Pahami Aturan Pengolahan dan Penyajian 5 Menu MPASI Ini

Bikin si Kecil lahap

13 Agustus 2020

Pahami Aturan Pengolahan Penyajian 5 Menu MPASI Ini
Shutterstock/Jaochainoi1980

Si Kecil mulai diperkenalkan pada makanan bertekstur? Biasanya itu sudah masuk pada usia yang cukup untuk kenal pada makanan pendamping ASI. Mama harus rajin mencari referensi untuk menu MPASI si Kecil nih. Popmama akan berikan lima rekomendasi menu MPASI simpel yang bisa jadi favorit untuk si Kecil.

1. Puree kentang

1. Puree kentang
Shutterstock/Inga Nielsen

Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang cukup disarankan untuk menjadi MPASI bayi usia 6 bulan ke atas. Di dalam kentang ini mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin B6, serta mineral mulai dari kalium, mangan, magnesium, fosfor, dan folat. Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam kentang berperan mencegah radikal bebas, menyehatkan pencernaan dan juga menurunkan kadar gula dalam darah.

Cara membuat puree kentang ini juga mudah kok Ma. Mama cukup merebus kentang hingga empuk, kemudian kupas kulitnya. Blender kentang dengan tambahan kaldu ayam. Lalu saring dan puree kentang pun siap disajikan.

Editors' Picks

2. Puree apel

2. Puree apel
Shutterstock/kitty

Selain menu MPASI dengan sayur, si Kecil yang sudah berusia 6 bulan ke atas juga boleh diperkenalkan pada buah-buahan Ma. Salah satu buah yang bisa diolah menjadi MPASI adalah apel. Cara membuatnya juga mudah. Mama tinggal merebus apel yang sudah dipotong-potong dan sudah dikupas. Kemudian blender sampai halus dan merata. Puree apel siap disajikan.

3. Puree strawberry

3. Puree strawberry
Shutterstock/hlphoto

Strawberry menjadi salah satu buah kaya manfaat jika dijadikan MPASI bagi bayi berusia 6 bulan ke atas lho Ma. Strawberry ini kaya akan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk imunitas si Kecil. Cara mengolahnya juga tergolong mudah. Mama cukup hilangkan daun dan batangnya kemudian potong menjadi dua. Blender strawberry hingga memiliki tekstur yang sesuai untuk si Kecil. Puree strawberry siap disajikan.

4. Puree wortel

4. Puree wortel
Shutterstock/pamuk

Wortel mengandung serat, vitamin C, kalsium, dan zat besi serta beta karoten yang bersifat antioksidan dan vitamin A yang mendukung kesehatan mata dan kulit, serta pertumbuhan dan ketahanan terhadap infeksi. Itu sebabnya wortel bisa banget menjadi menu MPASI bagi si Kecil. Cara membuatnya juga mudah, kupas dan cuci bersih wortel kemudian rebus atau kukus hingga lunak, kurang lebih selama 15-20 menit.

Tiriskan wortel yang telah direbus, lalu blender hingga lembut. Mama bisa menambahkan air secukupnya hingga tekstur sesuai dengan selera si Kecil.

5. Puree brokoli

5. Puree brokoli
Shutterstock/pamuk

Cara membuat puree brokoli ini juga simple banget kok Ma. Cukup dengan merebus brokoli hingga lunak. Kemudian blender brokoli rebus tadi dengan kaldu ayam, atau air hingga tekstur berubah menjadi halus. Sama seperti empat menu di atas. Mama juga perlu mencuci bersih bahan sebelum memproses bahan makanan. 

Proses mencuci bahan makanan ini penting banget Ma, guna menghindari adanya bakteri atau pestisida dalam sayuran dan buah yang dikonsumsi si Kecil. Agar buah dan sayur lebih bersih, Mama bisa menggunakan MAMA LIME with Mineral Salt. Karena mengandung Formula Anti Bacteria food grade (Bio Guard), MAMA LIME efektif membersihkan bakteri & sisa pestisida pada buah dan sayur. Hasil lebih bersih higienis dan kesat

Nggak hanya itu, MAMA LIME with Mineral Salt juga bisa untuk mencuci peralatan makan dan botol susu si Kecil. Ada Mama Lime semua bersih higienis. Jadi, Mama nggak was-was lagi dalam memberikan MPASI bagi si Kecil. Mama bisa klik di sini untuk info lengkapnya!

Jadi, menu MPASI apa yang sudah Mama siapkan untuk si Kecil hari ini? 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.