Bayi Menunjukkan Gejala Sakit Kepala? Lakukan 6 Hal Ini!

Segera atasi aga tidak menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya

4 Agustus 2021

Bayi Menunjukkan Gejala Sakit Kepala Lakukan 6 Hal Ini
Freepik

Demam, flu, atau stres dapat memicu sakit kepala ringan pada orang dewasa, begitu pun pada bayi. Untuk menyikapi sakit kepala ringan pada bayi, tidak perlu langsung pergi ke dokter.

Mama bisa melakukan beberapa pertolongan pertama untuk meredakan sakit kepala ringan bayi dari rumah saja, lho! Penasaran? Simak informasi selengkapnya mengenai cara mengatasi sakit kepala pada bayi dalam artikel Popmama.com berikut ini.

1. Pastikan si Kecil terhidrasi

1. Pastikan si Kecil terhidrasi
Freepik/Javier Sánchez Mingorance

Salah satu pemicu sakit kepala dan beragam penyakit adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Untuk itu, jika bayi mulai menunjukkan gejala sakit kepala, Mama harus memastikan bayi terhidrasi baik dengan memberikan ASI atau tambahan air putih bagi bayi berusia enam bulan ke atas.

2. Kompres dengan air dingin

2. Kompres air dingin
Instagram.com/ambammm_xo

Bayi yang sakit kepala karena demam perlu pertolongan pertama untuk menurunkan suhu tubuhnya terlebih dahulu. Kompres dahinya dengan kain yang sudah dibasahi air hangat sebelumnya dan ganti setiap lima menit sekali.

Editors' Picks

3. Jaga kualitas istirahat si Kecil

3. Jaga kualitas istirahat si Kecil
Pexels/william-fortunato

Sama seperti orang dewasa, bayi juga dapat merasakan sakit kepala akibat kurang atau terlalu banyak tidur. Mama dapat membantu si Kecil istirahat lebih baik pada malam dan siang hari dengan menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman dan tenang.

Jika bayi rewel karena faktor kurang tidur hingga sakit kepala di siang hari, segera ajak bayi untuk tidur siang dengan nyaman.

4. Beri camilan

4. Beri camilan
Freepik

Pemicu sakit kepala ringan pada bayi lainnya adalah lapar. Jika jam makannya terlewat, bayi bisa merasa pusing dan menjadi rewel. Pada kasus ini, Mama bisa memberinya camilan atau makanan kecil untuk membantu meredakan lapar dan mengurangi sakit kepalanya.

Pastikan makanan kecil yang Mama berikan sehat dan aman untuk usianya ya, Ma.

5. Beri mainan untuk digigit

5. Beri mainan digigit
Instagram.com/playatwhim
Baby teether

Jika bayi mengalami sakit kepala akibat tumbuhnya gigi, memberikan mainan untuk digigit akan membantu meringankan rasa sakitnya meski untuk sementara. Jika sakit kepalanya kambuh pada jam makan atau di antaranya, berikan makanan yang dapat dikunyah seperti biskuit bayi.

6. Tenangkan bayi dengan sentuhan

6. Tenangkan bayi sentuhan
Instagram.com/hannahmarierooks
Cuddling with baby

Stres karena beradaptasi dengan lingkungan dan orang baru juga dapat menjadi pemicu sakit kepala pada bayi. Peluk dan gendong bayi jika ia terlihat gelisah sembari mengucapkan kata-kata yang menenangkan.

Mama akan terkejut betapa sentuhan kulit penuh cinta antara Mama dan bayi dapat memberi efek menenangkan yang luar biasa pada bayi.

Itu dia enam cara mengatasi sakit kepala pada bayi. Segera konsultasikan ke dokter bila sakit kepala tak kunjung reda dalam beberapa hari. Mana cara yang paling ampuh menurut Mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.