Cek Ini! 6 Tips Memilih Kaos Kaki untuk Bayi

Apa saja sih pertimbangan memilih kaos kaki untuk si Kecil?

16 Januari 2019

Cek Ini 6 Tips Memilih Kaos Kaki Bayi
Pexels/Pixabay

Kebutuhan akan kaos kaki bayi yang tetap ada membuat pasaran kian hari semakin berkreasi mengeluarkan produk dengan berbagai bentuk dan desain yang menggemaskan. Tak jarang, Mama akan tertarik membelinya untuk si Kecil, tanpa memerhatikan jenis material yang digunakan.

Tapi, hati-hati Ma! Membeli barang asal-asalan dapat membahayakan, lho. Apalagi karena kulit si Kecil yang sensitif rentan iritasi.  

Tak hanya memilih baju dan celana, Mama juga harus cermat memilihkan kaos kaki untuk si Kecil. Untuk itu, berikut Popmama.com telah merangkum tips memilihkan kaos kaki bayi.
 

1. Tahan lama, pastikan sesuai ukuran

1. Tahan lama, pastikan sesuai ukuran
morleyportrait.com

Kaos kaki harus kuat dan tahan lama untuk melayani kaki si Kecil. Mama harus pastikan kaos kaki untuk si Kecil pas di kakinya. 

Kaos kaki yang terlalu sempit berisiko menimbulkan iritasi. Karet kaos kaki yang terlalu ketat bisa menghambat peredaran darah ke arah telapak kaki dan menyebabkan gangguan pada tumbuh kembang si Kecil. 

Belum lagi, karena terlalu sempit, kaki menjadi tidak nyaman, mudah berkeringat, dan bisa menimbulkan jamur atau penyakit lainnya. 

Selaras dengan itu, kaos kaki terlalu besar juga bisa menyebabkan masalah. Kaos kaki longgar memungkinkan kaki terbuka karena kaos kaki yang terlepas. 

2. Perhatikan bahan

2. Perhatikan bahan
terenceturner.co.nz

Bahan-bahan kaos kaki harus dari bahan berkualitas baik seperti katun atau dipadukan dengan bahan lain seperti spandeks, nilon, poliester, dan elastane.

Kaos kaki yang kaya kapas membuatnya kuat dan tahan lama, lembut, bahan yang membuat kulit bernapas sehingga nyaman untuk bayi.

Selain itu, kaos kaki dengan bahan katun kombinasi, nilon dan spandeks sangat mudah dicuci dan tahan lama.

3. Elastisitas pada kaos kakinya

3. Elastisitas kaos kakinya
inclusivetrade.com

Sebagai Mama yang peduli, Mama harus mempertimbangkan kaos kaki yang memiliki elastisitas yang baik karena memberikan kenyamanan yang lebih baik selama pertumbuhan si Bayi.

Kaus kaki pergelangan kaki bayi anti selip terbuat dari campuran katun dan nilon, memiliki kemampuan peregangan dan elastis yang baik sehingga bagus untuk pertumbuhan bayi yang cepat.

Editors' Picks

4. Keamanan dan kenyamanan

4. Keamanan kenyamanan
cosytoes.co.nz

Prioritas Mama untuk memilih kaos kaki bayi terbaik, Mama tetap harus terlebih dahulu memerhatikan tingkat keamanan dan kenyamanan. 

Pastikan kaos kaki yang Mama beli memberikan kehangatan yang cukup selama musim dingin dan melindungi kakinya baik di dalam maupun di luar ruangan.

Kaos kaki juga harus aman untuk melindungi bayi saat berjalan di permukaan yang licin. Jangan pernah kompromi dengan faktor harga alih-alih kualitas. 

Kaos kaki rajutan bayi anti slip sangat cocok untuk bayi yang sering melepas kaus kakinya.

5. Perhatikan sirkulasi udara

5. Perhatikan sirkulasi udara
bonds.com.au

Kaus kaki anti selip tidak hanya membuat kaki si Kecil bernapas, tetapi juga memberikan kenyamanan dan kehangatan maksimum saat tidur dan selama bermain.

Bahan kaya campuran kapas lembut pada kaos kaki membuat kaki bisa bernapas dan menyerap keringat sehingga cocok untuk bayi mama.

6. Desain yang menarik

6. Desain menarik
coolmompicks.com

Tak ada salahnya Mama memerhatikan desain dan motif kaos kaki selama masih aman dan nyaman untuk si Kecil. 

Umumnya, kaos kaki bayi tersedia dalam berbagai gaya. Mama harus membeli jenis sporty kalau bayi laki-laki Mama lebih banyak bergerak dan desain yang lebih feminim untuk bayi perempuan Mama. 

Ada beberapa jenis desain yang tersedia yang dimaksudkan untuk memberikan daya tarik tambahan pada kaki kecil dan imut bayi mama. Kaos kaki yang modis juga menjadi bagian terpenting ketika Mama harus menggendong bayi mama di luar.

Untuk memiliki kaos kaki seperti itu, Mama tidak perlu selalu menghabiskan banyak uang. Yang Mama butuhkan hanyalah sedikit kreativitas dan kepedulian terhadap kaki si Kecil.

Bagaimanapun, Mama harus mengutamakan keamanan dan kenyaman dibanding penampilan kaos kaki si Kecil. Kualitasnya yang kurang biasanya sering terjadi utas kaos kaki itu mudah terlepas. Karenanya, Mama perlu melakukan uji coba dan mengetahui apakah kaos kaki bayi cocok dengan standar kualitas. Ini juga akan memberi tahu Mama apakah kaos kaki si Kecil sudah pas atau tidak.

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!