Penyebab Bayi Tidak Mau Minum Susu Pakai Dot atau Botol

Salah satunya bisa jadi karena suhu susu yang dingin, Ma

19 Oktober 2021

Penyebab Bayi Tidak Mau Minum Susu Pakai Dot atau Botol
Freepik/shurkin-son

Tidak semua bayi bisa menyusu langsung dari payudara ibunya. Ada beberapa hal yang menyebabkan bayi harus menyusu dari botol atau dot, seperti masalah kesehatan pada puting, suplai ASI yang sedikit, atau masalah kesehatan lainnya. 

Namun, bagaimana jika bayi menolak untuk minum susu dengan dot atau botol? Hal ini tentunya dapat membuat Mama stres dan khawatir karena takut jika bayi tidak mau minum susu dari botol hingga seterusnya. Hal ini dapat menyebabkan bayi kekurangan ASI yang merupakan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizinya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bayi menolak untuk menyusu menggunakan botol atau dot. Untuk mengetahuinya, langsung saja simak rangkuman Popmama.com berikut ini yang dilansir dari Healthline.

1. Bayi belum cukup lapar untuk mau menyusu

1. Bayi belum cukup lapar mau menyusu
Freepik/pch.vector

Saat bayi menangis, mungkin Mama berpikir bahwa ia sedang lapar dan membutuhkan ASI. Namun, pernahkah Mama berpikir bahwa bayi mengalami overfeeding atau terlalu banyak menerima makanan atau susu?

Salah satu alasan mengapa bayi menolak minum susu dari dot atau botol adalah karena ia belum cukup lapar untuk menerima ASI. Sebaiknya beri si Kecil waktu untuk perutnya bisa kembali menerima ASI. 

Mama juga bisa membuat jadwal menyusu untuk bayi dan konsisten dengan jadwal tersebut setiap harinya.

2. Bayi mengalami masalah kesehatan

2. Bayi mengalami masalah kesehatan
Freepik/rawpixel.com

Jika bayi secara terus-menerus menolak untuk minum ASI dari botol, cobalah untuk berkonsultasi pada dokter. Bisa jadi, bayi mengalami masalah kesehatan yang menyebabkan ia tidak mau menerima susu.

Banyak sekali kemungkinan masalah kesehatan pada bayi yang menyebabkan ia menolak untuk minum ASI. Bayi bisa saja mengalami pilek, kolik, infeksi telinga, atau infeksi tenggorokan yang membuat ia tidak nyaman untuk makan atau minum.

Editors' Picks

3. Bayi digendong dalam posisi yang tidak nyaman

3. Bayi digendong dalam posisi tidak nyaman
Freepik/shurkin_son

Selain posisi menyusui dengan payudara, posisi menyusui dengan botol atau dot juga harus diperhatikan sedemikian rupa demi kenyamanan si Kecil. Mama bisa mencoba berbagai posisi hingga menemukan yang paling nyaman untuk bayi. 

Selain digendong, Mama bisa memberikan susu dengan posisi bayi berbaring di tempat tidur atau posisi lain yang nyaman bagi bayi dan Mama.

4. Bayi tidak menyukai suhu, rasa, atau tekstur susu

4. Bayi tidak menyukai suhu, rasa, atau tekstur susu
Freepik/user6014584

Bayi usia di atas 7 bulan sudah bisa mengenal suhu, tekstur, dan rasa dengan baik, apalagi mereka sudah biasa mengeksplorasi rasa dari makanan padat. Oleh karena itu, bayi sudah mulai bisa menentukan mana makanan atau minuman yang enak dan mana yang tidak.

Salah satu alasan bayi menolak susu dari botol adalah karena susu tersebut memiliki rasa dan tekstur yang tidak disukainya. Selain itu, susu yang dingin juga bisa membuat bayi enggan meminumnya. 

Cobalah berikan bayi susu yang masih hangat dan baru dibuat. Selain bayi akan menyukainya, susu hangat juga akan lebih mudah untuk dicerna. 

5. Fokus bayi teralihkan

5. Fokus bayi teralihkan
Freepik/freepik

Salah satu alasan mengapa bayi menolak susu dari botol adalah karena ada yang lebih menarik perhatiannya dibanding dengan botol susu. Terkadang, televisi yang menyala, musik, atau mainan dapat membuat bayi teralihkan sehingga tidak tertarik pada susu. Oleh karena itu, buatlah suasana menjadi tenang saat menyusui bayi sehingga ia bisa menyusu tanpa teralihkan dengan hal lain.

6. Botol susu yang tidak sesuai

6. Botol susu tidak sesuai
Freepik/valeria-aksakova

Salah satu alasan mengapa bayi menolak menyusu dari botol adalah karena ukuran atau bentuk botol susu tidak sesuai atau kurang nyaman di mulut bayi. Ukuran botol dan bentuk dot dapat berpengaruh pada aliran susu yang keluar. Oleh karena itu, Mama bisa mencoba untuk beralih ke botol susu lain agar bayi mau menyusu dari botol.

Jika bayi tetap enggan menyusu dari botol, cobalah periksa dot pada botol tersebut. Bisa jadi lubang tempat susu keluar mampet atau terlalu kecil sehingga bayi sulit untuk mengisap susu keluar.

Nah, itulah beberapa penyebab bayi tidak mau minum susu menggunakan botol susu atau dot. Jika bayi terus-terusan enggan minum susu, sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.