Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tips Memilih Sepatu untuk Bayi yang Mulai Belajar Berjalan

Bayi mama sudah mulai belajar jalan? Yuk, ikuti tips berikut dalam memilih sepatunya!

8 Desember 2022

5 Tips Memilih Sepatu Bayi Mulai Belajar Berjalan
pexels/keira burton

Setiap bayi memiliki milestone perkembangan yang relatif berbeda-beda. Seperti pada tahap berjalan, umumnya bayi mulai bisa mempelajarinya di usia 9 hingga 12 bulan.

Pada rentang usia ini, si Kecil mulai bisa berdiri dengan tumpuan suatu benda, maupun berpegangan pada Mama sebelum kemudian bisa berjalan sendiri di tahap berikutnya.

Nah, untuk melindungi kaki bayi selama proses belajar ini, terutama di alas yang tak selalu terjamin keamanan dan kebersihannya, Mama perlu memerhatikan aspek tertentu sebelum membeli sepatu si Kecil.

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 tips memilih sepatu untuk bayi yang mulai belajar berjalan. Apa saja, ya, tipsnya? Yuk, langsung saja kita simak bersama-sama! 

1. Pilih sepatu dengan ukuran sedikit lebih besar

1. Pilih sepatu ukuran sedikit lebih besar
Freepik

Ukuran kaki bayi tumbuh dengan pesat, sehingga sepatunya seringkali cepat tidak muat. Jika sepatu tidak segera diganti, bayi bisa merasa tak nyaman saat belajar jalan karena kesempitan.

Untuk mengakalinya, Mama bisa memilih sepatu dengan ukuran beberapa cm lebih besar. Namun, tetap dalam batasan tertentu agar tak mudah lepas, ya, Ma.

Melansir The College of Podiatry, para ahli menyarankan untuk mengukur kaki bayi setiap 8 minggu sekali untuk memastikan sepatunya masih muat. Sehingga nyaman dipakai saat latihan berjalan.

Editors' Picks

2. Perhatikan desain sepatu

2. Perhatikan desain sepatu
Pexels/ELTheExplorer

Desain sepatu yang cocok untuk bayi mulai yang memasuki usia belajar berjalan ialah yang memiliki padded ankles.

Padded ankles merupakan bantalan empuk di bagian lingkar sepatu yang melindungi bagian pergelangan kaki dari risiko cedera maupun lecet.

Dengan model sepatu ini, bayi mama bebas bergerak kesana-kemari tanpa risiko meninggalkan bekas gesekan pada kulitnya yang masih sensitif. 

3. Pilih sepatu dengan pengencang yang bisa diatur

3. Pilih sepatu pengencang bisa diatur
Pexels/MatildaWormwood

Bagi bayi yang baru belajar berjalan, sepatu dengan pengencang yang bisa diatur sesuai ukuran kaki si Kecil, tentunya memudahkan saat memasang dan melepasnya.

Tak hanya itu, bayi juga merasa lebih nyaman saat berdiri dan berjalan dengan aktif karena sepatu yang dikenakan tidak sesak maupun terasa longgar. 

Selain itu, pengait atau pengencang sepatu  dengan pelekat juga umumnya lebih cocok untuk bayi yang belum lancar berjalan. Sebab lebih praktis dibandingkan yang menggunakan tali. 

4. Perhatikan bahan sepatu

4. Perhatikan bahan sepatu
Pexels

Orangtua disarankan untuk tidak sembarang memilih bahan sepatu untuk bayi yang mulai bisa belajar berdiri dan berjalan.

Bahan yang lebih dianjurkan untuk bayi usia ini ialah suede dan bahan kulit. Sebab, kedua bahan ini telah terbukti lebih lembut bagi kulit bayi yang sensitif, serta baru menyesuaikan diri untuk mengenakan sepatu jalan.

Selain itu, bahan sepatu dari kulit asli diklaim lebih nyaman dan sejuk karena sifatnya yang breathable, sehingga kulit kaki si Kecil lebih bebas bernapas meski memakai sepatu seharian. 

5. Pilih sepatu dengan sol yang ringan

5. Pilih sepatu sol ringan
Pexels/MohamedHadji

Terkadang, sepatu bayi yang dijual di pasaran memiliki bahan yang cenderung ringan dan juga sejuk. Namun, sayangnya kekurangan dari produk terdapat pada bagian solnya.

Untuk bayi yang mulai belajar berjalan, sepatu yang dianjurkan ialah yang memiliki sol dengan bahan ringan untuk dibawa bergerak kesana-kemari.

Selain itu, hindari sol yang licin seperti sol karet karena berisiko membahayakan keamanan bayi, baik saat sedang berdiri maupun berjalan dengan bertumpu pada benda atau dibantu Mama.

Nah, itu tadi tips memilih sepatu untuk bayi yang mulai belajar berjalan. Sudahkah Mama menerapkan tips berikut dalam memilih sepatu si Kecil? Jika belum, yuk, dicoba tipsnya! Pastikan bayi mama mendapat kenyamanan ekstra saat mengeksplor dunia sekitarnya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk