Mama Harus Tahu! Ini 5 Manfaat Tersembunyi dari Bermain Ciluk Ba

Tak hanya menyenangkan dan mengundang tawa, permainan yang sederhana ini juga memiliki manfaat

2 Februari 2019

Mama Harus Tahu Ini 5 Manfaat Tersembunyi dari Bermain Ciluk Ba
flickr.com/ Donnie Ray Jones

Ciluk ba merupakan permainan sederhana yang paling sering dimainkan oleh para Mama bersama anaknya. Caranya sederhana. Hanya perlu menutup wajah si Kecil dengan tangan, sapu tangan, atau benda lainnya sambil berseru, "Ciluk" kemudian mengangkat penutup wajah atau muncul sambil berseru, "Ba!". 

Faktanya, tidak hanya menyenangkan dan mengundang tawa menggemaskan si Kecil, permainan ini juga punya banyak manfaatnya. Terlebih di tahun pertama kehidupan si Anak.

Inilah 5 manfaat terselubung dari bermain ciluk ba atau peek a boo atau permainan petak umpet bagi si Kecil. Popmama.com rangkum untuk Mama.

Permainan klasik ini ternyata bermanfaat untuk pertumbuhan emosi dan kecerdasan anak

1. Permainan yang menyenangkan

1. Permainan menyenangkan
maxpixel.net

Saat bermain ciluk ba bersama si Kecil, coba perhatikan deh Ma, kebanyakan bayi pasti akan tertawa. Itu lantaran permainan ini cukup menyenangkan bagi dirinya.

Dikutip dari Essentialbaby, dr. Kimberley O’Brien, Kepala Psikolog Anak di Quirky Kid Clinid, mengatakan “Bayi bagaikan sebuah spons, ia dapat menyerap informasi dengan baik melalui permainan yang menyenangkan.”

Bayi tertawa karena kata cilukkkk dan ba memberikan kejutan emosi dan hanya cocok diucapkan dengan nada ceria. Nada ceria inilah yang bisa membangkitkan rasa senang dan diwujudkan dengan tawa ceria. Tawa si Kecil bakal semakin meriah kalau Mama menunjukan ekspresi wajah lucu saat mengangkat penutup wajah. Coba yuk, Ma! 

2. Si Kecil menyukai pengulangan

2. Si Kecil menyukai pengulangan
publicdomainpictures.net

Saat berusia 6 sampai 12 bulan, bayi cenderung suka melakukan hal yang berulang. Ia menikmati momen terkejut saat tahu orangtuanya bisa menghilang dan muncul kembali secara tiba-tiba. Dari permainan itu, si Kecil jadi mengenal pola dan kebiasaan.

Misalnya, saat Mama berkata, “Ciluk” ia akan paham bahwa Mama pasti akan bersembunyi, dan saat Mama bilang, “Ba!” itu tandanya Mama akan kembali muncul. Maka itu, tak heran jika ia gemar memainkan ciluk ba bersama Mama.

Coba sesekali Mama mengatakan Ba tapi tidak membuka penutup wajah, si Kecil akan menunjukan ekspresi berbeda lho!

Editors' Picks

3. Mengenalkan konsep keberadaan

3. Mengenalkan konsep keberadaan
flickr.com/Obama White House

Ma, bermain cilukba juga bisa meningkatkan kemampuannya mengenal konsep keberadaan, lho. Seiring bertambah usianya, permainan ini bisa merangsang kemampuannya untuk paham konsep ada dan tiada.

Si Kecil akan mulai paham bahwa Mama tidak benar-benar menghilang saat bermain cilukba, melainkan hanya menghilang untuk sementara waktu.

Kelak, si Kecil akan paham jika Mama pergi bekerja, ia akan mengalami masa ciluk yang lama dan ketika Mama pulang, ia akan lega. Mengerti untuk ditinggalkan sementara waktu akan mengurangi stres karena berpisah. Ini baik untuk kesehatan mentalnya, Ma!

4. Meningkatkan kemampuan kognitifnya

4. Meningkatkan kemampuan kognitifnya
pixabay.com/mgallon

Selain mengenalkan konsep keberadaan, bermain cilukba juga bisa mendorong kemampuan kognitifnya. Dengan interaksi yang kerap terjalin saat Mama bermain bersamanya, Mama membantu si Kecil untuk makin percaya diri untuk mencari tahu, lho.

Rasa ingin tahu dan penasaran, akan memudahkan si Kecil berpikir kritis kelak. Tidak sangka kan, ma kalau ini karena permainan ciluk ba? 

5. Meningkatkan kedekatan

5. Meningkatkan kedekatan
flickr.com/ april

Permainan ini bisa dimainkan siapa saja, Mama dengan si Kecil, atau si Kakak dengan si Kecil. Bukan hanya mengasyikkan, inti dari permainan ini yaitu untuk mendekatkan hubungan antara si Kecil dengan orang yang mengajaknya bermain.

Itu karena, saat bermain ini, terjadi hubungan timbal balik antara Mama dengan si Kecil. Mama mengejutkannya, dan ia akan mencari-cari Mama.

Mama juga bisa memperkuat hubungan si kakak dengan adik lewat permainan ini, Ma. Caranya, ajak kakak menggoda adik dengan muncul saat Mama menghilang tiba-tiba.

Nah, maka dari itu yuk Ma, ajak si Kecil main cilukba!

Baca juga: