Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Tips agar Bayi Tidak Mudah Sakit saat Musim Hujan

Mama bisa mencegah si Kecil terkena penyakit selama musim hujan dengan tips ini!

28 Desember 2022

7 Tips agar Bayi Tidak Mudah Sakit saat Musim Hujan
Freepik/cookie_studio

Di musim hujan seperti sekarang ini, penyebaran bakteri penyebab penyakit semakin meningkat dan mudah masuk ke dalam tubuh.

Beragam gangguan kesehatan saat musim hujan seperti demam, batuk, flu, diare, dan DBD menjadi rentan dialami oleh banyak orang, terutama oleh bayi. Hal ini karena sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk secara sempurna.

Karena sistem kekebalan tubuh bayi belum sempurna, Mama perlu waspada dan mencegah si Kecil terkena penyakit selama musim hujan.

BerikutPopmama.comtelah rangkum dari beragam sumber mengenai tips agar bayi tidak mudah sakit saat musim hujan. Yuk, disimak Ma!

1. Pastikan tubuh bayi tetap bersih

1. Pastikan tubuh bayi tetap bersih
Pixabay/Victoria_Borodinova

Selama musim hujan, udara tentunya akan terasa dingin. Meski udara terasa dingin, bayi tetap perlu mandi dua kali sehari agar tubuhnya bersih dan tidak mudah sakit.

Saat Mama memandikan si Kecil, pastikan untuk membersihkan bagian lipatan tubuh yang rawan tumbuh jamur dan kuman seperti, leher, ketiak, dan area genital.

Setelah mandi, segera keringkan seluruh tubuh bayi menggunakan handuk hingga benar-benar kering, ya, Ma.

2. Kenakan baju yang nyaman pada si Kecil

2. Kenakan baju nyaman si Kecil
Freepik/freepic.diller

Setelah bayi mandi dan tubuhnya sudah kering, pakaian baju yang nyaman dipakai. Ada baiknya baju yang digunakan si Kecil adalah baju yang terbuat dari bahan katun.

Baju dari bahan katun dapat menyerap keringat dan mencegah kelembaban berlebih penyebab tumbuhnya jamur.

Selain itu, hindari juga bayi memakai baju yang pendek. Disarankan agar si Kecil memakai pakaian panjang agar tidak kedinginan.

Jika udaranya terasa dingin, Mama bisa memakaikan si Kecil baju yang hangat seperti jaket agar ia tidak merasa kedinginan dan tubuhnya tetap terasa hangat

Editors' Picks

3. Lindungi bayi dari gigitan nyamuk

3. Lindungi bayi dari gigitan nyamuk
Freepik/javi_indy

Di musim hujan, penyakit yang sering ditemukan adalah penyakit akibat nyamuk seperti demam berdarah. Oleh karena itu, bayi perlu dilindungi dari gigitan nyamuk agar nantinya tidak sakit.

Untuk melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk, pastikan ia memakai pakaian lengan panjang dan menggunakan lotion antinyamuk khusus bayi.

Nah, perlu diingat juga bahwa nyamuk berkembang biak dengan pesat di musim hujan. Untuk itu, Mama dan Papa juga perlu mengatasi genangan air yang berada di area rumah seperti di kamar mandi, halaman, dan di saluran air atau got.

4. Rutin bersihkan tangannya

4. Rutin bersihkan tangannya
Pexels/Andres Chaparro

Umumnya, bayi memiliki kebiasaan mengemut jari-jari tangannya. Kebiasaan itu wajar terjadi dan tidak bahaya. Namun perlu diingat juga bahwa jika tangan si Kecil dalam keadaan tidak bersih, maka kuman penyebab penyakit bisa masuk ke dalam mulut.

Untuk menghindari kuman berpindah dari tangan ke mulut, Mama harus selalu memastikan kebersihan tangan bayi.

Agar tidak mudah sakit, penting untuk membersihkan tangan bayi secara teratur dengan benar menggunakan sabun.

5. Jaga kebersihan rumah

5. Jaga kebersihan rumah
Freepik/rawpixel.com

Agar bayi tidak mudah sakit di musim hujan, penting untuk menjaga dan memastikan kebersihan rumah. Pastikan semua area di rumah termasuk halaman, kamar mandi, kamar tidur, dan terutama ruang yang sering ditempati bayi ada dalam keadaan bersih.

Ada baiknya lantai dibersihkan sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu dengan disinfektan untuk mencegah penyakit.

Selain itu, seperti sudah disebutkan sebelumnya, pastikan juga untuk Mama dan Papa membersihan saluran air dan memerhatikan genangan air yang terdapat di sekitar rumah .

6. Tingkatkan kekebalan tubuh bayi

6. Tingkatkan kekebalan tubuh bayi
Freepik/cookie_studio

Meningkatkan daya tahan tubuh bayi secara alami merupakan salah satu cara yang dapat Mama lakukan agar bayi tidak mudah sakit di musim hujan.

Apabila si Kecil masih berusia di bawah enam bulan dan belum bisa mengonsmsi makanan padat, maka cara terbaik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuhnya adalah dengan mengonsumsi ASI.

Sementara itu, jika si Kecil sudah berusia di atas enam bulan, Mama bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan memberikan bayi makanan pendamping ASI yang kaya akan nutrisi seperti sayur dan buah.

7. Hindari tempat yang ramai

7. Hindari tempat ramai
Pixabay/nguyentuanghung

Tempat yang ramai dikunjungi banyak orang seperti pasar dan mal, berisiko menjadi tempat penularan penyakit. Oleh karena itu, hindari untuk membawa atau mengajak si Kecil mengunjungi tempat yang ramai terlalu sering.

Jika memang bayi diharuskan pergi ke tempat yang ramai, pastikan tidak ada yang mendekati dan memegang bayi selain Mama. Lalu, setelah pulang ke rumah, cuci tangan dan juga segera ganti baju.

Itu tadi 7 tips agar bayi tidak mudah sakit saat musim hujan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk