Mama harus menyusui di tempat umum. Terbuat dari 100 persen katun, Soohu Sling Lite dapat menahan berat badan bayi dari 3,6 kg hingga 15 kg.

    Soohu Sling Lite dibanderol dengan harga sekitar Rp 800 ribuan.

    Itu dia lima rekomendasi gendongan bayi baru lahir yang bisa Mama pilih. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan ya, Ma. Semoga informasi ini membantu. 

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.