Kenali 5 Tanda Cinta Bayi kepada Mama

Jangan lupa apresiasi tanda cinta yang diberikannya ya, Ma

21 Oktober 2018

Kenali 5 Tanda Cinta Bayi kepada Mama
Unsplash/Omar Lopez

Ma, sudah pernah tahu kalau bayi bisa menunjukkan tanda cintanya belum?

Walau belum bisa mengucapkan rasa sayang atau cinta layaknya orang dewasa, namun si Bayi juga mampu memberikan tanda cinta. Tanda cinta ini terkadang disepelekan oleh orangtua bahkan ada juga yang kurang peka terhadap apa yang sudah diberikannya. 

Ada baiknya Mama perlu mengenal tanda-tanda cinta dari si Kecil. Kenali lalu apresiasi, agar ia bahagia sebab cintanya terbalas. 

Untuk lebih peka terhadap tanda cinta yang diberikan si Kecil kepada Mama, berikut rangkuman dari Popmama.com mengenai beberapa tanda yang harus diperhatikan.

1. Senang menatap mata 

1. Senang menatap mata 
Pixabay.com/Public Domain Pictures

Tanda cinta si Kecil bisa dilihat saat dirinya senang menatap mata Mama. Saat tatapan ini terjadi walau belum bisa berbicara, dirinya menyadari kalau Mama begitu penting dan berharga. 

Tatapan untuk Mama ini bisa menjadi ungkapan awal cinta anya. Si Kecil akan merasakan rasa aman dan nyaman saat tatapan Mama ditujukan kepadanya.

Mama juga perlu menyadari betapa pentingnya sebuah tatapan. Eye contact yang dilakukan antara orangtua dan anak dapat membantu anak meningkatkan sebuah perhatian. Mama juga bisa sekaligus memeriksa kondisi si Kecil. 

Saat si Kecil jarang melakukan eye contact itu berarti ada tanda-tanda awal sebuah gangguan, misalnya autisme. 

2. Memberikan sebuah senyuman 

2. Memberikan sebuah senyuman 
Pixabay/mirani

Setiap orangtua pasti akan terpesona saat pertama kali si Kecil tersenyum pada Mama. Momen yang terjadi ini bisa dikatakan hal terindah yang pernah Mama rasakan. 

Senyuman yang diberikan si Kecil ini bisa menjadi tanda kalau dirinya mencintai Mama. Saat si Kecil memberikan senyuman, ada baiknya Mama membalas senyumannya. Sering-seringlah memberikan senyuman kepada si Kecil dan perhatikan reaksinya. Membalas senyuman si Kecil ternyata juga dapat mendukung usaha dirinya dalam berkomunikasi dengan Mama. 

Jadi, ada baiknya tetap merespon senyuman si Kecil karena ini termasuk cara untuk dekat dengan Mama. 

Editors' Picks

3. Sering berusaha mengajak berbicara

3. Sering berusaha mengajak berbicara
Unsplash/Giu Vicente

Si Bayi tentu belum bisa mengucapkan keinginannya secara benar. Walau kata-katanya asal belum jelas dan harus menerka-nerka maksudnya, Mama harus tetap bisa menjawab ya. 

Usaha si Kecil berbicara pada Mama ini seolah mencari perhatian dengan mengajak berinteraksi. Tak jarang caranya mengajak berbicara yaitu dengan meniru perkataan yang didengar lewat sekelilingnya. Mama jangan heran kalau ia kerap meniru kata-kata yang sedang dibicarakan. 

Sering-seringlah mengajaknya berdiskusi walau arah pembicaraannya masih tidak jelas. Percakapan pun harus dilakukan dua arah, sehingga membuatnya merasa berharga dan diperhatikan. 

Semakin sering Mama mengajak atau menanggapi si Kecil berbicara, itu berarti semakin cepat pula dirinya bisa belajar bicara. 

4. Menjadikan Mama sebagai tempat perlindungan diri

4. Menjadikan Mama sebagai tempat perlindungan diri
Unsplash/Ferenc Horvath

Ketika si Kecil ketakutan atau merasa dirinya terancam terhadap orang asing, Mama pasti akan langsung dipeluk. Ia seolah menjadikan Mama sebagai pelindung yang bisa menjaganya. 

Tak jarang wajah mungilnya berusaha disembunyikan ke hadapan Mama. Jika si Kecil pernah melakukan ini, itu tanda kalau dirinya sedang mencari tempat proteksi yang bisa melindunginya. Mama menjadi tempat yang bisa dipercaya saat dirinya merasa terancam. 

Tanda cinta dan sayang yang begitu menggemaskan ya, Ma. 

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Bikin Bayi Jatuh Cinta Pada Mama Sejak dalam Kandungan

5. Selalu nyaman saat diberi sentuhan 

5. Selalu nyaman saat diberi sentuhan 
Unsplash/Liv Bruce

Ada banyak hal yang membuat si Kecil mudah menangis, seperti merasa lapar, kepanasan atau merasa ketakutan. Saat ia menangis pasti Mama akan berusaha berada di sisinya untuk menenangkan. Sebuah sentuhan dan dekapan tentu menjadi salah satu cara sederhana, namun berkesan yang bisa Mama berikan. 

Walau sepele, bentuk kasih sayang yang Mama berikan akan membuatnya merasa aman dan nyaman. Ketika momen itu terjadi, si Kecil merasakan bentuk cinta yang diberikan Mama kepadanya begitu pun sebaliknya. 

Tanda cinta yang berikan si Kecil memang masih sederhana karena dirinya masih punya banyak keterbatasan. Meskipun begitu, Mama harus bisa merespon baik setiap tanda cinta yang diberikan si Kecil, ya. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!