TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Baby Leslar Mengalami Hernia, Ini Gejala dan Penyebabnya

Rizky Billar menyebut Baby Leslar akan segera menjalani operasi hernia

20 September 2022

Baby Leslar Mengalami Hernia, Ini Gejala Penyebabnya
Instagram.com/@rizkybillar

Rizky Billar baru saja mengumumkan kalau putra pertamanya, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar akan menjalani operasi. Menurut kabar yang ia umumkan di Instagram pribadinya, Baby Leslar mengalami hernia.

Tak hanya orang dewasa, bayi pun bisa mengalami hernia atau kadang juga disebut dengan turun berok. Umumnya, jenis hernia yang paling sering dijumpai adalah hernia umbikalis dan hernia inguinalis.

Ini dia informasi tentang Baby Leslar mengalami hernia yang sudah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber. Lihat sama-sama, yuk!

1. Alami hernia, Baby Leslar dikabarkan akan menjalani operasi

1. Alami hernia, Baby Leslar dikabarkan akan menjalani operasi
Instagram.com/@rizkybillar

Kabar mengejutkan datang dari Baby Leslar. Pada 19 September 2022, Rizky Billar mengunggah foto kondisi Baby Leslar yang sedang terbaring dengan papan infus di tangannya.

Ia juga menginformasikan kalau putranya itu akan menjalani operasi hernia. Padahal, saat ini usia Baby Leslar masih menginjak delapan bulan.

Editors' Picks

2. Rizky Billar umumkan kabar ini di Instagram dan meminta dukungan doa

2. Rizky Billar umumkan kabar ini Instagram meminta dukungan doa
Instagram.com/@rizkybillar

Kabar mengenai buah hatinya ini diumumkan Billar pada waktu malam hari melalui akun instagram pribadinya. Selain mengunggah foto Baby Leslar yang sedang tertidur, ia juga mengunggah foto buah hatinya yang tetap terlihat ceria walau sudah berada di kamar perawatan.

Tak lupa, Billar meminta dukungan doa dari para penggemarnya untuk kesembuhan Baby Leslar.

"Mohon doanya agar operasi hernia Fatih dilancarkan 🙏🏼❤️," tulisnya.

Warganet dan para selebriti pun beramai-ramai mendoakan kondisi Baby Leslar. Beberapa di antara mereka juga memberikan dukungan pada Rizky Billar dan juga Lesti Kejora.

3. Apa itu hernia?

3. Apa itu hernia
Pinterest
Ilustrasi pijat perut bayi buncit

Hernia atau turun berok memang bisa dan umum terjadi pada bayi. Dilansir dari Kids Health, jenis hernia yang sering terjadi pada bayi adalah hernia inguinalis, yaitu tonjolan di area selangkangan.  kemudian hernia umbilikalis, yaitu tonjolan yang berada di sekitar pusar. Selain itu, ada pula hernia epigastrik di mana tonjolan muncul di antara area pusar dan dada. 

Ada banyak orangtua yang menganggap hernia bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, ada baiknya jika si Kecil mengalami hal ini Mama segera mengambil langkah untuk berkosultasi pada ahlinya.

Pasalnya, jika si Kecil terlambat untuk mendapatkan penanganan yang tepat hal ini bisa jadi membuat bayi tidak nyaman. Selain itu, kondisinya juga bisa semakin buruk.

4. Apa saja faktor yang menyebabkan bayi mengalami hernia?

4. Apa saja faktor menyebabkan bayi mengalami hernia
Freepik/Cookie Studio

Dilansir dari WebMD, hernia umumnya disebabkan karena adanya kombinasi tekanan dan bukaan atau kelemahan otot. Tekanan ini menyebabkan dorongan organ atau jaringan melewati satu lubang atau otot tubuh yang melemah. 

Pada hernia inguinalis, kondisinya adalah satu lekukan usus menyelinap ke dalam saluran inguinalis melalui otot yang lemah di dinding perut. Hernia inguinalis umumnya disebabkan oleh faktor keturunan atau adanya masalah pada saluran kemih dan reproduksi bayi.

Sedangkan hernia umbilikalis, terjadi ketika bayi masih berada di dalam kandungan. Janin memiliki lubang kecil di otot perut dan setelah lahir, lubang bukaan ini seharusnya tertutup. Namun, terkadang otot tersebut tidak menutup sepenuhnya pada sebagian bayi dan menyebabkan bayi mengalami hernia.

Namun, secara umum terdapat faktor risiko lainnya seperti:

  • lahir prematur
  • keturunan
  • fibrosis kistik
  • munculnya jaringan tidak normal di pinggul
  • kelainan testis
  • memiliki masalah organ kemih dan reproduksi

5. Beberapa gejala saat bayi mengalami hernia

5. Beberapa gejala saat bayi mengalami hernia
Freepik/Valuavitaly

Ada banyak orangtua yang tidak menyadari ketika bayinya mengalami hernia. Padahal, hal ini bisa muncul sejak si Kecil baru lahir. Umumnya, orangtua menyadari gejala-gejalanya setelah beberapa minggu atau bulan sejak bayinya lahir.

Beberapa gejala pada hernia inguinalis umumnya dapat dikenali dengan adanya tonjolan atau bengkak kecil di selangkangan atau skrotum bayi.

Sedangkan untuk hernia umbilikalis ditandai dengan munculnya tonjolan atau pembengkakan di daerah pusar. Ciri tonjolan hernia pada bayi biasanya lebih terlihat saat bayi sedang menangis, batuk, atau mengejan.

Nah, itulah tadi rangkuman informasi mengenai Baby Leslar mengalami hernia. Kita doakan semoga Baby Leslar cepat sembuh, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk