Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Dianggap Sepele, Sebenarnya Si Kecil ‘Kesakitan’ dengan 5 Hal

Mereka belum bisa ngomong sih ya, Ma

6 Agustus 2019

Dianggap Sepele, Sebenar Si Kecil ‘Kesakitan’ 5 Hal
Shutterstock/Michael Pettigrew

Memiliki buah hati memang sudah menjadi hal yang diidamkan kebanyakan wanita. Namun tak jarang para Mama mudah kerepotan dalam mengetahui kesehatan kulit si Kecil. Momen awal menjadi seorang Mama, pasti ada deh beberapa hal yang sering Mama anggap biasa. Tapi siapa sangka kalau ternyata si Kecil diam-diam berteriak sakit dan hanya bisa menangis selama ini. Yuk Ma lebih peka lagi, siapa tahu mereka alergi sama yang mereka pakai. Sabun misalnya.

1. Tekstur kulit bayi terlihat kering

1. Tekstur kulit bayi terlihat kering
Shutterstock/tinglee1631

Popmama yakin, semua bisa terjawab ketika si Kecil selesai mandi karena kulit bayi memang tidak bisa bohong saking sensitifnya. Jadi kalau kulit mereka langsung terlihat kering, bisa jadi mereka nggak cocok dengan sabun yang dipakai. Pastikan Mama tidak memberikan sabun yang tidak cocok dan mandinya jangan terlalu lama ya. Bisa-bisa, si Kecil kulitnya makin kering dan jadi iritasi deh.

Editors' Picks

2. Kulit tiba-tiba memerah

2. Kulit tiba-tiba memerah
Shutterstock/silentalex88

Kalau Mama sering nonton film barat, pasti familiar deh dengan kulit para bule yang memerah setelah lama berjemur. Nah, kondisi seperti ini ternyata juga bisa terjadi pada si Kecil. Tapi beda penyebab ya Ma, lapisan epidermis si Kecil masih amat tipis jadi kulit yang memerah itu menandakan bahwa mereka tidak cocok dengan sabun yang dipakai. Carilah sabun yang memang khusus untuk bayi ya, jangan disamakan dengan kulit orang dewasa.

3. Si Kecil gatal-gatal

3. Si Kecil gatal-gatal
Shutterstock/Akkalak Aiempradit

Saat si Kecil menggaruk-garuk salah satu bagian tubuhnya sih nggak apa-apa, tapi bagaimana jadinya kalau mereka terlalu sering menggaruknya? Sebagai seorang Mama, harus lebih peka ya Ma dengan apa yang dialami si Kecil. Biasanya gatalini semakin meningkat ketika kulit mereka kering. Oleh karena itu jaga agar sabunnya tidak membuat kulit si Kecil kering ya Ma.

4. Kulit bayi jadi terlalu kering bersisik

4. Kulit bayi jadi terlalu kering bersisik
Shutterstock/AnnaAiva

Nah, yang satu ini sih bisa bikin Mama ‘geram’ deh pasti. Rasanya sedih ketika melihat sang buah hati memiliki kulit yang kasar atau bersisik. Nggak tega banget, apalagi yang namanya anak kecil sudah dikenal dengan kulitnya yang halus dan lembut. Kalau hanya satu atau dua kali sih masih wajar, tapi kalau keseringan itu yang jadi masalah. Penyebabnya antara faktor lingkungan atau Mama salah pilih sabun tuh.

Kasih yang terbaik untuk si Kecil jangan tanggung-tanggung Ma, kalau saran Popmama sih pakai saja Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo. Sesuai dengan namanya, ini cocok untuk bayi dan bisa digunakan sebagai sabun sekaligus sampo. Kandungan panthenol dan glycerin dapat merawat tanpa membuat kering atau pun merusak kulit bayi yang lembut. Tenang, ini juga bisa menjaga perkembangan pH kulit bayi yang sehat. Yuk Ma cek info selengkapnya di sini!

5. Terdapat ruam pada kulit

5. Terdapat ruam kulit
Shutterstock/comzeal images

Ada banyak jenis ruam pada kulit bayi, mulai dari jerawat sampai eksim pun ada. Popmama sarankan sih, cobalah untuk memilih sabun bayi dengan kandungan formulasi hypoallergenic serta menjaga keseimbang pH kulit bayi. Oh ya Ma, kalau si Kecil sudah punya alergi jadi jangan asal ya waktu pilih sabun. Ini bukan soal asal bersih lho Ma, ini terkait dengan kesehatan dan kenyamanan si Kecil.

Sekarang sudah tahu ‘kan Ma? Jadi, kalau si Kecil tiba-tiba sering nangis, Mama harus lebih peka lagi ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk