Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Ubi Ungu untuk MPASI dan Cara Mengolahnya

Selain lezat, ubi ungu juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh si Kecil

30 November 2022

5 Manfaat Ubi Ungu MPASI Cara Mengolahnya
Freepik/dashu83

Ubi ungu merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Selain karena rasanya yang manis, ubi ungu juga memiliki tekstur yang legit dan empuk. 

Tak hanya disukai oleh orang dewasa, ubi ungu juga kerap dijadikan bahan untuk membuat MPASI bayi. Pasalnya, ubi ungu kaya akan nutrisi seperti vitamin, antioksidan, dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan si Kecil. 

Lantas, apa saja manfaatnya bagi kesehatan bayi? Berikut Popmama.com telah merangkum 5 manfaat ubi ungu untuk MPASI dan cara mengolahnya

1. Kaya antioksidan untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas

1. Kaya antioksidan melindungi tubuh dari efek radikal bebas
Freepik/jcomp

Seperti buah dan sayuran berwarna lainnya, warna terang pada ubi ungu adalah tanda bahwa sayuran akar ini tinggi antioksidan. Faktanya, ubi ungu mengandung antioksidan dua hingga tiga kali lebih banyak dari kentang.

Dengan demikian, mengonsumsi ubi ungu dapat meningkatkan asupan antioksidan dan mengurangi peradangan. Ubi ungu juga sangat kaya akan antosianin, yang merupakan senyawa antioksidan untuk menjaga kesehatan mata dan jantung, serta mengurangi risiko penyakit kronis.

2. Mengurangi risiko kanker

2. Mengurangi risiko kanker
Freepik/cookie_studio

Ubi ungu kaya akan selenium, yakni unsur mikro yang mudah diserap dalam tubuh bayi. Kandungan selenium ini bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker secara efektif, sehingga membantu menurunkan risiko kanker.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di US National Library of Medicine juga menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam ubi ungu, termasuk antioksidannya dapat membantu mencegah atau melawan kanker, termasuk kanker usus besar dan payudara.

Editors' Picks

3. Tinggi serat untuk menjaga kesehatan pencernaan

3. Tinggi serat menjaga kesehatan pencernaan
Freepik/Freepik

Ubi ungu juga merupakan bahan makanan yang tinggi serat. Dalam satu cangkir ubi ungu mengandung sekitar 5 gram serat, termasuk serat larut dan tidak larut.

Serat sendiri berperan sebagai pembersih di usus untuk menghilangkan bakteri dan membantu mencegah kanker usus besar. Selain itu, ubi ungu juga membantu mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar secara teratur. 

4. Mengandung vitamin A untuk kesehatan penglihatan

4. Mengandung vitamin A kesehatan penglihatan
Freepik/Freepic.diller

Ubi ungu juga merupakan salah satu sumber vitamin A. Satu ubi ungu matang berukuran sedang mengandung sekitar 1643 mcg vitamin A. 

Seperti yang kita ketahui, vitamin A sendiri merupakan mikronutrien esensial yang memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Dengan begitu, memberikan ubi ungu dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan penglihatan bayi. 

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Freepik/Yanalya

Ubi ungu juga kaya akan mineral dan musin yang dapat mengurangi disfungsi tubuh. Dua kandungan ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Bahkan, ubi ungu juga mengandung vitamin C dalam jumlah sedang yang dikenal sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, memberikan ubi ungu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil agar tidak mudah terserang penyakit.

Cara Mengolah Ubi Ungu untuk MPASI

Cara Mengolah Ubi Ungu MPASI
Freepik/dashu83

Ubi ungu dapat diberikan kepada bayi saat mereka siap untuk memulai makanan padat, yang umumnya saat usianya telah menginjak 6 bulan. Ubi ungu bukanlah jenis makanan yang mudah menyebabkan bayi tersedak apabila dikupas, dipotong sesuai usia bayi, dan dimasak sampai lunak.

Dilansir dari Solid Starts, bayi berusia 6 hingga 12 bulan sebaiknya diberikan ubi ungu yang dihaluskan hingga menjadi puree dan disajikan di dalam mangkuk. 

Jika bosan dengan tekstur puree, Mama juga bisa membuat jus ubi ungu dengan cara mencampurkan ubi ungu yang sudah dikukus dengan beberapa sendok ASI, lalu blender hingga teksturnya benar-benar lembut.

Bahkan, Mama juga bisa berkreasi dengan ubi ungu menjadi camilan atau finger food yang dapat melatih anak makan sendiri dan mengasah keterampilan motorik halusnya.

Demikianlah rangkuman mengenai 5 manfaat ubi ungu untuk MPASI dan cara mengolahnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Mama yang ingin menyiapkan makanan sehat penuh nutrisi untuk si Kecil, ya!

Baca juga

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk