Apa Bedanya Imunisasi dan Vaksinasi? Orangtua Harus Paham

Masih sering keliru, ternyata ini perbedaan imunisasi dan vaksinasi

4 Juli 2024

Apa Beda Imunisasi Vaksinasi Orangtua Harus Paham
Freepik/EyeEm

Sebagai orangtua, penting untuk memahami perbedaan antara imunisasi dan vaksinasi, dua istilah yang sering digunakan dalam dunia kesehatan anak. 

Meskipun sering dianggap sama, vaksinasi dan imunisasi memiliki perbedaan mendasar yang penting untuk dipahami agar orangtua dapat memberikan perlindungan kesehatan yang optimal bagi anak-anak mereka.

Nah, apa perbedaan imunisasi dan vaksinasi? Untuk mengetahui jawabannya, simak informasi dari Popmama.com berikut ini.

Editors' Pick

Apa Itu Vaksinasi?

Apa Itu Vaksinasi
Freepik

Sebelum membahasa tentang perbedaan imunisasi dan vaksinasi. Lebih baik, terlebih dahulu untuk mengetahui definisi dari masing-masing istilah.

Melansir Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), vaksinasi merupakan proses pemberian vaksin ke dalam tubuh untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit tertentu. 

Vaksin adalah zat yang mengandung antigen, yaitu bagian dari kuman (virus atau bakteri) yang telah dilemahkan atau dimatikan. Tujuan vaksin adalah untuk merangsang sistem kekebalan tubuh manusia agar mengenali dan melawan kuman tersebut jika suatu saat masuk ke dalam tubuh.

Melansir situs Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), vaksin bekerja dengan memanfaatkan mekanisme pertahanan alami tubuh untuk melindungi dari penyakit. Ketika seseorang divaksinasi, sistem kekebalan tubuh dipersiapkan untuk menghasilkan antibodi yang sama seperti saat tubuh terpapar penyakit tersebut.

Vaksin biasanya diberikan melalui suntikan, namun ada juga yang diberikan secara oral dengan diteteskan ke mulut atau disemprotkan ke hidung. Vaksin merupakan metode yang efektif untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit tertentu.

Jenis-jenis vaksin antara lain:

  • Vaksin hidup yang dilemahkan (live attenuated vaccines)

Mengandung patogen hidup yang telah dilemahkan sehingga tidak menyebabkan penyakit serius.

  • Vaksin mati (inactivated vaccines)

Mengandung patogen yang telah dimatikan.

  • Vaksin subunit, rekombinan, dan konjugat

Mengandung bagian tertentu dari patogen seperti protein atau toksin.

  • Vaksin mRNA

Mengandung instruksi genetik yang mengarahkan sel-sel tubuh untuk memproduksi antigen tertentu.

Contoh vaksin yang umum diberikan pada anak-anak antara lain vaksin campak, polio, DTP (difteri, tetanus, dan pertusis), dan vaksin hepatitis B.

Apa Itu Imunisasi?

Apa Itu Imunisasi
Freepik/smilephotoap

Imunisasi adalah proses keseluruhan yang mencakup pemberian vaksin (vaksinasi) dan hasil akhirnya, yaitu terbentuknya kekebalan atau imunitas terhadap penyakit tertentu berkat vaksin. 

Dengan kata lain, imunisasi adalah langkah lanjutan setelah vaksinasi di mana vaksin membuat tubuh berhasil membangun pertahanan atau imun diri terhadap penyakit tersebut.

Imunisasi berfungsi dengan cara merangsang respons imun tubuh seolah-olah sedang terpapar suatu penyakit, namun tanpa menyebabkan infeksi penyakit tersebut. Imunisasi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu aktif dan pasif.

  • Imunisasi aktif

Terjadi ketika tubuh sendiri membentuk antibodi setelah terpapar vaksin atau patogen. Ini adalah proses yang diharapkan dari vaksinasi.

  • Imunisasi pasif

Terjadi ketika seseorang mendapatkan antibodi yang telah terbentuk dari sumber lain, misalnya melalui ASI dari ibu ke bayi atau melalui suntikan antibodi.

Apa Perbedaan Imunisasi dan Vaksinasi?

Apa Perbedaan Imunisasi Vaksinasi
Freepik

Setelah mengetahui definisi dari masing-masing istilah, pasti orangtua sudah lebih memahami perbedaan vaksinasi dan imunisasi.

Berikut analogi sederhananya, bayangkan vaksin sebagai "pasukan pelatihan" dan imunisasi sebagai "proses pelatihan". Vaksin menyediakan "musuh latihan" yang aman bagi tubuh, sedangkan imunisasi adalah proses di mana tubuh "berlatih" melawan musuh tersebut.

Jadi, vaksinasi adalah tindakan memasukkan vaksin ke dalam tubuh. Sedangkan imunisasi merupakan proses saat vaksin bekerja di dalam tubuh untuk membuat tubuh terlindungi dari suatu penyakit atau bisa juga diartikan hasil dari vaksinasi yakni imun berupa kekebalan tubuh.

Nah, itulah informasi mengenai perbedaan imunisasi dan vaksinasi. Semoga informasi di atas bisa membuat Mama dan Papa memahami perbedaannya, ya!

Baca juga:

The Latest