Harus Bijak! Ini 6 Rekomendasi Merek Yoghurt untuk Bayi

Pastikan beli yogurt yang rasa original atau plain ya, Ma!

29 Juni 2020

Harus Bijak Ini 6 Rekomendasi Merek Yoghurt Bayi
Freepik

Yoghurt sebagai salah satu produk olahan susu memiliki segudang manfaat untuk tubuh apalagi dengan kandungannya yang terdiri dari kalsium, kalium, magnesium, protein, vitamin B12, hingga vitamin B2. 

Kandungan probiotik di dalam yoghurt sendiri memiliki lactobacillus dan bifidobacterium yang bermanfaat untuk melancarkan kesehatan pencernaan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Dilansir dari Verywell Family, Mama perlu mengetahui bahwa si Kecil yang sudah berusia 8 hingga 12 bulan bisa diberikan ¼ hingga ½ cangkir yoghurt. Secara umum yoghurt memang sudah bisa diperkenalkan kepada bayi mulai usia delapan bulan. 

Perlu diketahui bahwa di Indonesia ada banyak sekali pilihan merek yoghurt, sehingga Mama sebagai orangtua perlu bijak dalam memilih yoghurt. Untuk bayi, Mama sebaiknya memilih yoghurt dengan rasa original atau plain.

Jika Mama ingin mengetahui beberapa merek yoghurt yang aman diberikan untuk bayi, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Biokul 

1. Biokul 
Tokopedia.com/LoeKeren

Pemberian makanan apa pun untuk bayi memang harus disesuaikan dengan baik apalagi yang semi padat, termasuk yoghurt. 

Produk olahan dari susu fermentasi ini cukup umum di pasaran bahkan tersedia dengan berbagai merek, ukuran, hingga variasi rasanya. 

Pemilihan yoghurt dengan rasa tawar menjadi cara yang terbaik untuk menghindari penambahan gula secara berlebihan. Biokul dengan rasa plain dapat menjadi pilihan yang aman untuk dikonsumsi oleh bayi dan mudah dijumpai di pusat perbelanjaan terdekat. 

2. Elle & Vire Yoghurt Plain

2. Elle & Vire Yoghurt Plain
m.happyfresh.id

Selain lebih mudah dicerna oleh usus dibandingkan susu formula, Mama perlu mengetahui bahwa kandungan gizi dari yoghurt cukup tinggi serta bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti: 

  • Menjadi sumber protein dan kalsium. 
  • Mampu menghambat pertumbuhan kuman dan bakteri. 
  • Mampu menetralisir efek samping dari antibiotik. 
  • Memiliki peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh serta pertumbuhan. 

Jika ingin mencari alternatif yoghurt untuk si Kecil, maka Elle & Vire Yoghurt Plain dapat menjadi pilihan. 

Perlu diketahui bahwa merek ini tanpa bahan campuran dan hanya dibuat dari susu murni yang di fermentasi dengan bakteri asam laktat. 

Editors' Picks

3. Emmi

3. Emmi
happyfresh.id

Ketika anak mama sudah mulai diperkenalkan dengan yoghurt, maka perlu sekali memerhatikan merek yang tepat untuk dikonsumsi. 

Yogurt sebagai salah satu makanan pendamping ASI dapat membantu organ pencernaan si Kecil berkembang lebih baik. Merek Emmi bisa dipilih, Mama bisa mencampurnya dengan pure buah atau potongan buah untuk memperkaya gizi dan menambah rasa. 

Dilansir dari Baby Center, bayi bisa mendapat manfaat nutrisi antara lain vitamin, mineral, dan protein dari yoghurt.

Selain kaya akan gizi, asupan yoghurt dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.  

4. Greenfield Yoghurt Original

4. Greenfield Yoghurt Original
Shopee.co.id/toko_berkah_store

Satu lagi merek yoghurt yang bisa diberikan untuk MPASI, yaitu Greenfield Yoghurt Original. Merek yang mudah ditemui di berbagai pusat perbelanjaan ini bisa Mama berikan kepada bayi sebagai alternatif pemberian makanan produk olahan susu. Bukan hanya dapat memberikan lemak dan protein tambahan, yoghurt juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil.

Meski memiliki varian dengan aneka rasa buah, sebagai tahap awal Mama sebaiknya memilih varian Greenfield Yoghurt Original yang memiliki rasa tawar.

    5. Petit Miam

    5. Petit Miam
    yoplait.com.au

    Jika si Kecil mengalami sembelit, tidak ada salahnya untuk menggunakan cara alami melalui makanan dalam meredakan rasa sakit akibat sembelit. Yoghurt ditambahkan dengan buah-buahan berserat lembut yang dipotong kecil atau diolah menjadi pure buah dapat dikonsumsi untuk mencegah sembelit datang kembali. 

    Merek Petit Miam bisa menjadi salah satu pilihan ketika Mama ingin memberikan yoghurt kepada si Kecil. Apalagi perlu diketahui bahwa Petit Miam tidak memiliki kandungan gula. 

    Saat memilih yoghurt plain, Mama perlu juga memastikan kemungkinan adanya pemanis dan pewarna tambahannya. Bijaklah dalam membaca kemasan yoghurt sebelum membeli. 

    Cari tahu juga informasi mengenai nilai gizi yang tertera di kemasan yoghurt. Terkadang ada kandungan gula laktosa yang cukup aman ketika dikonsumsi oleh si Kecil karena alami dari yoghurt, bukan terbuat dari pemanis buatan. 

    Pemilihan yoghurt memang perlu diperhatikan karena sebaiknya memang tidak mengandung gula tambahan atau kandungan gula tambahan yang paling sedikit. 

    6. Yummy 

    6. Yummy 
    m.happyfresh.id

    Ma, perlu diketahui bahwa di Indonesia terdapat banyak sekali merek yoghurt. Dengan banyaknya pilihan yoghurt yang bisa dijadikan salah satu bahan MPASI, Mama pun perlu bijak dalam memilihnya.  

    Yummy termasuk salah satu merek yoghurt yang seringkali dipilih oleh para orangtua untuk anak-anak mereka, walau teskturnya lebih kental. Keasaman dari yoghurt ini tidak terlalu menganggu, meskipun dikonsumsi tanpa tambahan buah atau bahan pelengkap lainnya. 

    Dengan memilih rasa yoghurt yang original, Mama pun bisa menambahkan potongan kecil dari buah pilihan untuk menambah cita rasanya. 

    Itulah enam rekomendasi merek yoghurt yang bisa dikonsumsi oleh bayi. Sebelum memberikan yoghurt, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter jika masih merasa ragu-ragu terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Terutama bagi bayi yang memiliki kondisi medis tertentu.

    Semoga bermanfaat ya, Ma!

    Baca juga: 

      Tanya Ahli

      Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

      Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.