Jangan Asal, Ini Cara Memilih Playmat yang Aman dan Nyaman untuk Bayi

Berikan si Kecil perlindungan yang aman saat bermain

23 Juli 2020

Jangan Asal, Ini Cara Memilih Playmat Aman Nyaman Bayi
Freepik

Jika si Kecil sudah mulai bisa duduk dan mulai belajar merangkak serta bergerak aktif, tentu banyak dari orangtua yang mulai khawatir anaknya akan bermain di tempat yang tidak aman dan membuatnya tidak nyaman. Oleh sebab itu, Mama harus memberikan proteksi ekstra ketika si Kecil mulai bergerak dengan aktif.

Salah satunya adalah dengan memberikan playmat. Playmat bayi merupakan matras atau alas bermain bagi bayi yang didesain menarik dengan bahan yang empuk.

Playmat bayi juga didesain berwarna-warni dengan aneka gambar yang menarik perhatikan si Kecil. Playmat juga terdiri dari beberapa ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan Mama hanya memilih playmat yang berkualitas agar aman dan nyaman untuk bayi bermain.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa tips memilih playmat yang aman dan nyaman bagi si Kecil.

1. Berbahan empuk dengan ujung tumpul

1. Berbahan empuk ujung tumpul
Unsplash/Marcin Jozwiak

Banyak orangtua yang menyiapkan playmat sejak bayi mereka baru lahir. Itulah sebabnya playmat yang dipilih harus dengan permukaan yang rata dan juga empuk. Apalagi saat si Kecil sudah mulai aktif bergerak, playmat yang empuk biasanya juga tebal sehingga akan lebih aman bagi si Kecil.

Selain digunakan untuk bermain, playmat biasanya akan menjadi tempat seluruh kegiatan si Kecil. Kalau bisa Ma, pilih juga playmat yang ujung-ujungnya tumpul sehingga aman untuk si Kecil bermain dan tidak melukainya saat ia terjatuh.

Editors' Picks

2. Harga dan kualitas sesuai

2. Harga kualitas sesuai
Pinterest/Motherly

Karena fungsinya yang beragam, playmat juga salah satu benda yang wajib dimiliki Mama dengan si Kecil di rumah. Saat ini ketersediaan playmat juga sangat beragam, dari segi model dan jenis, termasuk juga harga.

Mama pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, tapi jangan sampai membebani juga ya, Ma. Pilihlah playmat dengan harga yang pas di kantong mama. Agar bisa dipakai lebih lama, pilihlah ukuran playmat terbesar, sebab biasanya tumbuh kembang si Kecil berjalan dengan cepat. Sehingga Mama bisa menggunakannya hingga si Kecil besar.

3. Penuh gambar dan warna yang menarik

3. Penuh gambar warna menarik
Pinterest/skip hop

Playmat saat ini bukan sekadar demi kenyamanan dan keamanan si Kecil saja. Namun, sangat berguna untuk merangsang kemampuan sensoriknya. Untuk menstimulasi kemampuan sensorik itu, Mama bisa memilihkan playmat yang penuh warna dan juga gambar yang menarik.

Pilihkan warna-warna yang cerah dan menarik perhatian, juga gambar-gambar yang lucu. Bahkan beberapa playmat dilengkapi dengan gambar tematik, misalnya ada angka-angka sehingga selain belajar warna, si Kecil juga bisa mengenal angka.

4. Pilih playmat yang anti air

4. Pilih playmat anti air
Unsplash/Marcin Jozwiak

Kalau bisa pilihlah playmat dengan bahan anti air, yang mudah dibersihkan saat terkena tumpahan air, ompol, makanan, minuman berwarna, dan coret-coretan krayon. Di sisi lain, playmat itu juga harus awet bentuk dan gambarnya, meski sudah berkali-kali dibersihkan dan dijemur.

Nah itulah beberapa cara memilih playmat yang aman dan nyaman untuk bayi. Sudah tahu kan Ma, harus membeli playmat yang seperti apa?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.