8 Makanan yang Bisa Berbahaya untuk Bayi di Bawah 12 Bulan

Makanan-makanan ini tidak baik untuk kesehatan dan keselamatan si Kecil nih!

12 Maret 2020

8 Makanan Bisa Berbahaya Bayi Bawah 12 Bulan
newparent.com

Si Kecil sudah doyan makan apa saja nih, Ma sejak MPASI pertamanya? Rutinitas Mama bertambah dua, hunting resep dan sibuk menyiapkan makanan bergizi untuknya di dapur. Semangat Mama akan bertambah jika melihat si Kecil makan lahap. Menikmati makanan buatan Mama lalu menghabiskannya tanpa sisa.

Tapi Mama sudah tahu belum, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada bayi berusia di bawah 12 bulan lho! Kemampuan si Kecil melumat dan menggiring makanan ke jalur telan belum sempurna. Sehingga beberapa jenis makanan tertentu ditakutkan menyulitkan proses cerna di mulut.

Untuk menambah pengetahuan Mama, berikut ini jenis-jenis makanan yang sebaiknya tidak diberikan pada si Kecil sebelum usianya genap setahun. Simak yuk!

1. Selai kacang dan cokelat

1. Selai kacang cokelat
edition.cnn.com

Selai memiliki tekstur lengket terutama selai kacang dan cokelat. Makanan ini bisa dengan mudah menempel di langit-langit mulut si Kecil. Karena kesulitan mendorong makanan ke kerongkongan, potensi tersedak semakin besar. Pilih saja selai buah yang segar dan lebih mudah cerna.

Selain itu, selai kacang dan cokelat berpotensi menyebabkan alergi pada anak.

2. Popcorn dan marshmallow

2. Popcorn marshmallow
livestrong.com

Selain selai kacang dan cokelat, beberapa makanan lengket lain seperti popcorn dan marshmallow juga perlu Mama hindari. Kedua makanan ini memang lunak dan tidak perlu banyak dikunyah. Tapi bagi si Kecil yang belum bisa mengfungsikan gigi untuk mengunyah, makanan yang bersifat lunak dan lengket ini akan menempel di pangkal lidah, langit-langit mulut, atau gusi.

Popcorn dan marshmallow berpotensi menyebabkan bayi tersedak karena lengketnya bisa menghalangi jalur napas. 

3. Kacang atau biji-bijian utuh

3. Kacang atau biji-bijian utuh
nyc-ncatalumni.org

Kacang utuh tanpa proses pemasakan yang membuatnya lebih lunak juga berbahaya bagi si Kecil. Ukurannya yang sekali telan bisa membuatnya tersedak. Paling aman adalah membuatnya sebagai campuran bubur seperti kacang hijau dan kacang merah atau kacang polong yang direbus hingga lunak.

Selain risiko tersedak, hati-hati juga risiko alergi ya, Ma.

Editors' Picks

4. Susu sapi murni dan madu

4. Susu sapi murni madu
onlymyhealth.com

Meski bergizi, susu sapi murni dan madu sebaiknya dihindari sebelum si Kecil berusia satu tahun. Susu sapi murni mengandung protein kompleks yang masih sulit dicerna oleh sistem pencernaan bayi.

Begitu juga madu murni yang kandungan gizinya lebih kompleks. Memberi madu pada bayi berpotensi menyebabkan mereka mengalami keracunan makanan karena bakteri Clostridium botulinum yang menyebabkan bayi mengalami sakit.

5. Sayuran mentah

5. Sayuran mentah
dailyhealthpost.com

Wortel memang banyak disarankan sebagai finger food pertama untuk si Kecil. Tapi tentu saja setelah direbus atau dikukus hingga lunak agar mudah digigit. Hindari memberikan sayuran mentah bertekstur keras, agar tidak melukai gusi dan membuatnya tersedak.

6. Buah bertekstur keras

6. Buah bertekstur keras
parenthub.com.au

Selain sayuran, hindari juga buah-buahan berktekstur keras seperti apel, pir, dan melon. Pepaya dan pisang dengan tekstur lunak lebih mudah dicerna dalam mulut. Untuk buah-buahan keras bisa dibuat jus atau puree agar memudahkan si Kecil memakannya.

7. Makanan laut yang kenyal

7. Makanan laut kenyal
livestrong.com

Bukannya beberapa makanan laut justru bergizi tinggi dan kaya akan omega-3? Ya benar, Ma. Tapi perlu diperhatikan dalam penyajiannya.

Untuk ikan-ikanan seperti salmon, tuna, tenggiri, dan kakap merah cukup dikukus sudah bisa membuatnya lunak. Tapi untuk seafood berdaging kenyal, seperti udang dan cumi-cumi sebaiknya dihindari.

Selain teksturnya yang tidak lunak sempurna meski sudah dikukus, kandungan kolesterolnya juga cukup tinggi. Zat gizi kompleks di dalamnya belum dapat dicerna mudah oleh sistem pencernaan si Kecil.

8. Makanan kalengan dan berpengawet

8. Makanan kalengan berpengawet
scmp.com

Jenis makanan yang satu ini sangat tidak dianjurkan untuk bayi di bawah satu tahun. Seperti sosis, nugget ayam, juga ikan dan sayuran kalengan. Usahakan untuk memilih bahan makanan segar bebas pengawet.

Tubuh si Kecil terlalu dini untuk beradaptasi dengan bahan-bahan kimia pengawet makanan.

Yuk, makan makanan sehat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.