Serba-serbi Memberikan Greek Yoghurt pada Bayi, Banyak Manfaatnya!

Berbeda dengan yoghurt biasa, Greek yoghurt lebih nyaman di perut si Kecil

3 Januari 2022

Serba-serbi Memberikan Greek Yoghurt Bayi, Banyak Manfaatnya
Pixabay/EliasSch

Saat si Kecil memasuki masa transisi menuju makanan padat, Mama sudah bisa memperkenalkannya pada Greek yoghurt.

Greek yoghurt sendiri dapat dikategorikan sebagai makanan sehat dan juga bergizi untuk bayi.

Karin Knight dan Tina Ruggiero, ahli gizi serta penulis buku The Best Homemade Baby Food on the Planet, merekomendasikan yoghurt untuk bayi karena tinggi protein dan mengandung kalsium, kalium, vitamin B-12, dan magnesium.

Untuk itu, yuk cari tahu tentang serba-serbi memberikan Greek yoghurt pada si Kecil dari berbagai sumber yang sudah Popmama.com rangkum, di sini.

1. Greek yoghurt memiliki manfaat yang lebih baik untuk si Kecil dibandingkan dengan yoghurt biasa

1. Greek yoghurt memiliki manfaat lebih baik si Kecil dibandingkan yoghurt biasa
shopee.co.id

Apakah Greek yoghurt dan yoghurt biasa memiliki perbedaan? Betul, Ma. Ini terletak pada proses pembuatannya.

Proses pembuatan yogurt biasa dan Greek yoghurt dimulai dengan cara yang sama: pertama, susu dipanaskan kemudian didinginkan hingga suhu fermentasi yang diinginkan; kemudian bakteri ditambahkan dan campuran dibiarkan berfermentasi sampai berubah menjadi yoghurt.

Sedangkan untuk membuat Greek yoghurt, ada satu langkah tambahan: yoghurt biasa disaring untuk menghilangkan whey-nya, dan yang didapatkan adalah yoghurt yang lebih kental dan lembut yang rasanya cukup asam.

Greek yoghurt lebih sehat daripada yoghurt biasa karena lebih rendah gula dan memiliki protein dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan yoghurt biasa.

Inilah mengapa Greek yoghurt sehat dan ringan untuk perut si Kecil.

Editors' Picks

2. Kaya nutrisi dan memiliki rasa yang lezat, Greek yoghurt dipercaya menjadi makanan yang baik untuk bayi

2. Kaya nutrisi memiliki rasa lezat, Greek yoghurt dipercaya menjadi makanan baik bayi
Pixabay/Imoflow

Greek yoghurt merupakan makanan awal di masa transisi yang sangat baik untuk si Kecil. Hal ini disebabkan karena Greek yoghurt memiliki nutrisi seperti kalsium, vitamin, dan mineral.

Selain itu, Greek yoghurt memiliki tekstur yang halus dan mudah ditelan. Jadi, tidak ada salahnya menambahkannya ke dalam menu makanan si Kecil.

Namun, Mama wajib memastikan kapan waktu yang tepat untuk memberikan Greek yoghurt pada si Kecil dan apakah ia memiliki alergi terhadapnya atau tidak.

3. Greek yoghurt aman untuk dikonsumsi bayi sejak usia 8 bulan

3. Greek yoghurt aman dikonsumsi bayi sejak usia 8 bulan
Freepik/Racool_studio

Banyak orangtua baru yang cenderung memperkenalkan yoghurt dalam makanan bayi sejak usia 6 bulan. Tetapi dokter anak menyarankan akan lebih baik jika memperkenalkannya antara usia 8 dan 9 bulan.

Jadi, apakah Greek yoghurt aman untuk diberikan pada si Kecil? Tentu saja. Sebab Greek yoghurt kaya akan lemak dan protein yang dibutuhkan bayi pada masa tumbuh kembangnya.

Menurut ahli, Mama bisa beralih ke yoghurt rendah lemak begitu si Kecil memasuki usia 2 tahun.

4. Mudah disajikan dan nyaman di perut bayi karena kandungannya rendah protein whey dan laktosa

4. Mudah disajikan nyaman perut bayi karena kandungan rendah protein whey laktosa
Freepik/Topntp26

Selain mudah disajikan dan nyaman untuk perut si Kecil, Greek yoghurt  juga kaya akan nutrisi. Sebut saja kalsium, potasium, protein, Vitamin D dan B12, dan magnesium, yang semuanya diperlukan untuk perkembangan optimal bayi.

Sebagai tambahan, Greek yoghurt mengandung lebih sedikit protein whey dan laktosa, sehingga akan ringan di perut si Kecil. Kadar whey dan laktosa yang lebih rendah juga membuat yoghurt ini menjadi pilihan yang sempurna untuk bayi yang tidak toleran laktosa.

Jika Mama masih ragu, pastikan tingkat intoleransi laktosa si Kecil pada ahlinya, ya.

5. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan Greek Yoghurt pada si Bayi

5. Hal-hal perlu diperhatikan sebelum memberikan Greek Yoghurt si Bayi
Freepik/nensuria

Meskipun aman untuk mulai memberi yoghurt pada bayi di usia 8 atau 9 bulan, penting bagi Mama untuk berhati-hati dan memperhatikan hal ini:

  • Pertama: tanyakan pada dokter anak sebelum memperkenalkan Greek yoghurt atau makanan lain apa pun dalam makanan si Kecil. Tanyakan berapa banyak Greek yoghurt yang bisa Mama berikan setiap hari dan kapan waktu yang tepat untuk menyajikannya. 
     
  • Sebelum memberi Greek yoghurt, pastikan ia tidak intoleran laktosa. Greek yoghurt adalah alternatif yang lebih sehat untuk yoghurt biasa, tetapi mungkin ada sisa whey dan laktosa yang dapat menyebabkan bayi si Kecil mengalami reaksi alergi jika ia tidak toleran terhadap laktosa.
     
  • Greek yoghurt sangat bergizi tetapi bukan pengganti makanan sehat lain yang dibutuhkan bayi. Jadi Mama wajib memberikan makanan bernutrisi lainnya.
     
  • Hindari untuk menambahkan madu. Bayi di bawah usia 1 tahun tidak boleh diberikan madu.
     
  • Hindari untuk membeli Greek yoghurt dengan bahan tambahan seperti pemanis.

Itulah tadi serba-serbi mengenai Greek yoghurt pada bayi. Jika saat memberikan Greek Yoghur pada pada si Kecil muncul reaksi alergi seperti pembengkakan di sekitar mata atau bibir, gatal-gatal, atau muntah, segera konsultasikan dengan dokter anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.