Cara Mencegah Bayi Cedera saat Sedang Belajar Jalan

Lebih baik mencegah daripada mengobati ya, Ma!

3 Juni 2022

Cara Mencegah Bayi Cedera saat Sedang Belajar Jalan
Freepik/freepic.diller

Mama pasti tahu betapa sulitnya melindungi bayi dari cedera, baik karena terjatuh maupun terbentur. Perlu pengawasan ekstra untuk menjaga bayi, apalagi saat bayi sedang aktif-aktifnya belajar jalan dan senang mengeksplorasi lingkungan rumah maupun luar rumah. 

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk melakukan tindakan pencegahan agar bayi tidak mudah cedera saat belajar jalan. 

Jangan khawatir, Ma! Kali ini Popmama.com akan memberikan tips untuk mencegah bayi cedera saat sedang belajar jalan. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak informasi berikut ini.

1. Hindari penggunaan baby walker

1. Hindari penggunaan baby walker
Pixabay/mahongpuhc

Alangkah baiknya untuk tidak menggunakan baby walker saat bayi belajar jalan karena selain dapat menghambat kemampuan otot bayi, baby walker juga bisa menjadi penyebab bayi terjatuh dan mengalami cedera. 

Bayi yang menggunakan baby walker berisiko jatuh dari tangga atau jatuh terbalik. Bayi yang terjatuh dari baby walker dapat mengalami patah tulang dan cedera kepala parah. Jadi, ada baiknya hindari penggunaan baby walker untuk keselamatan si Kecil ya, Ma!

Editors' Picks

2. Pastikan lingkungan rumah aman untuk bayi belajar jalan

2. Pastikan lingkungan rumah aman bayi belajar jalan
Freepik/valuavitaly

Bayi yang sedang aktif belajar jalan sangat rentan untuk tersandung, terjatuh atau terbentur. Oleh karena itu, Mama perlu melakukan tindakan preventif agar bayi terhindar dari cedera yang serius.

Pastikan jauhi benda-benda yang berbahaya dari jangkauan bayi, seperti barang-barang dekoratif yang mudah pecah. Selain itu, selalu bereskan mainan bayi yang ada di lantai agar tidak terinjak dan menyebabkan bayi terjatuh, bahkan berpotensi menyebabkan cedera serius.

3. Pasang pengaman pada tangga

3. Pasang pengaman tangga
Freepik/bearfotos

Bayi yang sedang aktif belajar jalan sangat senang mengeksplorasi setiap sudut rumah, termasuk tangga. Hal ini sangat berbahaya karena bayi bisa menaiki tangga dan berisiko terjatuh sehingga menyebabkan cedera yang sangat fatal.

Untuk mencegahnya, Mama bisa memasang pagar pengaman pada tangga, baik tangga atas maupun tangga bagian bawah. Selain itu, pastikan jarak antar kisi-kisi pagar pengaman cukup kecil, sehingga kepala bayi tidak muat untuk melaluinya.

4. Saat di luar ruangan, berikan bayi alas kaki yang tidak licin

4. Saat luar ruangan, berikan bayi alas kaki tidak licin
Freepik/Nathan Dumlao

Jika ingin mengajak si Kecil belajar jalan di luar ruangan seperti taman atau playground, sebaiknya pastikan ia menggunakan alas kaki dengan sol yang tidak terlalu licin.

Alas kaki yang licin akan menyulitkan bayi untuk mengatur keseimbangannya. Hal ini dapat menyebabkan bayi rentan terjatuh dan cedera jika terbentur kerikil kasar atau batu yang ada di jalan dan rumput,

5. Terus latih otot bayi agar semakin terbiasa untuk berjalan

5. Terus latih otot bayi agar semakin terbiasa berjalan
Freepik/gpointstudio

Hal yang terpenting untuk mencegah bayi terjatuh saat belajar jalan adalah dengan tetap melatih otot-otot bayi agar kemampuannya meningkat.

Melatih otot bayi juga bisa meningkatkan kemampuannya untuk menopang tubuh dan menjaga agar tubuhnya tetap stabil.

Mama bisa melatih si Kecil dengan cara menuntun bayi belajar jalan, melatihnya duduk tanpa sandaran, dan memberikan mainan dorong untuk menstimulasi kemampuannya.

Nah itulah beberapa tips yang dapat Mama lakukan untuk mencegah bayi terjatuh dan mengalami cedera saat sedang belajar jalan. Selain melakukan pencegahan, ada baiknya Mama juga mempelajari tentang cara melakukan pertolongan pertama jika bayi terjatuh dan cedera agar tidak berakibat fatal. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk