Kenali Ini 5 Pilihan Buah-buahan yang Baik untuk Bayi di Masa MPASI

Mama, penasaran dengan buah yang aman untuk MPASI? Cek di sini, yuk!

15 Januari 2020

Kenali Ini 5 Pilihan Buah-buahan Baik Bayi Masa MPASI
Pixabay/MapleHorizons

Tak terasa, si Kecil sudah memasuki masa MPASI. Mama tentu sangat senang menyambut masa-masa yang penuh tantangan ini. Jika Mama memasukkan sayuran dalam daftar makanan si Kecil, sebaiknya juga tidak melupakan pentingnya kehadiran buah-buahan.

Dilansir dari Stonyfield Organic, ada beberapa buah yang aman dikonsumsi bayi di masa awal MPASI mereka. Lantas, buah apa sih yang boleh dikonsumsi bayi? Jangan khawatir, Popmama.com punya daftarnya untuk Mama.

1. Pisang

1. Pisang
Pixabay/Alexas_Fotos

Pisang adalah makanan pertama sebagian besar bayi di dunia. Tak heran, pisang memang memiliki tekstur lembut sehingga sangat mudah dikunyah oleh bayi yang baru saja belajar makan. Selain itu, kandungan vitamin C, B6 serta potasium pada pisang sangat sempurna sebagai makanan pertama bayi.

Pisang dapat disajikan dengan dilembutkan terlebuh dahulu, atau disajikan dengan ASI maupun susu formula. Ketika usia si Kecil sudah semakin bertambah, pisang dapat juga disajikan dengan buah-buahan lain, dikombinasikan dengan beras merah maupun sereal.

Namun ingat, jangan berikan pisang sebelum si Kecil memasuki usia siap makan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan ya, Ma.

Editors' Picks

2. Alpukat

2. Alpukat
Pixabay/FoodieFactor

Alpukat merupakan super food yang kaya akan nutrisi dan vitamin seperti vitamin C, K, serta folat. Mama tentu tahu bahwa folat sangat penting untuk perkembangan otak bayi, bukan?

Nah, Jill Castle, M.S., R.D., seorang pakar nutrisi, mengatakan bahwa bayi membutuhkan lemak baik dalam jumlah yang banyak untuk mengembangkan otak mereka di setahun pertama kehidupan, dan alpukat merupakan salah satu makanan yang baik untuk membantu si Kecil mendapatkannya.

Alpukat bisa mulai diberikan di usia siap makan, sekitar 4 sampai 6 bulan. Mama bisa menyajikannya dengan pisang yang dilembutkan untuk menambah cita rasa.

3. Apel

3. Apel
Pixabay/Marina Pershina

Satu buah apel setiap hari dapat menjaga kesehatan si Kecil. Apel memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga menjadi buah yang pas untuk menyerap zat besi yang dibutuhkan oleh anak.

Seperti yang Mama ketahui, zat besi sangat penting untuk pertumbuhan si Kecil, oleh sebab itu, apel menjadi salah satu  buah pertama yang wajib ada di menu MPASI anak.

Mama bisa mulai memberikan apel pada si Kecil di usia 6 bulan dengan membuat puree apel atau memarutnya. Selain itu, mama juga bisa menyajikan apel bersama dengan makanan yang kaya zat besi lainnya seperti sayuran hijau, kuning telur, maupun beras merah.

4. Mangga

4. Mangga
Pixabay/AncelinBonnet

Buah satu ini memang memiliki rasa yang enak dan menjadi favorit banyak orang. Mama pun bisa mulai memberi mangga pada si Kecil di usia 6 sampai 8 bulan.

Buah yang kaya akan vitamin A, B6, C, serta potasium, tembaga dan serat ini bisa disajikan dengan cara dikerok dagingnya kemudian dilembutkan menggunakan garpu. Mangga juga bisa dicampur dengan sayuran, yoghurt, ataupun disajikan tanpa campuran apapun.

Mama juga bisa memotong dadu buah mangga sehingga anak akan mengembangkan kemampuan motoriknya ketika belajar mengambil dan memakan potongan mangga dengan tangan.

5. Blewah

5. Blewah
Pixabay/PublicDomainImages

Wah, buah yang sangat mudah ditemui di Indonesia ini ternyata aman untuk MPASI si Kecil. Buah yang manis dan juicy ini dapat mulai dikenalkan pada bayi saat usianya menginjak 9 bulan.

Blewah sangat kaya antioksidan serta memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi. Seperti mangga, Mama bisa memotong dadu blewah dan memberikannya pada si Kecil sembari ia belajar makan secara mandiri.

Jika Mama ingin mengenalkan tekstur dan ita rasa yang lain, Mama juga bisa mengombinasikan blewah dengan beras merah maupun yoghurt.

Buah merupakan sumber vitamin dan nutrisi yang penting untuk perkembangan bayi di tahun pertama. Rasanya yang manis juga mudah diterima oleh sebagian besar bayi yang mulai mengonsumsi MPASI.

Namun, Mama perlu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memberikan buah-buahan atau makanan baru pada si Kecil untuk menghindari kemungkinan alergi, ya. Selamat mencoba!

Baca juga: 

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.