Yuk Coba! 3 Resep MPASI Premium Sehat a la Chef Amy Zein

MPASI memiliki berbagai manfaat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan si Bayi!

29 September 2020

Yuk Coba 3 Resep MPASI Premium Sehat a la Chef Amy Zein
Freepik

Pastinya Mama sudah tidak asing dengan MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu, bukan? Karena MPASI ini merupakan makanan tambahan yang harus dikonsumsi dan diberikan pada bayi setelah bayi berusia enam bulan.

MPASI sendiri diberikan untuk menunjang ASI yang tidak dapat mencukupi nutrisi bayi usia enam bulan hingga dua tahun, agar memenuhi nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan lebih optimal, seperti mencegah stunting, meningkatkan kemampuan kognitif, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain memberikan nutrisi, MPASI juga berguna untuk melatih kemampuan makan bayi, baik kemampuan mengunyah, menelan, serta kemampuan bayi untuk menerima berbagai rasa dan tekstur makanan.

“Makan itu tidak sekedar memasukkan makanan ke mulut, tapi ada banyak manfaatnya seperti mengoptimalkan otot-otot rahang anak, melatih anak untuk mengunyah, dan membiasakan anak makan makanan sehari-hari,” ujar Chef Amy Zein.

Nah kali ini Popmama.com akan membagikan 3 resep MPASI Premium a la Chef Amy Zein dari Masterchef Season 6 yang dipraktekkandalam Webinar Popmama Parenting Academy 2020. Penasaran ada resep MPASI apa saja?

Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Bola-bola kentang ayam saus tomat

1. Bola-bola kentang ayam saus tomat
Pxhere.com

Resep bola-bola kentang ayam saus tomat ini dapat dibuat menjadi dua versi MPASI, yaitu untuk usia bayi 6-8 bulan dengan tekstur yang lebih halus, dan untuk usia bayi 8-9 bulan yang lebih bertekstur dengan tujuan melatih otot pada rahang anak.

Bahan-bahan yang perlu Mama siapkan:

Bahan bola kentang:

  • Minyak goreng secukupnya
  • 2 siung bawang putih
  • 60 gr terigu
  • 180ml susu sesuai usia anak
  • 80 gr potongan ayam atau sesuai selera
  • 170 gr kentang yang telah dikukus
  • 1 kotak keju
  • Wortel yang telah diparut secukupnya
  • Brokoli yang telah dikukus secukupnya

Bahan untuk membuat saus tomat:

  • Minyak goreng secukupnya
  • 1-2 siung bawang putih
  • 3 buah tomat yang telah dipotong dadu, boleh diblender terlebih dahulu jika ingin lebih halus
  • Air kaldu
  • Puree mangga secukupnya

Cara membuat bola-bola kentang:

  1. Untuk membuat bola-bola kentang, tumis bawang putih yang telah diiris dengan api kecil kemudian masukkan tepung terigu, aduk hingga tercampur.
  2. Kemudian tambahkan susu 100ml terlebih dahulu, aduk hingga teksturnya menjadi lebih padat. Lalu jika Mama menggunakan pan yang besar dapat disisihkan ke pinggir pan agar tepung terigunya tetap matang
  3. Lalu, masukkan ayam dan tambahkan wortel yang telah diparut. Aduk hingga rata, kemudian gabungkan dengan adonan terigu yang sebelumnya.
  4. Kemudian masukkan kentang yang telah dikukus dan telah dihaluskan, tambahkan susu 80ml atau sesuai kelembutan yang diinginkan. Jika terlalu lembek, Mama bisa tambahkan kentang.
  5. Masukkan keju, kemudian lakukan koreksi rasa. Untuk menambah rasa, Mama bisa tambahkan garam sedikit saja. Kemudian, tambahkan kukusan brokoli.
  6. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu. Kemudian Mama bisa membuat saus tomat premiumnya sambil menunggu adonan kentang hangat. Dan buat bola-bola kentang menggunakan tangan, jika lengket bisa gunakan minyak goreng pada telapak tangan.
  7. Untuk anak usia 6-8 bulan, Mama bisa langsung menyajikan bola-bola kentang dengan saus tomat. Namun untuk anak usia 8-9 keatas, Mama bisa menggorengnya terlebih dahulu untuk mendapatkan tekstur yang lebih renyah dan bisa dimasukkan mozarella pada bagian dalam bola kentang.

Cara membuat saus tomat:

  1. Panaskan minyak goreng dengan api kecil, masukkan bawang putih, masukkan potongan tomat dan tunggu hingga tomat layu.
  2. Kemudian tambahkan air kaldu dan diamkan sampai lembut. Masukkan garam dan gula sesuai rasa yang diinginkan.
  3. Tambahkan puree mangga untuk menambah kekentalan saus dan membuat rasa menjadi asam manis. Aduk hingga rata dan sisihkan.
  4. Campurkan saus dengan bola kentang ayam, dan sajikan.

Editors' Picks

2. Nasi tim daging sapi

2. Nasi tim daging sapi
Flickr.com/Rizka Budiati Szkutnik

Nasi tim untuk MPASI ini dapat melengkapi nutrisi anak dari nasi, daging, sayur-sayuran, dan telur. Sehingga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih optimal lagi.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 2-3 siung bawang putih
  • 1 bungkus tahu sutra yang telah dihaluskan dengan sendok
  • 1 cup nasi
  • Daging sapi cincang
  • Wortel yang telah diparut
  • Kecap manis
  • Kaldu ayam
  • Brokoli yang telah dikukus
  • Garam secukupnya
  • Saus tiram (untuk usia 8-9 bulan keatas)
  • Telur rebus yang dibagi dua
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih dengan minyak goreng yang telah dipanaskan dengan api medium, masukkan daging sapi cincang, lalu aduk hingga daging matang dengan merata
  2. Campurkan wortel yang telah dipotong, lalu masukkan tahu sutra yang telah dihaluskan. Aduk semua bahan hingga merata.
  3. Kemudian tambahkan garam secukupnya, jika Mama memiliki bayi dengan usia 8-9 bulan bisa menambahkan sedikit saus tiram.
  4. Setelah itu tambahkan kecap manis dan kaldu ayam agar jadi lebih gurih, aduk hingga kaldu mulai meresap.
  5. Sambil menunggu kaldu meresap, siapkan kukusan untuk mengukus nasi tim.
  6. Jika daging sapi telah matang, pindahkan ke dalam wadah. Sertakan kaldunya juga ke dalam wadah untuk menambah cita rasa pada nasi tim.
  7. Setelah memindahkan daging, masukkan nasi ke dalam wajan. Aduk nasi agar panasnya merata, lalu masukkan kaldu ayam agar membuat nasi menjadi lebih lunak
  8. Kemudian tambahkan brokoli, dan aduk hingga rata sampai nasi berubah menjadi kehijauan karena tercampur oleh brokoli.
  9. Ambil tempat pencetak nasi tim, kemudian masukkan 1 bagian telur rebus, lalu masukkan daging cincang di atasnya, dan setelah itu kasih nasi. Tekan-tekan supaya menjadi padat.
  10. Masukan nasi tim ke kukusan sekitar 10 menit, lalu matikan kompor namun biarkan nasi tim berada di kukusan agar tetap hangat.
  11. Saat sudah ingin disantap, keluarkan nasi tim dari kukusan, dan sajikan.

3. Mango float

3. Mango float
Flickr.com/Alvin_Menchavez

Dessert mango float versi anak-anak dicampur dengan biskuit susu yang dihancurkan, Mama juga dapat mencampurkan susu untuk membuat biskuit menjadi lebih lembut. Tambahkan puree mango lalu tambahkan fla.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • Biskuit susu yang telah dihancurkan, Mama dapat menuangkan susu untuk melembutkan biskuit sesuai selera dan tekstur yang diinginkan
  • Puree mangga
  • Potongan buah mangga
  • Jelly (optional)

Bahan untuk membuat fla:

  • 480-500ml susu
  • 50-60gr gula
  • Tepung maizena
  • 3 buah kuning telur
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Dengan menggunakan pan, masukkan susu dan tepung maizena, aduk hingga merata. Lalu, tambahkan gula.
  2. Masukkan kuning telur dan aduk terus hingga tekstur fla lebih mengental.
  3. Jika fla sudah lebih kental, sisihkan
  4. Siapkan wadah gelas, lalu masukkan biskuit susu, kemudian tuang puree mangga di atasnya, dan masukkan fla yang sudah dingin.
  5. Masukkan potongan mangga, lalu kembali tambahkan puree mangga, dan biskuit susu di atasnya,
  6. Agar menjadi lebih nikmat, Mama dapat mendinginkannya terlebih dahulu di kulkas.
  7. Dan sajikan!

Tips dan Trik Membuat MPASI yang Enak dan Anak Tidak Bosan:

Tips Trik Membuat MPASI Enak Anak Tidak Bosan
Popmama.com/Jemima Karyssa

Terkadang ketika anak mulai menolak makan, Mama tidak boleh langsung berpikir bahwa anak tidak menyukai masakan Mama, atau berpikir rasanya yang kurang enak sehingga Mama jadi kurang percaya diri. Namun, sebenarnya ada faktor lainnya seperti anak bosan dengan MPASI yang kurang variatif.

Agar anak tidak bosan, berikut tips dan trik membuat MPASI yang enak dan bervariatif:

  1. Dengan menggunakan satu bahan, Mama bisa membuat variasi tekstur yang berbeda-beda setiap harinya
  2. Menyajikan makanan dengan warna yang berbeda-beda, Mama juga bisa sekaligus mengajarkan anak bermacam-macam warna
  3. Mengombinasikan berbagai rasa, sehingga Mama juga lebih mengetahui rasa apa yang paling disukai anak dan menerapkannya pada MPASI
  4. Melatih dengan tidak “memanjakan” anak dengan makanan yang lembut saja, karena Mama dapat mengenalkan anak pada jenis makanan baru serta melatih otot-otot rahang anak agar lebih fasih mengunyah dan memudahkan anak untuk berbicara nantinya

Nah itulah 3 resep MPASI premium a la Chef Amy Zein yang dapat Mama coba di rumah. Karena disebut dengan MPASI premium jangan lupa menggunakan bahan-bahan yang premium dan segar, serta alat-alat masak yang memenuhi standar kesehatan dan keamanan ya, Ma.

Jika Mama ingin mengetahui informasi selengkapnya mengenai Popmama Parenting Academy (POPAC) 2020, Mama bisa langsung cek di Instagram @popmama.parenting.academy atau dari Popac.popmama.com ya. Selamat mencoba!

Nah, selain MPASI, Mama juga bisa memberikan si Kecil camilan praktis dengan nutrisi baik yang terkandung di dalamnya. Nah, dalam acara Popmama Parenting Academy with TokopediaMama bisa mendapatkan promo menarik untuk berbagai camilan untuk balita. Sebut saja Milna Nature Delight, Yummy Bites, Ivenet Bundling, Peachy Pear Pures, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung ke Tokopedia untuk mendapatkan promo snack menarik untuk anak Mama.

Buat Mama yang ketinggalan sesi webinar Workshop Masak MPASI Premium bersama Chef Amy Zein, dalam rangkaian Popmama Parenting Academy (POPAC) 2020, Mama bisa menyaksikan tayangan ulangnya di Youtube Popmama.com di bawah ini, ya! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.