3 Hal ini Penting Diperhatikan saat Memberikan Puding pada si Bayi

Makanan yang satu ini tampak cocok untuk bayi, tapi perhatikan hal ini ya sebelum memberikannya

18 Februari 2020

3 Hal ini Penting Diperhatikan saat Memberikan Puding si Bayi
Pexel/Ellaolsson

Seiring dengan bertambahnya usia si Bayi, Mama mulai mencoba untuk beralih ke makan-makanan baru untuknya. Semakin bertambah usia, semakin banyak jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh si Bayi. 

Puding tampaknya bisa menjadi salah satu pilihan para Mama, untuk diberikan pada si Kecil saat usianya sudah mulai menginjak 7 bulan. Sebab puding bersifat sangat mengenyangkan, mudah untuk ditelan, dan rasanya pun cukup enak.

Puding juga memiliki berbagai macam rasa yang berbeda dan bisa diberi beragam topping dari buah sampai biskuit. Rata-rata bayi akan menyukainya.

Memberikan puding pada si Bayi memang tidak akan menimbulkan bahaya secara langsung. Kendati demikian jika kamu memberikan puding yang dibeli dari supermarket kepada si Bayi, hal tersebut bisa saja menjadi masalah.

Jika ingin memberikan anak puding, maka yang terbaik adalah membuatnya sendiri. Mama bisa memilih bahan yang tentunya aman, tanpa pemanis buatan atau pengawet. Kualitasnya juga terjaga karena Mama sendiri yang menanganinya. 

Berikut ini hal-hal yang perlu Mama ketahui jika ingin memberikan puding pada si Kecil. Simak yang telah Popmama.com rangkum:

Editors' Picks

1. Perhatikan pemberian rasa pada puding si Bayi

1. Perhatikan pemberian rasa puding si Bayi
Freepik/master1305

Selain membuat puding dengan rasa susu, Mama bisa coba menggantinya dengan rasa yang lain. Misalnya, bisa membuat puding rasa cokelat dengan mencampur tepung gasol yang terbuat dari beras merah organik.

Jika ingin membuat puding dengan rasa vanila juga bisa, namun sebaiknya perlu diperiksa untuk melihat apakah itu dibuat dengan ekstrak vanila alami atau apakah itu hanya penyedap buatan. Puding yang dijual di toko-toko pastinya dibuat dengan menggunakan rasa buatan, bahkan jika dibuat dengan cokelat asli atau vanila yang asli tetap saja terdapat penyedap buatan.

2. Perhatikan apa yang terkandung di dalam puding

2. Perhatikan apa terkandung dalam puding
Freepik/Mrsiraphol

Puding yang dibuat dengan susu formula pastinya mengandung zat aditif sapi yang telah disterilkan pada suhu 600°C. Suhu tersebut akan membuat kuman-kuman yang terdapat di dalam susu tersebut mati.

Meski demikian, ASI bisa menjadi salah satu komposisi untuk pembuatan puding yang aman bagi si Bayi. Mama pastinya lebih akan tenang jika puding dibuat oleh ASI dibandingkan dengan susu formula.

3. Selektif dalam memilih komposisi dalam membuat puding

3. Selektif dalam memilih komposisi dalam membuat puding
Freepik/lifeforstock

Saat membuat puding sendiri, Mama bisa lebih mengontrol kandungan apa yang ingin dimasukkan ke dalamnya. Mama bisa lebih selektif untuk kebutuhan gizi si Bayi. Misalnya, mau membuat puding dengan sari buah pun, Mama bisa pastikan buah yang dipilih adalah yang segar dan alami.

Kamu juga bisa memasukkan lebih banyak bahan alami ke dalam puding, termasuk ASI. Meskipun beberapa orang menganggap puding olahan toko lebih enak dan mudah d dapatkan. Tetapi dalam hal kandungan gizi, tetap puding buatan sendiri yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan si Bayi.

Jadi sudah nggak sabar mau bikin puding ya, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.