Tak Hanya Menyenangkan, Ini 3 Keuntungan Mengikuti Kelas Baby Dance

Ada yang sudah pernah mengikuti kelas baby dance?

9 Mei 2019

Tak Ha Menyenangkan, Ini 3 Keuntungan Mengikuti Kelas Baby Dance
Popmama.com/Fx Dimas Prasetyo

Berkumpul dengan sebuah komunitas yang diisi oleh orang-orang positif tentu sangat menyenangkan ya, Ma. Apalagi saat komunitas yang diikuti bisa memberikan manfaat positif, pengalaman dan pengetahuan baru. 

Pada (29/4/2019) tepatnya di Indonesian Dance Theatre ada sebuah community gathering yang diadakan oleh Popmama.com bersama Youvit. Tidak hanya ajang untuk berkumpul saja, namun para peserta yang memiliki bayi berusia 5-18 bulan diajak bergabung untuk mengikuti baby dance class. 

Sebelum mengikuti kelas baby dance, para peserta perlu mempersiapkan gendongan bayi agar Mama dan si Kecil bisa sama-sama mudah mengikuti gerakan instrukstur. 

Gunakannya gendongan khusus dengan posisi si Kecil berada di depan Mama. Gendongan dengan penopang punggung menyilang menjadi gendongan yang direkomendasikan ketika mengikuti baby dance class.

Beberapa jenis gendongan yang bisa digunakan seperti gendongan jenis soft structured carrier (SSC), gendongan wrap atau gendongan hipseat. Gedongan jenis ini dapat membantu si Kecil nyaman ketika Mama sedang mengikut berbagai gerakan selama kelas. 

Natasha Puspakartika sebagai instruktur juga mengingatkan bahwa keamanan menjadi hal pertama yang harus diutamakan selain selalu memerhatikan postur tubuh ketika kelas sudah dimulai. 

Untuk Mama yang penasaran dan ingin mengetahui berbagai manfaat dari kelas ini, Popmama.com telah merangkumnya. 

Intip juga beberapa keseruan dari community gathering yang diadakan oleh Popmama.com bersama Youvit kali ini ya, Ma! 

1. Meningkatkan bonding bersama anak

1. Meningkatkan bonding bersama anak
Popmama.com/Fx Dimas Prasetyo

Meluangkan waktu serta melakukan aktivitas bersama si Kecil tentunya bisa melalui berbagai carta ya, Ma. Baby dance bisa menjadi salah satu ajang untuk meningkatkan bonding antara anak bersama orangtuanya. 

Walaupun Mama dan si Kecil yang digendong melakukan gerakan-gerakan sederhana selama kelas berlangsung. Kegiatan positif ini tanpa disadari dapat membantu kualitas hubungan keduanya menjadi lebih dekat. 

Baca juga: 5 Manfaat si Kecil Mengikuti Kelas Baby Gym

Editors' Picks

2. Melatih koordinasi tubuh anak melalui gerakan

2. Melatih koordinasi tubuh anak melalui gerakan
Popmama.com/Fx Dimas Prasetyo

Setiap gerakan yang ada dilakukan orangtua selama baby dance class memang sederhana, seperti bergerak dari kiri ke kanan, maju mundur hingga gerakan memutar. Saat gerakan sederhana ini dilakukan bersama si Kecil, tak jarang membuatnya tertawa. 

Selain itu, si Kecil juga bisa belajar untuk mendengar intruksi ketika sang Mama mencontohkan berbagai gerakan dari instruktur. Gerakan yang lebih cepat atau lebih lambat juga dapat melatih rangsangan tubuh si Kecil, walau dirinya hanya berada pada sebuah gendongan. 

Baca juga: 7 Jenis Olahraga yang Bisa Bikin Bayi Mama Sehat dan Kuat

3. Menerapkan gaya hidup menjadi lebih sehat

3. Menerapkan gaya hidup menjadi lebih sehat
Popmama.com/Fx Dimas Prasetyo

Selama sesi baby dance class semua peserta diajak untuk mengikuti gerakan salsa yang mudah dan menyenangkan.  

Gerakan salsa tidak hanya bagus untuk pernapasan, terapi sangat membantu memperlambat proses penuaan dan membuat awet muda karena mengurangi stres. 

Apalagi ketika para Mama mengikuti baby dance class bersama anak-anak mereka yang digendong. Tentunya rasa bahagia akan dirasakan ketika melakukan gerakan salsa dengan si Kecil. 

“Acaranya memuaskan dan ada baby dance juga yang sangatlah menyenangkan. Aku merasa mendapat me time saat melakukan baby dance dan happy bisa belajar tarian salsa meningkatkan good mood lagi. Overall aku suka acaranya,” kata Hanifa Rodjak yang diwawancarai Popmama.com sebagai salah satu peserta. 

Para peserta yang mengikuti community gathering yang diadakan oleh Popmama.com bersama Youvit kali ini tentu mendapatkan pengalaman serta pengetahuan baru, termasuk ketika hadir di baby dance bersama Natasha Puspakartika. 

“Manfaat baby dance bagiku yang pertama meningkatkan bonding antara aku dan anakku. Kedua jadi ajang buat diriku sendiri mengeksplorasi kemampuanku dalam berdance itu. Kalau ada kesempatan dan waktu yang pas, mau coba lagi,” tutupnya. 

Dari keseruan community gathering kira-kira Mama mulai tertarik mengikuti baby dance class bersama si Kecil nggak nih? 

Baca juga: Ini 5 "Olahraga" untuk Si Bayi. Apa Saja Manfaatnya?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!