4 Tips Memilih Baby Cribs yang Aman dan Tepat

Baby cribs alias boks bayi berpotensi menimbulkan kecelakaan jika tak tepat. Bahaya banget!

22 Juni 2019

4 Tips Memilih Baby Cribs Aman Tepat
womenintheworld.com

Kehadiran buah hati pastinya jadi saat yang paling dinantikan oleh kedua orangtua. Berbagai persiapan dilakukan, termasuk juga membeli berbagai perlengkapannya termasuk baby cribs alias boks bayi. 

Penting untuk diketahui, memilih boks bayi tidak hanya karena bentuknya yang cantik atau harganya yang mahal. Lebih dari itu, boks bayi perlu mempertimbangkan faktor keamanannya. 

Lantas, bagaimana sih cara memilih baby cribs yang aman dan tepat untuk bayi? Dilansir dari healthychildren.org, berikut 4 hal penting yang harus diperhatikan orangtua sebelum membeli baby cribs.
 

1. Pilih ukuran yang sesuai

1. Pilih ukuran sesuai
Pixabay/PublicDomainPictures

Saat memilih baby cribs utamakan faktor kenyamanan bayi. Pilihlah baby cribs yang sesuai dengan ukuran tubuh bayi dan ukuran baby cribs itu sendiri. Ukuran ini juga meliputi kasur yang harus sangat kencang terpasang, di mana tidak ada ruang di antara baby cribs dengan dinding yang akan membuatnya mudah melorot saat si Kecil bergerak.

Sebaiknya, pilih baby cribs yang dapat digunakan untuk jangka panjang.

2. Periksa teliti celah-celah keamanan

2. Periksa teliti celah-celah keamanan
pinkandbluemag.com

Demi keselamatan si Kecil, penting bagi orangtua untuk mengutamakan dan memeriksa keamanan baby cribs yang akan menjadi tempat aktivitas bayi sepanjang hari. Pilih baby cribs dengan memperhatikan celah-celah keamanannya. Sebaiknya, jarak antar kisi-kisi pagar satu sama lain tidak lebih atau kurang dari 6 cm. Jarak inilah yang tergolong aman mencegah kepala, tangan atau pun kaki bayi terjepit di antaranya. 

Editors' Picks

3. Perhatikan mekanisme penggerak baby cribs

3. Perhatikan mekanisme penggerak baby cribs
rawpixel.com/McKinsey
Mitos fakta posisi tidur bayi

Pastikan memilih desain boks yang aman, sesuai fungsi, serta nyaman bagi bayi. Disarankan  memilih desain baby cribs tanpa roda untuk mencegah baby cribs bergeser dan berguncang saat si Kecil bergerak. 

Selain itu, hindari memilih pintu baby cribs dengan sistem buka-tutup atas-bawah karena jenis pintu ini tidak aman jika tuas pengaitnya terlepas.

Jika memilih baby cribs dengan bahan kayu, pastikan untuk mencari bahan yang tidak beracun atau teksturnya halus seperti bahan kayu mahoni. 

4. Pilih alas kasur yang nyaman

4. Pilih alas kasur nyaman
Pexels.com/Alicia

Baby cribs yang dipilih harus dipadukan dengan kasur atau alas tidur yang empuk, tetapi cukup nyaman sehingga tidak menimbulkan gangguan pada punggung bayi. Jika membeli baby cribs bekas, usahakan mengecek dan merenovasi ulang untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat pemakaian. Misalnya: cat terkelupas, pagar renggang, kondisi tidak kokoh, dan lain sebagainya. 

Selain itu yang tak kalah penting adalah jangan mengisi baby cribs bayi dengan berbagai macam hiasan dekoratif dan barang-barang tak penting. Meski menimbulkan kesan yang menggemaskan, barang-barang ini dapat membatasi ruang gerak, berbahaya dari sisi keamanan dan keselamatan si Kecil. 

Nah, itu tadi kelima tips untuk memilih baby cribs yang aman dan tepat untuk buah hati kesayangan. Semoga bermanfaat bagi persiapan kelahiran si Kecil ya, Ma.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;