TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Cara Membuat Minyak Kulit Ayam untuk MPASI Bayi

Selain tinggi lemak, minyak kulit ayam juga membuat MPASI semakin lezat

30 Oktober 2022

Cara Membuat Minyak Kulit Ayam MPASI Bayi
Freepik/user3802032

Banyaknya minyak yang dijual di pasaran untuk MPASI pasti membuat Mama bingung. Namun, pernahkah Mama berpikir untuk menggunakan minyak kulit ayam untuk MPASI bayi?

Selain tinggi lemak, minyak kulit ayam juga bisa membuat masakan mama semakin lezat. Karena kebutuhan lemak yang cukup banyak untuk MPASI bayi, penggunaan minyak dari kulit ayam bisa jadi alternatif untuk menghemat kantong.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara membuat minyak kulit ayam untuk MPASI bayi, Mama wajib menyimak artikel dari Popmama.com berikut ini, ya!

Seberapa Penting Lemak di MPASI bayi?

Seberapa Penting Lemak MPASI bayi
Freepik/cookie_studio

Bayi memerlukan 50 persen lemak dari total keseluruhan kalori yang ia butuhkan dalam satu hari. Kebutuhan lemak ini terus berlanjut sejak bayi mulai makan hingga usia 12 bulan.

Selain karena kebutuhan lemaknya yang banyak, penggunaan minyak bisa melezatkan masakan dan membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh, seperti vitamin A, D, E, dan K.

Lemak pun bisa didapatkan dari berbagai jenis bahan makanan ya, Ma, seperti kelapa, butter, daging, hingga kulit ayam.

Nah, agar tidak salah dalam menyiapkan minyak dari kulit ayam, Mama harus memahami langkah-langkah yang akan kita bahas setelah ini, ya.

Mempersiapkan Bahan untuk Membuat Lemak dari Kulit Ayam

Mempersiapkan Bahan Membuat Lemak dari Kulit Ayam
Freepik

Teknik membuat minyak dari kulit ayam ini juga disebut dengan schmaltz. Nah, cara membuatnya pun sederhana, Ma, hanya membutuhkan kulit dan lemak ayam, serta bawang bombay untuk memberikan aroma wangi.

Namun, kulit dan lemak ayam yang dibutuhkan cukup banyak ya, Ma, sekitar 3-4 cups. Sementara, bawang bombay yang dibutuhkan cukup satu saja yang berukuran sedang.

Untuk membuat minyak dari kulit ayam ini, pastikan Mama menggunakan panci anti lengket, ya. Penggunaan panci tersebut ini penting agar kulit ayam tidak lengket dan gosong.

Tahapan Membuat Minyak dari Kulit Ayam

Tahapan Membuat Minyak dari Kulit Ayam
Freepik /lifeforstock

Agar tidak salah dalam membuat minyak dari kulit ayam, Mama bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan bahan yang meliputi 3-4 cups kulit ayam dan satu buah bawang bombay berukuran sedang yang sudah dipotong sesuai selera.
  • Letakkan kulit yang sudah dicuci bersih ke panci anti lengket dan panaskan menggunakan api kecil. Aduk sesekali sampai minyak mulai keluar dan kulit ayam berubah warna menjadi cokelat.
  • Masukkan bawang bombay ke dalam kulit dan panaskan menggunakan api sedang. Aduk hingga kulit ayam menjadi kering tetapi tidak gosong.
  • Matikan api dan diamkan selama beberapa saat hingga minyak tak lagi panas.
  • Saring minyak dan masukkan ke dalam wadah kaca, kemudian simpan di kulkas. Minyak kulit ayam buatan Mama pun bisa digunakan hingga 6 bulan ke depan.

Nah, itu dia tadi cara membuat minyak kulit ayam untuk MPASI bayi, Ma. Meskipun waktu pembuatannya cukup lama, yaitu 50 menit, minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Apalagi, jika Mama membuatkan menu makanan nusantara.

Minyak dari kulit ayam tersebut bisa juga digunakan untuk memasak 16 kali makanan keluarga, Ma, dengan total 254 kalori per sajiannya.

Bagaimana, Ma? Apakah Mama tertarik membuat minyak dari kulit ayam untuk MPASI bayi? Jika iya, jangan lupa untuk mencoba resep di atas, ya. Semoga berhasil!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk