Si Kecil Mulai Belajar Makan Sendiri, Coba 5 Menu Sarapan Bayi ini!

Rekomendasi bahan utama untuk menu sarapan bayi 9 bulan

19 Januari 2021

Si Kecil Mulai Belajar Makan Sendiri, Coba 5 Menu Sarapan Bayi ini
Freepik

Pada usia 9 bulan, bayi seharusnya sudah mampu menggenggam potongan makanan kecil di antara ibu jari dan jari telunjuknya. Kemampuan ini memungkinkannya untuk mulai makan sendiri. Dengan begitu, Mama dapat mengamati si Kecil mengeksplor lebih jauh makanan yang Ia suka dan tidak suka.

Tidak perlu bingung menentukan menu sarapan yang mudah untuk dimakan sendiri oleh si Kecil, Mama bisa mulai dari 5 menu makanan dasar yang bisa Mama kombinasikan dengan bahan makanan lain untuk membantu eksplorasi makanan si Kecil.

Berikut Popmama.com rangkum lima menu sarapan untuk bayi usia sembilan bulan yang dapat Mama coba:

1. Buah bertekstur lembut

1. Buah bertekstur lembut
Freepik

Buah dengan tekstur lembut sangat baik untuk mengawali hari bayi, karena banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang akan menunjang sistem imun, kesehatan tulang, dan umumnya cukup manis untuk dinikmati bayi.

Mama bisa membuat berbagai kreasi menu seperti puree pisang, pudding beri, atau semangkuk campuran potongan buah kiwi, persik, jeruk mandarin, stroberi, dan anggur. Pastikan buah tidak mengandung biji lagi dan sudah dipotong kecil sehingga tidak berbahaya bagi si Kecil ya, Ma.

Editors' Picks

2. Roti dan biji-bijian

2. Roti biji-bijian
Freepik

Bayi usia sembilan bulan menyukai berbagai variasi roti dan biji-bijian. Mama bisa coba suguhkan menu roti panggang dengan potongan buah dan kayu manis di atasnya, atau semangkuk sereal untuk sarapannya.

Pastikan untuk memotong roti atau sereal bayi menjadi potongan kotak kecil sebesar jari kelingkingnya agar memudahkan untuk dimakan tanpa tersedak.

3. Telur

3. Telur
seriouseats.com

Kandungan protein yang kaya pada telur membuatnya menjadi menu yang baik untuk mengawali hari si Kecil. Dari satu bahan telur saja, Mama bisa membuat sangat banyak kreasi makanan seperti telur rebus, telur tim, omelet, telur dadar, dan lain sebagainya.

Perlu diingat bahwa telur adalah salah satu bahan makanan dengan potensi allergen yang cukup umum. Untuk itu, perhatikan betul reaksi tubuh bayi setelah mengonsumsi hidangan telur ya, Ma.

4. Kentang

4. Kentang
Freepik/dashu83

Menu lainnya yang mudah dicerna bayi sembilan bulan dan dapat dengan mudah dikreasikan dengan berbagai bahan makanan lain adalah kentang. Selain tekstur yang lembut, kentang juga menjadi sumber karbohidrat yang mengenyangkan.

Mama bisa membuat sajian kentang tumbuk (Mashed Potato) dengan campuran sayur-sayuran dan daging sapi untuk membangkitkan nafsu makan si Kecil di pagi hari.

5. Pasta

5. Pasta
Freepik/Topntp26

Selain kentang, Mama juga bisa menyuguhkan aneka pasta agar si Kecil tidak bosan. Bentuk pasta yang paling mudah dikonsumsi sendiri oleh bayi adalah makaroni. Karena sudah dalam potongan kecil, Mama tidak perlu repot memotong-motongnya lagi sebelum dihidangkan.

Mama juga bisa mengkreasikan hidangan makaroni dengan mencampur bahan tinggi lemak seperti keju, daging sapi, dan susu yang baik untuk pertumbuhan si Kecil.

Itu dia lima menu sarapan untuk bayi usia sembilan bulan. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.