Serba-serbi Menyusui Anak Kembar yang Perlu Mama Tahu

Kira-kira, stok ASI Mama bakal cukup untuk menyusui dua bayi sekaligus nggak ya?

28 Januari 2020

Serba-serbi Menyusui Anak Kembar Perlu Mama Tahu
youtube/twinloveconcierge

Memiliki anak kembar merupakan anugerah yang luar biasa. Dua anak lahir dan bertumbuh dalam satu waktu, tentu butuh persiapan ekstra dalam merawat mereka. Terutama jika Mama memutuskan untuk menyusui si Kembar, tanpa bantuan susu formula.

Apa saja yang perlu dipersiapkan? Berikut Popmama.com merangkum serba-serbi menyusui anak kembar, dilansir dari mayoclinic.org:

Manfaat Menyusui Anak Kembar

Manfaat Menyusui Anak Kembar
Pexels/Pixabay

ASI mengandung nutrisi baik yang berimbang untuk kesehatan bayi. Antibodi yang terkandung dalam ASI akan meningkatkan sistem imun si Kecil. 

Kebanyakan bayi kembar dua atau lebih dilahirkan dalam kondisi prematur dan ASI mengandung manfaat istimewa untuknya. ASI lebih mudah dicerna ketimbang susu formula, terutama bagi bayi prematur yang sistem pencernaannya belum sempurna. 

Selain manfaat nutrisinya, memberikan ASI langsung dari payudara ke bayi akan meningkatkan ikatan batin mama dengan si Kembar.

Apakah Bisa Menyusui Dua Bayi Sekaligus?

Apakah Bisa Menyusui Dua Bayi Sekaligus
Freepik/Zilvergolf

Saat mulai pertama kali menyusui si Kembar, sebaiknya Mama menyusuinya bergantian satu-satu. Cara ini perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa baik proses pelekatan tiap bayi dan juga jika terjadi masalah-masalah lain seputar proses menyusui yang perlu mendapat perhatian khusus. 

Setelah pola menyusu tiap bayi diketahui dan tidak ada masalah yang berarti, Mama bisa menyusui dua bayi sekaligus. Beberapa ibu merasa dengan menyusui dua bayi sekaligus lebih menghemat waktu. Namun, yang harus diperhatikan tetaplah kenyamanan, baik itu tiap bayi maupun mama sendiri. Karena ada bayi-bayi tertentu yang lebih suka disusui sendiri-sendiri. Cobalah berbagai metodenya hingga ditemukan mana cara menyusui yang terbaik.

Editors' Picks

Apakah Produksi ASI Mencukupi untuk Menyusui Dua Bayi Sekaligus?

Apakah Produksi ASI Mencukupi Menyusui Dua Bayi Sekaligus
Pixabay/Karen Warfel

Tubuh kita bekerja dengan sangat ajaib sehingga produksi ASI mama tetap bisa memenuhi kebutuhan untuk dua orang bayi, selama kondisi kesehatan mama baik. Untuk memastikan produksi ASI mencukupi, berikut beberapa tipsnya:

  • Susui bayi segera setelah melahirkan atau sekurang-kurangnya 8-12 kali setiap 24 jam. Semakin sering Mama menyusui, maka semakin banyak ASI yang akan diproduksi
  • Jika Si Kembar lahir prematur dan tidak mampu menyusu langsung di payudara Mama, segera pompa ASI untuk mendapatkan persediaan ASI.
  • Tawarkan sisi payudara yang berbeda kepada setiap bayi setiap kali menyusui. Setiap bayi memiliki gaya menyusu yang berbeda dan mengganti posisinya bergiliran akan memberi bayi pemandangan berbeda yang dapat merangsang penglihatan mereka.
  • Selalu bawa bayi ke payudara Mama daripada membungkuk atau condong ke depan untuk membawa payudara Mama ke bayi.

Bolehkah Mengkombinasikan ASI dengan Susu Formula?

Bolehkah Mengkombinasikan ASI Susu Formula
freepik.com

Menyusui eksklusif sangatlah disarankan. Jika setelahnya Mama memilih menyusui lewat botol sesekali, ASI yang diperah merupakan pilihan sehingga pemberian susu formula dapat dihindari atau ditunda.

Namun, sebagian ibu memilih menggabungkan pemberian ASI dan susu formula. Misalnya, mengganti satu atau lebih sesi menyusui dengan pemberian susu formula. 

Jika Mama memberikan susu formula kepada si Kembar, perlu diingat bahwa produksi ASI Mama mungkin mulai berkurang jika menyusui atau memompa kurang dari delapan hingga 10 kali dalam 24 jam. Konsultasikan kondisi ini dengan dokter Mama dan ahli laktasi. Mungkin dokter atau ahli laktasi akan memberikan beberapa alternatif yang terbaik agar nutrisi si Kembar tetap terpenuhi dengan baik. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!