5 Cemilan yang Mendukung Bayi Tumbuh Sehat 

Varian cemilan sehat ini perlu dikonsumsi si Kecil nih, Ma!

26 Januari 2019

5 Cemilan Mendukung Bayi Tumbuh Sehat 
Freepik

Memiliki bayi yang sehat tentu menjadi keinginan setiap orangtua. 

Untuk memenuhi kebutuhan dan mendukungnya si Kecil tubuh menjadi anak yang sehat, peran orangtua sangat diperlukan. Mama perlu memastikan dirinya tidak hanya meminum ASI, melainkan mendapatkan nutrisi lain berupa makanan padat yang berasal dari cemilan sehat.

Jika bingung ingin memberikan varian cemilan sehat kepada si Kecil, kali ini Popmama.com sudah merangkumnya untuk memudahkan kebutuhan informasi Mama. 

Semoga cemilan-cemilan sehat ini membantu asupan nutrisi si Kecil ya, Ma!

1. Brokoli

1. Brokoli
Unsplash/FOODISM360

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang baik dikonsumsi oleh si Kecil sebagai cemilan tentu sangat menyehatkan untuk tubuhnya. Bila dikonsumsi secara rutin, ada banyak manfaat dari sayuran yang bentuknya unik ini karena dapat menyehatkan kulit dan mencegah kanker.  

Selain itu, brokoli mengandung banyak nutrisi di dalamnya seperti asam folat, kalsium, vitamin A, vitamin C hingga vitamin E. 

Untuk Mama yang ingin memberikan brokoli kepada si Kecil, ada baiknya untuk dipotong kecil dan melalui proses kukus. Tujuannya agar brokoli bisa lembut saat dikonsumsi sebagai cemilan sehat. 

Baca juga: 

2. Alpukat

2. Alpukat
Pixabay/FoodieFactor

Seperti yang Mama ketahui kalau buah yang satu ini memiliki lemak tak jenuh, sehingga membantu dalam perkembangan otak si Kecil. Kandungan asam lemak omega 3 juga yang mendukung perkembangan otaknya. 

Ada fakta yang perlu diketahui kalau komposisi lemak di dalam buah alpukat hampir serupa dengan ASI. Banyaknya kandungan protein di dalam alpukat dapat membuat bayi tumbuh sehat. 

Mama bisa menyajikan alpukat yang sudah matang dan dihaluskan kepada si Kecil agar lebih mudah dikonsumsi. Bila buah alpukat secara rutin dikonsumsi sebagai cemilan sehat dapat membantu mengurangi risiko peradangan. 

Baca juga: Ini Dia! 7 Manfaat Baik Alpukat Bagi si Kecil

Editors' Picks

3. Pisang

3. Pisang
Freepik/daviles

Mama memiliki persediaan buah pisang nggak nih di rumah? 

Buah berwarna kuning ini memang termasuk yang mudah dibawa dan disajikan, apalagi bila sedang bepergian bersama si Kecil. 

Buah pisang mengandung serat tinggi yang mampu mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, pisang membantu dalam membentuk tulang menjadi lebih kuat serta memberikan energi untuk beraktivitas. 

Perlu diingat untuk memilih pisang yang matang. Bantu juga si Kecil untuk mengerok buah pisang dan dihaluskan agar lebih mudah saat dikonsumsi. Jika dirinya sudah dapat mengunyah, Mama bisa memotong pisang dalam ukuran kecil agar mudah dikonsumsi. 

Baca juga: 

4. Wortel

4. Wortel
Freepik/Dragana_Gordic

Wortel menjadi salah satu cemilan sehat yang biasanya diberikan orangtua kepada anaknya. Proses penyajiannya ada yang dikukus hingga matang atau dibuatkan bubur puree berbahan dasar wortel. 

Kandungan beta karoten pada wortel membantu dalam mendukung perkembangan penglihatan bayi. Selain itu, jika wortel dikonsumsi secara rutin akan memberikan manfaat untuk si Kecil seperti: 

  • Tulang menjadi lebih kuat,
  • membantu meredakan lambung,
  • meningkatkan kekebalan tubuh,
  • menyehatkan kesehatan jantung,
  • membantu kulit lebih bercahaya.

Banyak sekali manfaat dari wortel untuk si Kecil ya, Ma. 

Baca juga: 

5. Cemilan snack sehat

5. Cemilan snack sehat
Freepik/freepic.diller

Sebelum menentukan menu atau pilihan makanan, Mama perlu memahami kebutuhan gizi si Kecil.  Asupan ASI memang perlu diberikan sebagai sumber gizi utama, namun perlu mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI. 

Meskipun begitu, pemberikan makanan kepada si Kecil perlu diperhatikan. Sebisa mungkin Mama harus menghindari gula dan garam tambahan, kafein yang biasa terdapat pada kopi dan teh serta monosodium glutaman (MSG). 

Gula, garam dan MSG sebaiknya tidak diberikan kepada si Kecil agar mereka tidak memiliki kecenderungan memilih rasa makanan tertentu sejak dini. Hal ini penting agar dirinya mau memakan beragam jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Bila ingin diberikan cemilan, ada baiknya harus menghindari perasa buatan seperti perisa kaldu, pengawet buatan, pewarna buatan, dan makanan mentah. 

“Pertimbangan sangat selektif dalam menentukan bahan baku dan kandungan gizi. Kami tidak memberikan garam, MSG, maupun gula di dalam cemilan sehat ini. Kami ingin memberikan snack yang aman untuk dikonsumsi bayi, apalagi bayi sangat sensitif dalam hal makanan,” jelas Stella, Founder OMO! Healthy Snack di acara kompetisi bisnis MAKERFEST, Tokopedia.

OMO! berusaha memberikan cemilan yang sehat bahkan bisa dikonsumsi untuk anak-anak di bawah 1 tahun. 

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!