Penting, Ini 6 Tanda Bayi Akan Segera Berjalan

Apa si Kecil sudah menunjukkan tanda-tanda ini?

19 Oktober 2020

Penting, Ini 6 Tanda Bayi Akan Segera Berjalan
Pexels/Samfotograffo

Setiap momen pertama si Kecil selalu menjadi saat istimewa untuk Mama dan Papa. Apalagi berjalan, yang merupakan salah satu milestone bayi yang paling dinanti.

Berjalan boleh dibilang jadi pencapaian bayi yang penting. Bahkan, momen ini bakal membuat Mama haru karena si Kecil akan menjadi semakin mandiri dengan kemampuannya berjalan sendiri.

Wajar jika pertanyaan “Kapan anakku bisa jalan?” kerap mengusik pikiran mama sejak ia meniup lilin ulang tahun pertama. 

Maka, Mama perlu cermat mengamati apa saja tanda bayi akan segera berjalan, seperti Popmama.com rangkum dari Healthline berikut ini. 

1. Berdiri sambil berpegangan

1. Berdiri sambil berpegangan
Pexels/Craig Adderley

Apakah ia mulai senang berdiri sambil berpegangan di meja atau kursi? 

Ya, inilah tanda pertama bayi siap berjalan. Gerakan ini melatih kekuatan dan koordinasi otot-otot kaki. Apalagi, ia memulainya dari posisi duduk atau merangkak ke berdiri. 

Ibarat mini workout, bayi sedang melatih keseimbangan tubuhnya dari posisi jongkok ke berdiri. Kadang ia mulai coba melangkah perlahan walau langkahnya tampak goyah.

2. Berani mencoba gerakan baru (yang kadang berbahaya!)

2. Berani mencoba gerakan baru (yang kadang berbahaya)
Pexels

Berapa kali Mama memergoki si Kecil yang diam-diam berdiri di sofa dan berusaha turun dengan terjun bebas? Upayanya kadang tak berhasil karena Mama buru-buru menggendongnya.

Walau apa yang dilakukan bayi tampak bahaya, sesungguhnya ini tanda perkembangan yang bagus. Bayi kecil mama berani mencoba hal baru dan muncul rasa percaya diri dalam dirinya bahwa “Aku bisa melakukan ini!”

Namun, kewaspadaan mama tetap perlu ditingkatkan. Salah satunya dengan membiarkan anak tetap menjelajah sambil memastikan lingkungan rumah sudah aman.

Editors' Picks

3. Menjelajah segala sudut ruang

3. Menjelajah segala sudut ruang
Freepik/Prostooleh

Menjelajah segala ruang di rumah dengan berani jadi kebiasaan baru si Kecil. Segera setelah ia mampu berdiri sambil berpegangan, dalam sekejap mata ia mampu bergerak ke sana sini.

Ada saja barang yang bisa ia jadikan pegangan untuk berkeliling rumah. Mulai dari melakukan gerakan ala parkour dari tepi meja ke tepi sofa hingga mendorong kursi menyusuri ruangan.

Kabar baiknya, bayi sedang belajar cara memindahkan beban dan mengatur keseimbangan tubuhnya saat mengambil langkah. Ini juga melatihnya mendorong tubuh ke depan agar bisa berjalan nanti.

Maka, penting bagi Mama untuk membuat ruang lapang dan aman tempat bayi bebas menjelajah tanpa terhalang benda apapun. Singkirkan dulu benda-benda seperti tanaman, pajangan, atau rak pendek yang mudah roboh demi keamanan bayi.

4. Perubahan pola tidur 

4. Perubahan pola tidur 
Freepik

Apakah belakangan bayi mengalami perubahan pola tidur yang cukup signifikan? Atau ia mudah rewel dan menangis?

Berjalan merupakan milestone besar yang kerap disertai lompatan perkembangan lainnya. Otak dan tubuh bayi kemungkinan bekerja dua kali lipat sehingga tubuhnya memberi toleransi lebih sedikit atas situasi tersebut.

Mama boleh jadi akan bingung menghadapinya, mengapa ia mendadak rewel dan pola tidurnya berubah. Namun, segera setelah ia menuntaskan milestone itu, semua akan kembali normal.

5. Mau berjalan dengan bantuan

5. Mau berjalan bantuan
Pexels/Katie E

Orang tua zaman dulu menyebutnya dititah atau diajari berjalan. Ketika bayi siap berjalan, umumnya ia akan dengan senang hati menyambut uluran tangan mama untuk membantunya berjalan beberapa langkah.

Alternatif lain, Mama bisa menawarkan mainan dorong atau lazim disebut play walker yang bisa membantu bayi belajar berjalan. Namun, hindari penggunaan baby walker ya, Ma, karena alat itu justru menghambat pertumbuhan kedua kakinya.

6. Berdiri sendiri

6. Berdiri sendiri
Pexels/Gustavo Fring

Mengamati ekspresi wajah bayi begitu ia bisa berdiri sendiri tentu jadi momen tak terlupakan. Bisa saja ada raut sedikit ketakutan pada wajahnya atau justru rasa gembira karena berhasil berdiri tanpa bantuan.

Saat ia mampu berdiri sendiri, tubuh bayi sudah cukup seimbang dan stabil. Ia kadang menguji dirinya berapa lama bisa bertahan dalam posisi demikian.

Secara bertahap, bayi akan berdiri dalam jangka waktu lebih lama. Perlahan tapi pasti, rasa percaya diri si Kecil untuk mencoba beberapa langkah mulai terbangun. 

Mama bisa membantu dan menyemangatinya dengan menghitung pelan-pelan agar ia mau melangkah ke hadapan Mama. 

Bagaimana, Ma, mana dari enam tanda bayi akan segera berjalan tadi yang sudah ditunjukkan si Kecil? Jangan lupa abadikan momen bersejarah ini ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.