TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mulut Bayi Mengeluarkan Gelembung saat Tidur, Ini Penyebabnya!

Pernahkah Mama melihat si Kecil mengeluarkan gelembut saat tidur dari mulutnya?

14 Agustus 2022

Mulut Bayi Mengeluarkan Gelembung saat Tidur, Ini Penyebabnya
Pexels/Pixabay

Mama mungkin sering memperhatikan si Kecil saat tengah tidur. Selain gemas, memandang wajah bayi saat tidur menjadi kebahagiaan tersendiri bagi Mama.

Namun, pernakah Mama melihat ada gelembung yang keluar dari mulut si Kecil saat ia tengah tidur? Jika Mama pernah melihat ada gelembung yang keluar dari mulut bayi ketika sedang tidur, jangan panik dulu, ya! Ternyata hal ini normal terjadi pada si Kecil, Ma.

Apa yang menyebabkan bayi mengeluarkan gelembung dari mulutnya saat tidur? Di bawah ini Popmama.comtelah merangkum jawabannya dari Rompers. Yuk, disimak!

Editors' Picks

Mengapa Bayi Baru Lahir Mengeluarkan Gelembung dari Mulutnya saat Tidur?

Mengapa Bayi Baru Lahir Mengeluarkan Gelembung dari Mulut saat Tidur
Freepik/freepic.diller

Gelembung yang dihasilkan bisa merupakan sisa ASI, sisa susu atau air liur yang ditiupkan si Kecil saat bernapas. Ketika bayi terlalu banyak menyusu, biasanya bayi akan lebih sering membentuk gelembung untuk mengeluarkan kelebihan susu tersebut.

Di samping itu, menurut dr. Jessica Madden, bayi baru lahir yang mengeluarkan gelembung saat tidur merupakan salah satu tanda perkembangan yang sehat bagi bayi. Menurutnya, keluarnya gelembung saat tidur merupakan hal normal dari perkembangan fungsi motorik-oral yang terjadi antara usia 3 dan 6 bulan.

Tak hanya itu, dr. Jessica Madden juga menyebutkan bahwa faktor posisi bayi saat tidur juga bisa menjadi penyebab mengapa bayi mengeluarkan gelembung saat tidur.

"Ketika mereka tidur tengkurap atau menyamping, air liur dapat dengan mudah terkumpul dan keluar melalui mulut mereka. Ini adalah alasan yang sama mengapa beberapa anak yang lebih tua dan orang dewasa ngiler ketika mereka tidur," ucapnya.

Pada posisi tidur telentang biasanya bayi tidak mengeluarkan gelembung, hal ini disebabkan karena saat bayi tidur telentang, air liur akan turun ke bagian belakang tenggorokan dan kemudian tertelan.

Apakah Bayi Baru Lahir Bisa Menghasilkan Gelembung Air Liur yang Berlebih?

Apakah Bayi Baru Lahir Bisa Menghasilkan Gelembung Air Liur Berlebih
Pinterest
Bayi sering mengeluarkan air liur

Menurut dr. Jessica Madden, bayi dilahirkan dengan kelenjar ludah, sehingga bayi akan membuat air liur dalam jumlah kecil setelah lahir.

Pada umumnya, bayi tidak akan menghasilkan gelembung air liur yang berlebihan sampai mereka berusia setidaknya dua hingga tiga bulan. Peningkatan air liur bisanya akan muncul di usia tiga hingga enam bulan dan seterusnya.

Bayi yang sering mengeluarkan air liur pada usia tiga hingga enam bulan merupakan suatu tanda bahwa si Kecil akan segera memiliki gigi pertamanya.

Selain itu, penyebab mengapa bayi menghasilkan air liur yang berlebih menurut dr. Jessica Madden adalah karena sedang flu.

Bayi yang hidungnya tersumbat karena flu memiliki kemungkinan lebih banyak mengeluarkan air liur ketika mereka tidur.

Apakah Hal Ini Harus Dikhawatirkan?

Apakah Hal Ini Harus Dikhawatirkan
Freepik.com/user18526052

Munculnya gelembung air liur dari mulut bayi saat tidur merupakan hal yang normal terjadi pada bayi. Selama tidak terlalu banyak meludah dan tidak mengganggu bayi, mengeluarkan gelembung air liur saat tidur menunjukkan bahwa bayi sedang dalam tahap berkembang.

Namun, jika tampak berlebihan, atau jika si Kecil tampak sakit, sebaiknya Mama membawakan si Kecil ke dokter anak untuk mengetahui apakah ada kondisi lain yang mengakibatkan gelembung air liurnya tampak berlebih.

"Setiap bayi baru lahir atau bayi (kurang dari 2 bulan) dengan banyak air liur perlu dievaluasi untuk memastikan mereka tidak memiliki masalah dengan menelan atau kerongkongan mereka," ucap dr. Jessica Meden.

Itu tadi alasan mengapa bayi mengeluarkan gelembung dari mulutnya saat tidur. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk